Topic outline
Dasar-dasar arsitektur komputer (CSIM601251/4 SKS)
Bayu Anggorojati
M. Anwar Ma'sum
Grafika Jati
bayuanggorojati@cs.ui.ac.id muhammad_anwar@ui.ac.id grafikajati@ui.ac.id Selamat datang rekan-rekan mahasiswa Universitas Indonesia. Melalui mata kuliah ini, Anda akan mempelajari komponen dasar dari suatu sistem komputer dan bagaimana komponen-komponen ini bekerja sama untuk menghasilkan fungsi yang diinginkan oleh pemakai komputer. Kuliah akan terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama dari kuliah ini akan mempelajari tentang Sistem Dijital, dan bagian kedua akan mempelajari tentang Arsitektur Komputer.
Topik yang dicakup pada Sistem Dijital adalah mereview representasi biner; merancang dan menganalisa rangkaian kombinasi; menganalisa rangkaian sekuensial; komponen dasar lainnya seperti counter, register dan memori.
Topik yang dibahas pada Arsitektur Komputer adalah: bahasa Assembly, bagian-bagian dari suatu processor, dan siklus kerja processor. Setelah mengikuti mata kuliah ini Anda akan mampu: menganalisis sistem digital sebagai komponen penyusun organisasi komputer serta menganalisis kinerja sistem komputer berdasarkan arsitektur yang digunakan.
Isi feedback pengajaran tengah semester untuk masing-masing dosen
Sistem pembelajaran pada PJJ DDAK gasal 2020/2021
Dear rekan-rekan mahasiswa,
Semester ini kita masih melakukan full PJJ termasuk untuk mata kuliah DDAK. Sistem pembelajaran kita akan menggunakan kombinasi asynchronous dan synchronous. Untuk sesi asynchronous, ada materi yang dipersiapkan berupa slide dan materi video serta forum diskusi online. Materi pembelajaran disiapkan per pekan, jadi materi untuk pekan x akan tersedia pada akhir pekan x-1, dan silakan teman-teman untuk mempelajari dulu materi yang sudah disiapkan secara mandiri. Untuk materi video disusun dalam rangkaian lesson activity yang akan menuntun teman-teman dalam mempelajari materi yang diberikan pada pekan tersebut. Akan ada beberapa kuis ringan di dalam video ataupun antar video di dalam lesson activity, yang gunanya untuk mengecek apakah materi yang disampaikan di video benar2 dapat diikuti. Sebagai catatan, kuis ini tidak masuk grading dan masih bisa resubmit, hanya saja jika tidak dikerjakan dengan benar maka tidak akan bisa melangkah ke materi video berikutnya.
Kami tim dosen DDAK sangat menganjurkan teman-teman mahasiswa untuk aktif dalam diskusi yang disediakan di forum diskusi tiap pekannya. Jika ada hal terkait materi yang masih kurang jelas silakan ditanyakan di forum, dan siapapun juga boleh untuk menanggapi pertanyaan yang diajukan. Semakin banyak response atas suatu pertanyaan maka akan semakin bagus. Bahkan jika ada masalah terkait kendala teknis dsb yang di luar materi juga silakan ditanyakan di forum. Selain itu, forum diskusi juga akan dijadikan acuan untuk materi yang akan dibahas pada sesi synchronous yang akan dilaksanakan pada waktu kuliah hari Rabu pukul 14.00 - 15.40 tiap pekannya. Tapi bukan berarti pertanyaan yang dipost pada forum diskusi tidak boleh dijawab oleh sesama rekan mahasiswa. Semakin aktif teman-teman pada forum diskusi, maka akan menambah nilai keaktifan. Satu lagi, sesi sync akan dibuat dalam satu sesi kelas besar, yang artinya semua kelas akan dijadikan satu, dengan tujuan agar tidak ada informasi yang terlewat. Tetapi opsi ini masih mungkin berubah seiring berjalannya sesi perkuliahan.
Terakhir, kami tim Dosen DDAK mengucapkan selamat belajar, enjoy your time studying DDAK. Tetap jaga kesehatan, stay safe, stay healthy, stay at home, jangan keluar rumah jika tidak ada urusan yang benar-benar urgent. Tetap semangat!!
