Topic outline
Paradigma dan Teori Keperawatan (NSIK600403/3 SKS)
Dr. Enie Novieastari, SKp., MSN
Prof. Achir Yani S. Hamid, MN, DNSc.
Prof. Yeni Rustina, SKp., M.App.Sc., PhD
enie@ui.ac.id achir@ui.ac.id y_rustina@ui.ac.id Dr. Nani Nurhaeni, S.Kp.,M.N.
Dr. Hanny Handiyani, S.Kp., M.Kep.
Ns. Shanti Farida Rachmi, M.Kep.,Sp.KMB
nani-n@ui.ac.id honey@ui.ac.id shanti_indo12@yahoo.com Penanggung jawab Mata Kuliah: Dr. Enie Novieastari, SKp., MSN
Nara sumber dan pemateri Mata Kuliah:
- Prof. Achir Yani S. Hamid, MN, DNSc.
- Prof. Yeni Rustina, SKp., M.App.Sc., PhD
- Dr. Enie Novieastari, SKp., MSN
- Dr. Nani Nurhaeni, SKp., MN
- Dr. Hanny Handiyani, SKp., M.Kes.
- Ns. Shanti farida Rachmi, S.Kep., M.Kep., Sp.KMB.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Setelah mengikuti modul mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- menjelaskan proses pengembangan ilmu pengetahuan keperawatan dan disiplin ilmu keperawatan
- menjelaskan pengertian filosofi dan paradigma keperawatan serta konsep sentral yang terdapat dalam paradigma keperawatan
- menjelaskan pengertian teori dan teori keperawatan serta komponen yang terdapat dalam suatu teori
- menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih khususnya nursing conceptual model, grand nursing theory, dan middle range nursing theory yang sesuai untuk situasi pelayanan keperawatan.
- membedakan berbagai teori keperawatan berdasarkan jenjang, konsep utama dan pandangannya terhadap paradigma keperawatan
Bahan Kajian/Pokok Bahasan:
- Perkembangan ilmu pengetahuan keperawatan
- Pengertian, manfaat dan gambaran filosofi keperawatan
- Pengertian, manfaat dan konsep sentral paradigma keperawatan
- Pengertian, manfaat dan komponen teori secara umum dan teori keperawatan
- Tingkatan pengetahuan keperawatan
- Beragam jenjang teori keperawatan (filosofi, model konseptual, grand theory, middle range theory)
- Analisis beberapa ahli filosofi keperawatan (Florence Nightingale, Virginia Henderson, Jean Watson, Hildegard Peplau, Ida Jean Orlando, Patricia Benner, dll)
- Analisis beragam Model Konseptual Keperawatan (Model Self-Care Orem, Model Adaptasi Roy, Model Konservasi Levine, Model Sistem Betty Neuman, Conceptual System Imogene King, dll)
- Analisis beragam Grand Nursing Theory (Culture Care Theory Leininger, Transitions Theory Meleis, Health Promotion Model Pender; Theory of Nursing as Caring Boykin & Schoenhofer, dll)
- Analisis beragam Middle Range Nursing Theory (Theory of Comfort Kolcaba, Theory of Caring Swanson, Theory of Self Transcendence Pamela Reed; Theory Maternal Role Attainment- Becoming A Mother Ramona Mercer; Peaceful End Of Life Theory Ruland & Moore, dll).
Metode Pembelajaran:
Modul ini dirancang untuk dapat diselesaikan secara mandiri oleh mahasiswa melalui pembelajaran jarak jauh. Setiap minggu disiapkan materi belajar dalam bentuk video pembelajaran yang telah dikembangkan untuk memudahkan mahasiswa belajar dan berlatih topik bahasan. Forum diskusi disediakan untuk dapat mengakomodasi kebutuhan mahasiswa bila menemukan kesulitan memahami materi yang diberikan. Untuk berlatih topik yang dibahas, disediakan beberapa kali kuis selama semester berlangsung. Daftar referensi dalam bentuk e-book disediakan untuk membantu mahasiswa belajar dan mengeksplorasi sumber-sumber pustaka terkait topik yang dianggap relevan untuk dipelajari mahasiswa.
Jadwal Kegiatan Mingguan yang terstruktur adalah Setiap Senin pukul 10.00-12.30
Pastikan Anda hadir dalam forum diskusi bersama dosen narasumber dan fasilitator setiap minggunyaLINK DAFTAR HADIR:
Mahasiswa akan dinilai keberhasilan belajarnya melalui berbagai bentuk penilaian sepanjang satu semester. Selain ujian tengah semester dan akhir semester, mahasiswa akan mengikuti kuis, melakukan presentasi, pembuatan makalah, dan menyusun laporan refleksi diri. Secara lengkap evaluasi hasil pemelajaran dapat dilihat pada tabel berikut.
