Topic outline

  • Paradigma dan Teori Keperawatan (NSIK600403/3 SKS)

  • Minggu I, Orientasi Mata Kuliah

  • Minggu II, Pengantar Pengembangan Ilmu Pengetahuan Keperawatan

    Sub CPMK

    Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu:  menjelaskan proses perkembangan ilmu pengetahuan keperawatan

    Uraian Kegiatan

    Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk

    • mempelajari video nara sumber yang telah tersedia dalam EMAS secara mandiri (Orientasi)
    • mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring secara langsung bersama narasumber  (sinkronus) dan mengerjakan soal kuis yang disediakan pada akhir sesi (Latihan)
    • Umpan balik: Dosen fasilitataor akan memberikan tanggapan pertanyaan Anda melalui forum diskusi

     ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 menit

  • Minggu III, Paradigma dan Filosofi Keperawatan

    Sub CPMK 2

    Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu:  menjelaskan pengertian filosofi dan paradigma dan konsep sentral yang terdapat dalam paradigma keperawatan

    Uraian Kegiatan

    Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk

    • mempelajari video nara sumber yang telah tersedia dalam EMAS secara mandiri (Orientasi)
    • mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring bersama dosen narasumber  (sinkronus) dan mengerjakan soal kuis yang disediakan pada akhir sesi (Latihan)
    • Dosen fasilitator akan memberikan tanggapan atas pertanyaan Anda melalui forum diskusi (Umpan Balik)

     ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 menit


  • Minggu IV, Teori dan Teori Keperawatan

    SUB CPMK 3

    Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian teori secara umum dan teori keperawatan serta komponen yang terdapat dalam suatu teori

    Uraian Kegiatan

    Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk

    • mempelajari video nara sumber yang telah tersedia dalam EMAS secara mandiri (Orientasi)
    • mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring bersama dosen narasumber  (sinkronus) dan mengerjakan soal kuis yang disediakan pada akhir sesi (Latihan)
    • Dosen fasilitator akan memberikan tanggapan atas pertanyaan Anda melalui forum diskusi (Umpan Balik)

     ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 menit

  • Minggu V, Tingkatan Pengetahuan dan Teori Keperawatan

    Sub CPMK 3

    Setelah menyelesaikan sesi ini, Anda diharapkan mampu menjelaskan pengertian teori secara umum dan teori keperawatan serta komponen yang terdapat dalam suatu teori

    Uraian Kegiatan

    Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk

    • mempelajari video nara sumber yang telah tersedia dalam EMAS secara mandiri (Orientasi)
    • mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring bersama dosen narasumber  (sinkronus) dan mengerjakan soal kuis yang disediakan pada akhir sesi (Latihan)
    • Dosen fasilitator akan memberikan tanggapan atas pertanyaan Anda melalui forum diskusi (Umpan Balik)

     ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 menit

    Video Nara Sumber Prof. Yeni Rustina, SKp., M.App.Sc., PhD.

     

     

  • Minggu VI, Eksplorasi dan Analisis Filosofi Keperawatan

    Sub CPMK 4

    Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan

    Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-6 dan ke-7: 

    Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level filosofi keperawatan 

    Uraian Kegiatan 

    1. Mahasiswa mempelajari video yang berisi uraian penugasan 1 melalui EMAS (Orientasi) 

    2. Setiap mahasiswa memilih1 tokoh filosofi keperawatan dari daftar tokoh yang diberikan. Mahasiswa melakukan penelusuran pustaka untuk mengeksplorasi tokoh yang dipilih. Mahasiswa membuat materi presentasi hasil penelusuran terhadap tokoh (biografi, teori, pandangan terhadap konsep sentral) (Latihan)

    3. Mahasiswa bertanya kepada dosen fasilitator selama forum diskusi sesuai jadwal yang diberikan (bila diperlukan)

    4. Mahasiswa melakukan perekaman hasil eksplroasi dan analisis tokoh keperawatan dalam bentul ppt recording untuk diunggah dalam EMAS (Latihan)

    5. Dosen fasilitator memberikan tanggapan dan memfasilitasi mahasiswa selama forum diskusi (Umpan Balik)

  • Minggu VII, Presentasi dan Diskusi Filosofi Keperawatan

    Sub CPMK 4

    Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan

    Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-6 dan ke-7: 

    Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level filosofi keperawatan 

    Uraian Kegiatan 

    1. Orientasi: 

    - Pada H-1 mahasiswa menyiapkan presentasi dan mengirimkan video presentasi hasil eksplorasi ke EMAS

    - Setiap mahasiswa mempelajari materi video presentasi tokoh keperawatan yang ada di EMAS secara mandiri. 