Salam,
Tim Dosen DDAK
UPDATE
BRP DDAK 2020 update sudah diupload, silakan dibaca untuk mengetahui detail rencana perkuliahan. Anyway, untuk rancangan tugas dan latihan relatif sudah disesuaikan dengan perubahan, jadi bisa dijadikan acuan oleh teman-teman.
Terkait tugas dan latihan, selain panduan pekan ke-N yang sudah ada di BRP, ada beberapa detil yang perlu diketahui sebagai berikut:
- Tugas mandiri (PR): akan dikeluarkan pada hari Rabu pekan ke-N dan deadline adalah hari Rabu pekan ke N+1
- Kuis: akan dilaksanakan pada hari Senin pukul 10.00 (sesuai jadwal kuliah) pekan ke-N
- Lab: sesi lab adalah Rabu 13.00 - 13.50, berdasarkan hasil polling yang dilakukan oleh asisten
Sekali lagi saya ingin ingatkan, rangkaian materi video yang ada di lesson activity adalah untuk satu pekan, dan teman-teman diharap sudah menyelesaikannya sebelum sesi sync. pada hari Rabu.
Penting!!
==============================================================
Teman-teman mahasiwa diharapkan untuk melihat pengumuman yang diberikan oleh para asisten di forum Pengumuman secara berkala, karena tidak seperti di Scele ada keterbatasan role asisten dosen di Emas ini. Akan lebih baik jika subscribe di forum tersebut. Yang kedua, agar teman-teman bergabung dengan grup LINE yang dibuat tim asisten untuk mempermudah komunikasi terkait kegiatan Lab dan sebagainya.
- Tugas mandiri (PR): akan dikeluarkan pada hari Rabu pekan ke-N dan deadline adalah hari Rabu pekan ke N+1
Intro to computer system and information representation
Informasi umum
Selamat datang di pekan pertama kuliah Dasar-dasar arsitektur komputer. Pada pekan pertama ini kita akan membahas tentang intro to computer syste dan information representation. Materi disediakan dalam bentuk slide presentasi dan video-video materi yang disusun dalam lesson activity. Total video materi berjumlah 12 video dengan durasi rata-rata 9 menit 7 detik. Silakan mengikuti Lesson activity pekan #1: intro to computer system dan information representation, untuk melihat video materi dan beberapa latihan untuk memperkuat pemahaman materi. Jangan lupa untuk aktif berpartisipasi di Forum diskusi pekan #1 untuk menambah pemahaman tentang materi yang dibahas dan juga untuk bertanya tentang materi yang masih belum dipahami sepenuhnya.
Satu hal penting lagi, sesi synchronous via Google Meet akan diadakan pada hari Rabu di jam kuliah (14.00 - 15.40). Harap diketahui bahwa sesi sync nanti tidak akan mengulangi semua materi yang sudah dijelaskan lewat video, tapi fokus untuk membahas beberapa hal terkait materi pekan ini yang masih menjadi tanda tanya bagi teman-teman sekalian. Agar pembahasan lebih efektif, pertanyaan atau hal-hal yang ingin dibahas pada sesi sync harap dilist di forum diskusi, paling lambat pada hari Selasa, 15 September 2020, sehingga tim dosen akan memiliki waktu untuk menyiapkan materi.
Demikian intro singkat tentang perkuliahan pekan pertama. Selamat belajar, jaga kesehatan dan tetap semangat!!
Materi
Perkuliahan
Harap gunakan akun ui.ac.id untuk mengakses video ini
Tugas
Quiz #1 dan seterusnya akan menggunakan server scele. Ini hanya link yang akan mengantarkan ke halaman quiz di scele. So, pastikan sudah enroll di scele.
Slot waktu quiz adalah Senin, 21 September 2020 pukul 10.00 - 10.30 WIB, dengan durasi pengerjaan selama 20 menit (sejak mulai mengerjakan). Pastikan teman-teman untuk sudah mulai mengerjakan, paling lambat pukul 10.10 WIB agar dapat memaksimalkan slot waktu yang diberikan.
Quiz ini bersifat open book, termasuk semua resource yang ada di internet. Ada 17 soal di dalam quiz , yang dirinci menjadi 10 soal kategori mudah, 5 soal kategori sedang dan 2 soal kategori sulit. Soal kategori mudah memiliki bobot nilai 1, soal kategori sedang memiliki bobot nilai 2 dan bobot nilai 5 untuk kategori sulit. Bentuk soal adalah kombinasi MCQ (multiple choice questions) dan short answer.