Berikut ini daftar pustaka yang wajib dan tambahan yang dipergunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah ini. Beberapa pustaka tersedia dalam bentuk e-book yang dapat diunduh oleh mahasiswa.
Minggu I, Orientasi Mata Kuliah
SILAHKAN PELAJARI E-BOOK YANG DISEDIAKAN
Para mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputar Orientasi Mata Kuliah, silahkan ditanyakan di sini.
Minggu II, Pengantar Pengembangan Ilmu Pengetahuan Keperawatan
Sub CPMK
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: menjelaskan proses perkembangan ilmu pengetahuan keperawatan
Uraian Kegiatan
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk
- mempelajari video nara sumber yang telah tersedia dalam EMAS secara mandiri (Orientasi)
- mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring secara langsung bersama narasumber (sinkronus) dan mengerjakan soal kuis yang disediakan pada akhir sesi (Latihan)
- Umpan balik: Dosen fasilitataor akan memberikan tanggapan pertanyaan Anda melalui forum diskusi
ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 menit
Nara sumber: Prof Achir Yani S.Hamid, MN, DNSc.
Setelah mempelajari materi Pengembangan Ilmu Pengetahuan Keperawatan, kerjakanlah kuis berikut ini.
Para Mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputar materi Pengembangan Ilmu Pengetahuan Keperawatan, silahkan dituliskan di sini.
Minggu III, Paradigma dan Filosofi Keperawatan
Sub CPMK 2
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: menjelaskan pengertian filosofi dan paradigma dan konsep sentral yang terdapat dalam paradigma keperawatan
Uraian Kegiatan
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk
- mempelajari video nara sumber yang telah tersedia dalam EMAS secara mandiri (Orientasi)
- mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring bersama dosen narasumber (sinkronus) dan mengerjakan soal kuis yang disediakan pada akhir sesi (Latihan)
- Dosen fasilitator akan memberikan tanggapan atas pertanyaan Anda melalui forum diskusi (Umpan Balik)
ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 menit
Nara sumber: Prof. Achir Yan S.Hamid
Setelah mempelajari materi Paradigma dan Filosofi Keperawatan, kerjakanlah Kuis berikut ini.
Para Mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputar materi Filosofi dan Paradigma Keperawatan, silahkan ditanyakan di sini.
Minggu IV, Teori dan Teori Keperawatan
SUB CPMK 3
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian teori secara umum dan teori keperawatan serta komponen yang terdapat dalam suatu teori
Uraian Kegiatan
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk
- mempelajari video nara sumber yang telah tersedia dalam EMAS secara mandiri (Orientasi)
- mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring bersama dosen narasumber (sinkronus) dan mengerjakan soal kuis yang disediakan pada akhir sesi (Latihan)
- Dosen fasilitator akan memberikan tanggapan atas pertanyaan Anda melalui forum diskusi (Umpan Balik)
ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 menit
Nara sumber Prof Yeni Rustina, S.Kp.,M.App.Sc.,PhD
Setelah mempelajari materi Teori dan Teori Keperawatan, kerjakanlah soal Kuis berikut ini
Para Mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputar materi Teori dan Teori Keperawatan, Silahkan ditayakan di sini.
Minggu V, Tingkatan Pengetahuan dan Teori Keperawatan
Sub CPMK 3
Setelah menyelesaikan sesi ini, Anda diharapkan mampu menjelaskan pengertian teori secara umum dan teori keperawatan serta komponen yang terdapat dalam suatu teori
Uraian Kegiatan
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk
- mempelajari video nara sumber yang telah tersedia dalam EMAS secara mandiri (Orientasi)
- mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring bersama dosen narasumber (sinkronus) dan mengerjakan soal kuis yang disediakan pada akhir sesi (Latihan)
- Dosen fasilitator akan memberikan tanggapan atas pertanyaan Anda melalui forum diskusi (Umpan Balik)
ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 menit
Video Nara Sumber Prof. Yeni Rustina, SKp., M.App.Sc., PhD.
Nara sumber: Prof Yeni Rustina, SKp.,M.App.Sc., PhD
Setelah mempelajari materi Tingkatan Pengetahuan dan Teori Keperawatan, kerjakanlah soal kuis berikut ini
Para Mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputar materi Tingkatan Pengetahuan dan Teori Keperawatan, Silahkan ditayakan di sini.