    2. Latihan:

    - Mahasiswa lain yang menyiapkan presentasi diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menanggapi pertanyaan mahasiswa lain (waktu yang dialokasikan untuk

      pembahasan setiap tokoh 15-20 menit)

    - Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tokoh yang dibahas

    3. Umpan balik:

    Dosen fasilitator memantau jalannya forum diskusi dan memberikan tanggapan serta memfasilitasi presentasi kelompok dan forum presentasi.

    Video Tokoh Filosofi Keperawatan (Nightingale & Henderson)

    Nightingale

    Henderson

  • Minggu VIII, Ujian Tengah Semester

    Sub CPMK 1-3

    Setelah menyelesaikan sesi ini Anda diharapkan mampu menjelaskan:

    - proses perkembangan ilmu pengetahuan keperawatan  

    - filosofi dan gambaran filosofi dalam keperawatan, paradigma keperawatan dan konsep dasar dalam keperawatan

    - pengertian dan komponen teori serta perbedaan tingkatan pengetahuan dan teori keperawatan

    Uraian Kegiatan 

    - Mahasiswa mengikuti ujian Tulis melalui EMAS sesuai jadwal yang ditetapkan

    - Mahasiswa harus patuh pada peraturan ujian yang ditetapkan

    - Mahasiswa login ke dalam EMAS dan mengikuti langkah-langkah proses ujian

    - Mahasiswa mengumpulkan jawaban ujian sesuai waktu yang ditetapkan

  • Minggu IX, Eksplorasi dan Analisis Model Konseptual Keperawatan

    Sub CPMK 4

    Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan

    Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-9 dan ke-10: 

    Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level model konsptual keperawatan

    Uraian Kegiatan 
    1. Mahasiswa mempelajari video yang berisi uraian penugasan kedua melalui EMAS (Orientasi) 
    2. Setiap mahasiswa memilih1 tokoh model konseptual keperawatan dari daftar tokoh yang diberikan. Mahasiswa melakukan penelusuran pustaka untuk mengeksplorasi tokoh yang dipilih. Mahasiswa membuat materi presentasi hasil penelusuran terhadap tokoh (biografi, teori, pandangan terhadap konsep sentral) (Latihan)
    3. Mahasiswa bertanya kepada dosen fasilitator selama forum diskusi sesuai jadwal yang diberikan (bila diperlukan)
    4. Mahasiswa melakukan perekaman hasil eksplroasi dan analisis tokoh keperawatan dalam bentul ppt recording untuk diunggah dalam EMAS (Latihan)
    5. Dosen fasilitator memberikan tanggapan dan memfasilitasi mahasiswa selama forum diskusi (Umpan Balik)

  • Minggu X, Presentasi dan Diskusi Model Konseptual Keperawatan

    Sub CPMK 4

    Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan

    Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-9 dan ke-10: 

    Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level model konseptual keperawatan

    Uraian Kegiatan 

    1. Orientasi: 

    - Pada H-1 mahasiswa menyiapkan presentasi dan mengirimkan video presentasi hasil eksplorasi ke EMAS

    - Setiap mahasiswa mempelajari materi video presentasi tokoh keperawatan yang ada di EMAS secara mandiri. 

    2. Latihan:

    - Mahasiswa lain yang menyiapkan presentasi diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menanggapi pertanyaan mahasiswa lain (waktu yang dialokasikan untuk

      pembahasan setiap tokoh 15-20 menit)

    - Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tokoh yang dibahas

    3. Umpan balik:

    Dosen fasilitator memantau jalannya forum diskusi dan memberikan tanggapan serta memfasilitasi presentasi kelompok dan forum presentasi.

  • Minggu XI, Eksplorasi dan Analisis Grand Nursing Theory

    Sub CPMK 4

    Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan

    Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-11 dan ke-12: 

    Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level grand nursing theory

    Uraian Kegiatan 

    1. Mahasiswa mempelajari video yang berisi uraian penugasan ke-tiga melalui EMAS (Orientasi) 

    2. Setiap mahasiswa memilih1 tokoh model grand nursing theory dari daftar tokoh yang diberikan. Mahasiswa melakukan penelusuran pustaka untuk mengeksplorasi tokoh yang dipilih. Mahasiswa membuat materi presentasi hasil penelusuran terhadap tokoh (biografi, teori, pandangan terhadap konsep sentral) (Latihan)

    3. Mahasiswa bertanya kepada dosen fasilitator selama forum diskusi sesuai jadwal yang diberikan (bila diperlukan)

    4. Mahasiswa melakukan perekaman hasil eksplroasi dan analisis tokoh keperawatan dalam bentuk ppt recording untuk diunggah dalam EMAS (Latihan)

    5. Dosen fasilitator memberikan tanggapan dan memfasilitasi mahasiswa selama forum diskusi (Umpan Balik)

    Video Penugasan III

     

  • Minggu XII, Presentasi dan Diskusi Grand Nursing Theory

    Sub CPMK 4

    Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan

    Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-9 dan ke-10: 

    Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level grand theory

    Uraian Kegiatan 

    1. Orientasi: 

    - Pada H-1 mahasiswa menyiapkan presentasi dan mengirimkan video presentasi hasil eksplorasi ke EMAS

    - Setiap mahasiswa mempelajari materi video presentasi tokoh keperawatan yang ada di EMAS secara mandiri. 