Selamat belajar dan mengerjakan!!
Gunakan forum ini untuk menyampaikan feedback terkait kuis. Seperti kesalahan soal, kesalahan jawaban, dsb.
Mohon maaf jika komentar terkait kuis baru saja dibaca pagi ini.
Boolean algebra
Pada topik ini kita akan membahas aljabar boolean, termasuk juga bentuk kanonik dan bentuk standar pada aljabar boolean. Materi pembelajaran akan kembali disusun dalam sebuah lesson activity yang terdiri atas 10 buah video, mulai video 3.1 sampai 4.6, serta ada kuis ringan pada setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperkuat pemahaman dari konsep atau materi yang disampaikan di video. Yang tidak kalah penting, harap berpartisipasi aktif dalam diskusi di forum diskusi pekan #2 ini untuk menambah pemahaman dalam mode pembelajaran aktif dan kolaboratif, baik untuk bertanya maupun berbagi pengetahuan. Jadi jangan ada istilah malu untuk bertanya, atau takut salah dalam menjawab, karena pada dasarnya itu semua merupakan bagian dari proses pembelajaran dan knowledge construction.
Sesi synchronous akan kembali diadakan pada hari Rabu, 23 September 2020 pukul 14.00 - 15.40. Berdasarkan hasil survey kesiapan PJJ sebelumnya, ternyata ada sekitar 30% dari peserta survey (188 dari sekitar total 220-an mahasiswa) yang memiliki kendala internet, baik saat sesi sync maupun streaming video. Oleh karena itu, kami tim dosen sepakat untuk tidak mewajibkan teman-teman mahasiswa untuk mengikuti sesi sync. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sesi sync akan dipakai untuk membahas materi tertentu saja terkait materi aljabar boolean, baik yang ditanyakan di forum diskusi maupun pertanyaan check point (sesuai request pada survey). Bagi yang tidak dapat mengikuti sesi sync, kami percaya bahwa teman-teman sudah dapat bertanggung jawab terhadap diri kalian sendiri dan belajar secara mandiri dengan metode asynchronous.
Anyway, selamat melanjutkan petualangan di pekan kedua DDAK. Stay safe, stay healthy dan tetap semangat!!
CATATAN: ada 2 buah video interaktif h5p pada lesson activity pekan ini (video 3.1 dan 3.4). Sebelumnya video h5p akan dihost di scele, lalu di embed pada halaman lesson activity di Emas. Akan tetapi ada masalah dalam meng-embed video dari scele pada beberapa browser: worst case video tidak dapat dibuka sama sekali karena "scele refused to connect"; best case video harus dibuka pada window tab baru. Akhirnya, kami memutuskan untuk kembali untuk meng-host video h5p di Emas. Jika ada masalah dalam menjalankan video h5p (misal karena load yang tinggi di server Emas), kami sarankan untuk klik kanan, lalu pilih Copy video URL, dan paste URL tersebut di tab baru untuk langsung menontonnya dari Youtube. Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.
Materi
Perkuliahan
Tugas
Ini adalah link untuk kuis #2 yang dihost di scele.cs.ui.ac.id
Kuis #2 berjumlah 10 soal, yang terdiri dari 4 soal kategori mudah (bobot nilai 1), 4 sedang (bobot 2) dan 2 sulit (bobot 4). Kuis akan dibuka tanggal 28 September 2020 pukul 10.00 - 10.45, dengan durasi pengerjaan maksimum 30 menit. Kuis bersifat open book dan semua resource yang dilakukan secara mandiri, tidak diperkenankan bekerja sama atau meminta bantuan dengan/ke pihak manapun.
Selamat mengerjakan!
Karnaugh Map
Pada topik ini kita akan membahas sebuah metode visual untuk menyederhanakan suatu fungsi boolean, yang disebut dengan Karnaugh Map (K-Map). Materi pembelajaran akan kembali disusun dalam sebuah lesson activity yang terdiri atas 13 buah video, mulai video 5.1 sampai 5.13, serta ada kuis ringan pada setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperkuat pemahaman dari konsep atau materi yang disampaikan di video. Yang tidak kalah penting, harap berpartisipasi aktif dalam diskusi di forum diskusi pekan #3 ini untuk menambah pemahaman dalam mode pembelajaran aktif dan kolaboratif, baik untuk bertanya maupun berbagi pengetahuan. Jadi jangan ada istilah malu untuk bertanya, atau takut salah dalam menjawab, karena pada dasarnya itu semua merupakan bagian dari proses pembelajaran dan knowledge construction.