Minggu VI, Eksplorasi dan Analisis Filosofi Keperawatan
Sub CPMK 4
Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan
Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-6 dan ke-7:
Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level filosofi keperawatan
Uraian Kegiatan
1. Mahasiswa mempelajari video yang berisi uraian penugasan 1 melalui EMAS (Orientasi)
2. Setiap mahasiswa memilih1 tokoh filosofi keperawatan dari daftar tokoh yang diberikan. Mahasiswa melakukan penelusuran pustaka untuk mengeksplorasi tokoh yang dipilih. Mahasiswa membuat materi presentasi hasil penelusuran terhadap tokoh (biografi, teori, pandangan terhadap konsep sentral) (Latihan)
3. Mahasiswa bertanya kepada dosen fasilitator selama forum diskusi sesuai jadwal yang diberikan (bila diperlukan)
4. Mahasiswa melakukan perekaman hasil eksplroasi dan analisis tokoh keperawatan dalam bentul ppt recording untuk diunggah dalam EMAS (Latihan)
5. Dosen fasilitator memberikan tanggapan dan memfasilitasi mahasiswa selama forum diskusi (Umpan Balik)
Para Mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputar materi yang ditugaskan. Silahkan ditanyakan di sini.
Minggu VII, Presentasi dan Diskusi Filosofi Keperawatan
Sub CPMK 4
Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan
Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-6 dan ke-7:
Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level filosofi keperawatan
Uraian Kegiatan
1. Orientasi:
- Pada H-1 mahasiswa menyiapkan presentasi dan mengirimkan video presentasi hasil eksplorasi ke EMAS
- Setiap mahasiswa mempelajari materi video presentasi tokoh keperawatan yang ada di EMAS secara mandiri.
2. Latihan:
- Mahasiswa lain yang menyiapkan presentasi diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menanggapi pertanyaan mahasiswa lain (waktu yang dialokasikan untuk
pembahasan setiap tokoh 15-20 menit)
- Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tokoh yang dibahas
3. Umpan balik:
Dosen fasilitator memantau jalannya forum diskusi dan memberikan tanggapan serta memfasilitasi presentasi kelompok dan forum presentasi.
Video Tokoh Filosofi Keperawatan (Nightingale & Henderson)
Nightingale
Henderson
Silahkan Kumpulkan Hasil Eksplorasi Tokoh Filosofi Keperawatan Anda di sini!
Minggu VIII, Ujian Tengah Semester
Sub CPMK 1-3
Setelah menyelesaikan sesi ini Anda diharapkan mampu menjelaskan:
- proses perkembangan ilmu pengetahuan keperawatan
- filosofi dan gambaran filosofi dalam keperawatan, paradigma keperawatan dan konsep dasar dalam keperawatan
- pengertian dan komponen teori serta perbedaan tingkatan pengetahuan dan teori keperawatan
Uraian Kegiatan
- Mahasiswa mengikuti ujian Tulis melalui EMAS sesuai jadwal yang ditetapkan
- Mahasiswa harus patuh pada peraturan ujian yang ditetapkan
- Mahasiswa login ke dalam EMAS dan mengikuti langkah-langkah proses ujian
- Mahasiswa mengumpulkan jawaban ujian sesuai waktu yang ditetapkan
Minggu IX, Eksplorasi dan Analisis Model Konseptual Keperawatan
Sub CPMK 4
Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan
Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-9 dan ke-10:
Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level model konsptual keperawatan
Uraian Kegiatan
- Mahasiswa mempelajari video yang berisi uraian penugasan kedua melalui EMAS (Orientasi)
- Setiap mahasiswa memilih1 tokoh model konseptual keperawatan dari daftar tokoh yang diberikan. Mahasiswa melakukan penelusuran pustaka untuk mengeksplorasi tokoh yang dipilih. Mahasiswa membuat materi presentasi hasil penelusuran terhadap tokoh (biografi, teori, pandangan terhadap konsep sentral) (Latihan)
- Mahasiswa bertanya kepada dosen fasilitator selama forum diskusi sesuai jadwal yang diberikan (bila diperlukan)
- Mahasiswa melakukan perekaman hasil eksplroasi dan analisis tokoh keperawatan dalam bentul ppt recording untuk diunggah dalam EMAS (Latihan)
- Dosen fasilitator memberikan tanggapan dan memfasilitasi mahasiswa selama forum diskusi (Umpan Balik)
Para Mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputar penugasan yang diberikan, silahkan ditanyakan di sini.
Minggu X, Presentasi dan Diskusi Model Konseptual Keperawatan
Sub CPMK 4
Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan
Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-9 dan ke-10:
Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level model konseptual keperawatan
Uraian Kegiatan
1. Orientasi:
- Pada H-1 mahasiswa menyiapkan presentasi dan mengirimkan video presentasi hasil eksplorasi ke EMAS
- Setiap mahasiswa mempelajari materi video presentasi tokoh keperawatan yang ada di EMAS secara mandiri.