    2. Latihan:

    - Mahasiswa lain yang menyiapkan presentasi diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menanggapi pertanyaan mahasiswa lain (waktu yang dialokasikan untuk

      pembahasan setiap tokoh 15-20 menit)

    - Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tokoh yang dibahas

    3. Umpan balik:

    Dosen fasilitator memantau jalannya forum diskusi dan memberikan tanggapan serta memfasilitasi presentasi kelompok dan forum presentasi.

    Video Tokoh Grand Nursing Theory 
  • Minggu XIII, Eksplorasi dan Analisis Middle Range Nursing Theories

    Sub CPMK 4

    Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan

    Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-13 dan ke-14: 

    Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level middle range nursing theory

    Uraian Kegiatan 

    1. Mahasiswa mempelajari video yang berisi uraian penugasan 4 melalui EMAS (Orientasi) 

    2. Setiap mahasiswa memilih1 tokoh middle range nursing theory dari daftar tokoh yang diberikan. Mahasiswa melakukan penelusuran pustaka untuk mengeksplorasi tokoh yang dipilih. Mahasiswa membuat materi presentasi hasil penelusuran terhadap tokoh (biografi, teori, pandangan terhadap konsep sentral) (Latihan)

    3. Mahasiswa bertanya kepada dosen fasilitator selama forum diskusi sesuai jadwal yang diberikan (bila diperlukan)

    4. Mahasiswa melakukan perekaman hasil eksplroasi dan analisis tokoh keperawatan dalam bentuk ppt recording untuk diunggah dalam EMAS (Latihan)

    5. Dosen fasilitator memberikan tanggapan dan memfasilitasi mahasiswa selama forum diskusi (Umpan Balik)

    Video Penugasan IV

  • Minggu XIV, Presentasi dan Diskusi Middle Range Nursing Theories

    Sub CPMK 4

    Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan

    Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-9 dan ke-10: 

    Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level middle range nursing theory

    Uraian Kegiatan 

    1. Orientasi: 

    - Pada H-1 mahasiswa menyiapkan presentasi dan mengirimkan video presentasi hasil eksplorasi ke EMAS

    - Setiap mahasiswa mempelajari materi video presentasi tokoh keperawatan yang ada di EMAS secara mandiri. 

    2. Latihan:

    - Mahasiswa lain yang menyiapkan presentasi diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menanggapi pertanyaan mahasiswa lain (waktu yang dialokasikan untuk

      pembahasan setiap tokoh 15-20 menit)

    - Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tokoh yang dibahas

    3. Umpan balik:

    Dosen fasilitator memantau jalannya forum diskusi dan memberikan tanggapan serta memfasilitasi presentasi kelompok dan forum presentasi.

  • Minggu XV, Perbandingan Berbagai Teori Keperawatan dari Berbagai Jenjang

    Sub CPMK 5

    Setelah menyelesaikan sesi ini, Anda diharapkan mampu membedakan berbagai teori keperawatan berdasarkan jenjang, konsep utama dan pandangannya terhadap paradigma keperawatan

    Kegiatan

    Orientasi: Sebelum sesi diskusi dengan narasumber, mahasiswa mempelajari video nara sumber dalam EMAS secara mandiri

    Latihan:

    - Mahasiswa mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring secara langsung bersama narasumber 

    - Mahasiswa mengerjakan  soal kuis yang diberikan

    Umpan balik: Dosen memberikan tanggapan pertanyaan mahasiswa, memberikan apresiasi dan motivasi kepada mahasiswa serta menyimpulkan dan menutup sesi kelas.

    ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 MENIT].

    Video Nara Sumber Dr. Enie Novieastari, SKp., MSN

  • Minggu XVI, UJIAN AKHIR SEMESTER

    Sub CPMK 4-5

    Setelah menyelesaikan sesi ini Anda diharapkan mampu menjelaskan:

    - Menjelaskan konsep teoritis beragam tokoh keperawatan terpilih dari setiap jenjang (filosofi, conceptual model, grand theory  dan level middle range theory)

    - Membedakan berbagai teori keperawatan berdasarkan jenjang, konsep utama dan pandangannya terhadap paradigma keperawatan

    Uraian Kegiatan 

    - Mahasiswa mengikuti ujian Tulis melalui EMAS sesuai jadwal yang ditetapkan

    - Mahasiswa harus patuh pada peraturan ujian yang ditetapkan

    - Mahasiswa login ke dalam EMAS dan mengikuti langkah-langkah proses ujian

    - Mahasiswa mengumpulkan jawaban ujian sesuai waktu yang ditetapkan