Sesi synchronous akan kembali diadakan pada hari Rabu, 30 September 2020, pukul 14.00 - 15.40 WIB. Berdasarkan kesepakatan di sesi sync sebelumnya, sesi sync yang akan datang akan dilakukan per kelas, kecuali jika nanti ada perubahan rencana.
Anyway, selamat melanjutkan pembelajaran DDAK, khususnya pada materi K-Maps ini. Stay save, stay healthy dan tetap semangat!!
Materi
Perkuliahan
Karena satu dan lain hal, sesi sync hari ini masih akan digabung untuk kelas A, B, C.
Tugas
Terdapat 2 kode soal:
- Kode soal A untuk mahasiswa NPM ganjil
- Kode soal B untuk mahasiswa NPM genap
Untuk instruksi lainnya sudah ditulis didalam berkas soal.
Logic gates and combinational circuits
Pada topik ini kita akan mulai membahas tentang gerbang-gerbang logika (logic gates), khususnya gerbang logika yang bersifat kompleks, seperti NAND, NOR, XOR dan XNOR. Kemudian, kita juga akan membahas tentang desain rangkaian kombinasi. Materi pembelajaran akan kembali disusun dalam sebuah lesson activity yang terdiri atas 15 buah video, mulai video 6.1 sampai 7.6, serta ada kuis ringan pada setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperkuat pemahaman dari konsep atau materi yang disampaikan di video. Yang tidak kalah penting, harap berpartisipasi aktif dalam diskusi di forum diskusi pekan #4 ini untuk menambah pemahaman dalam mode pembelajaran aktif dan kolaboratif, baik untuk bertanya maupun berbagi pengetahuan. Jadi jangan ada istilah malu untuk bertanya, atau takut salah dalam menjawab, karena pada dasarnya itu semua merupakan bagian dari proses pembelajaran dan knowledge construction.
Sesi synchronous akan kembali diadakan pada hari Rabu, 7 Oktober 2020, pukul 14.00 - 15.40 WIB. Berdasarkan kesepakatan di sesi sync sebelumnya, sesi sync yang akan datang akan dilakukan per kelas, kecuali jika nanti ada perubahan rencana.
Anyway, selamat melanjutkan pembelajaran DDAK, khususnya pada materi tentang logic gates dan rangkaian kombinasi pada pekan ini. Stay save, stay healthy dan tetap semangat!!
Materi
Perkuliahan
Tugas
Combinational circuits MSI and sequential circuits
Pada topik ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang rangkaian kombinasi, khususnya komponen Medium Scale Integrated (MSI) seperti Decoder, Encoder, Multiplexer dan Demultiplexer. Setelah itu kita akan mulai berkenalan dengan rangkaian sekuensial, yang merupakan komponen dasar penyusun memory. Materi pembelajaran akan kembali disusun dalam sebuah lesson activity yang terdiri atas 13 buah video, mulai video 8.1 sampai 9.5, serta ada kuis ringan pada setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperkuat pemahaman dari konsep atau materi yang disampaikan di video. Yang tidak kalah penting, harap berpartisipasi aktif dalam diskusi di forum diskusi pekan #5 ini untuk menambah pemahaman dalam mode pembelajaran aktif dan kolaboratif, baik untuk bertanya maupun berbagi pengetahuan. Jadi jangan ada istilah malu untuk bertanya, atau takut salah dalam menjawab, karena pada dasarnya itu semua merupakan bagian dari proses pembelajaran dan knowledge construction.
Sesi synchronous akan kembali diadakan pada hari Rabu, 14 Oktober 2020, pukul 14.00 - 15.40 WIB. Berdasarkan kesepakatan di sesi sync sebelumnya, sesi sync yang akan datang akan dilakukan per kelas, kecuali jika nanti ada perubahan rencana.
Anyway, selamat melanjutkan pembelajaran DDAK, khususnya pada materi tentang rangkaian kombinasi MSI dan rangkaian sekuensial pada pekan ini. Stay save, stay healthy dan tetap semangat!!
Materi
Perkuliahan
Tugas
Dalam kuis ini ada 12 soal, dengan total poin 30.
Quiz dibuka pukul 10.00 dan ditutup 10.50. Dengan durasi waktu pengerjaan 30 menit.
Selamat mengerjakan!
Silakan tuliskan complain/feedback terkait Quiz #3 di forum ini. Tiap thread mewakili 1 nomor, agar mudah untuk memeriksanya..
Sequential circuits analysis, register and memory
Pada topik ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang analisis rangkaian sekuensial dan membahas tentang komponen register dan memory secara singkat. Materi pembelajaran akan kembali disusun dalam sebuah lesson activity yang terdiri atas 11 buah video, mulai video 9.6 sampai 10.6, serta ada kuis ringan pada setiap akhir video yang berfungsi sebagai check point dan memperkuat pemahaman dari konsep atau materi yang disampaikan di video. Yang tidak kalah penting, harap berpartisipasi aktif dalam diskusi di forum diskusi pekan #6 ini untuk menambah pemahaman dalam mode pembelajaran aktif dan kolaboratif, baik untuk bertanya maupun berbagi pengetahuan. Jadi jangan ada istilah malu untuk bertanya, atau takut salah dalam menjawab, karena pada dasarnya itu semua merupakan bagian dari proses pembelajaran dan knowledge construction.
Sesi synchronous akan kembali diadakan pada hari Rabu, 21 Oktober 2020, pukul 14.00 - 15.40 WIB. Berdasarkan kesepakatan di sesi sync sebelumnya, sesi sync yang akan datang akan dilakukan per kelas, kecuali jika nanti ada perubahan rencana.
Anyway, selamat melanjutkan pembelajaran DDAK, khususnya pada materi tentang rangkaian kombinasi MSI dan rangkaian sekuensial pada pekan ini. Stay save, stay healthy dan tetap semangat!!
Materi
Perkuliahan
Tugas
Kuis ini memiliki 7 soal dengan bobot nilai maksimum 50. Kuis dibuka pukul 10.00 - 10.50, dengan waktu maksimum pengerjaan 35 menit. Selamat mengerjakan!
Introduction to computer architecture and performance
Materi
Perkuliahan
Tugas
UTS - Pekan 8 dan 9
UTS dilaksanakan menggunakan scele.cs.ui.ac.id
Datapath
Selamat datang kembali di Kuliah DDAK.
Minggu ini (setelah berakhir UTS) kita akan mulai dengan membahas materi Introduction to computer architecture and performance (pada pekan ke#7 yang belum kita bahas) dan materi baru Datapath.
Silakan menonton video pada pekan Introduction to computer architecture and performance dan Datapath.
Kemudian kita diskusikan pada sesi sinkron hari rabu. Selamat Belajar.
Materi
Perkuliahan
Introduction to AVR
Pada topik/modul ini, Anda akan mempelajari AVR.
Silakan menonton video Intro AVR yang tersedia dalam lesson Intro AVR ada 2 video dan hands on ada 2 video, Selamat belajar.
Materi
Perkuliahan
Tugas
AVR Memory, Stack, & Subroutine
Pada topik/modul ini, Anda akan mempelajari Memory, Stack, & Subroutine pada AVR.
Silakan menonton 3 video berisi materi (2) dan hands-on (1). Selamat belajar.
Materi
Perkuliahan
Tugas
AVR I/O
Pada topik/modul ini, Anda akan mempelajari Input Output (I/O) pada AVR.
Silakan menonton video yang tersedia. Video masih akan diupdate berkala. Selamat belajar.
Materi
AVR Interrupt
Pada topik/modul ini, Anda akan mempelajari Interrupt pada AVR. Silakan menonton video yang tersedia. Video masih akan diupdate berkala. Selamat belajar.
Materi
Perkuliahan
Tugas
AVR Timer Interrupt
Pada topik/modul ini, Anda akan mempelajari Timer/Counter Interrupt pada AVR. Silakan menonton video yang tersedia. Video masih akan diupdate berkala. Selamat belajar.
Materi
Perkuliahan
Tugas
Latihan Persiapan UAS
Silakan gunakan resource yang ada pada section ini untuk latihan persiapan UAS
JUDUL TOPIK 16
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk [TULIS BAGIAN PENGALAMAN BELAJAR (ORIENTASI, LATIHAN UMPAN BALIK) SESUAI BRP] selama [TULISKAN ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; MISALKAN 120 MENIT]. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) [TULIS SUB CPMK 1], (2) [TULIS SUB CPMK 2] DST.
Evaluasi Akhir