2. Latihan:
- Mahasiswa lain yang menyiapkan presentasi diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menanggapi pertanyaan mahasiswa lain (waktu yang dialokasikan untuk
pembahasan setiap tokoh 15-20 menit)
- Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tokoh yang dibahas
3. Umpan balik:
Dosen fasilitator memantau jalannya forum diskusi dan memberikan tanggapan serta memfasilitasi presentasi kelompok dan forum presentasi.
Silahkan kumpulkan hasil eksplorasi tokoh Model Konseptual Keperawatan Anda di sini!
Minggu XI, Eksplorasi dan Analisis Grand Nursing Theory
Sub CPMK 4
Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan
Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-11 dan ke-12:
Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level grand nursing theory
Uraian Kegiatan
1. Mahasiswa mempelajari video yang berisi uraian penugasan ke-tiga melalui EMAS (Orientasi)
2. Setiap mahasiswa memilih1 tokoh model grand nursing theory dari daftar tokoh yang diberikan. Mahasiswa melakukan penelusuran pustaka untuk mengeksplorasi tokoh yang dipilih. Mahasiswa membuat materi presentasi hasil penelusuran terhadap tokoh (biografi, teori, pandangan terhadap konsep sentral) (Latihan)
3. Mahasiswa bertanya kepada dosen fasilitator selama forum diskusi sesuai jadwal yang diberikan (bila diperlukan)
4. Mahasiswa melakukan perekaman hasil eksplroasi dan analisis tokoh keperawatan dalam bentuk ppt recording untuk diunggah dalam EMAS (Latihan)
5. Dosen fasilitator memberikan tanggapan dan memfasilitasi mahasiswa selama forum diskusi (Umpan Balik)
Video Penugasan III
Nara Sumber: Dr. Enie Novieastari, SKp., MSN
Silahkan pelajari materi tersebut sebelum melakukan eksplorasi tokoh Grand Nursing Theory
Silahkan tulis pertanyaan Anda seputar materi Grand Nursing Theory di sini!
Minggu XII, Presentasi dan Diskusi Grand Nursing Theory
Sub CPMK 4
Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan
Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-9 dan ke-10:
Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level grand theory
Uraian Kegiatan
1. Orientasi:
- Pada H-1 mahasiswa menyiapkan presentasi dan mengirimkan video presentasi hasil eksplorasi ke EMAS
- Setiap mahasiswa mempelajari materi video presentasi tokoh keperawatan yang ada di EMAS secara mandiri.
2. Latihan:
- Mahasiswa lain yang menyiapkan presentasi diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menanggapi pertanyaan mahasiswa lain (waktu yang dialokasikan untuk
pembahasan setiap tokoh 15-20 menit)
- Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tokoh yang dibahas
3. Umpan balik:
Dosen fasilitator memantau jalannya forum diskusi dan memberikan tanggapan serta memfasilitasi presentasi kelompok dan forum presentasi.
Video Tokoh Grand Nursing Theory
Silahkan kumpulkan hasil eksplorasi tokoh Grand Nursing Theory Anda di sini!
Minggu XIII, Eksplorasi dan Analisis Middle Range Nursing Theories
Sub CPMK 4
Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan
Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-13 dan ke-14:
Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level middle range nursing theory
Uraian Kegiatan
1. Mahasiswa mempelajari video yang berisi uraian penugasan 4 melalui EMAS (Orientasi)
2. Setiap mahasiswa memilih1 tokoh middle range nursing theory dari daftar tokoh yang diberikan. Mahasiswa melakukan penelusuran pustaka untuk mengeksplorasi tokoh yang dipilih. Mahasiswa membuat materi presentasi hasil penelusuran terhadap tokoh (biografi, teori, pandangan terhadap konsep sentral) (Latihan)
3. Mahasiswa bertanya kepada dosen fasilitator selama forum diskusi sesuai jadwal yang diberikan (bila diperlukan)
4. Mahasiswa melakukan perekaman hasil eksplroasi dan analisis tokoh keperawatan dalam bentuk ppt recording untuk diunggah dalam EMAS (Latihan)
5. Dosen fasilitator memberikan tanggapan dan memfasilitasi mahasiswa selama forum diskusi (Umpan Balik)
Video Penugasan IV
Nara Sumber: Dr. Enie Novieastari, SKp., MSN
Silahkan pelajari materi tersebut sebelum melakukan eksplorasi tokoh Middle Range Nursing Theory
Para mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputara materi Middle Range Nursing Theory, silahkan tulis di sini!
Minggu XIV, Presentasi dan Diskusi Middle Range Nursing Theories
Sub CPMK 4
Setelah menyelesaikan topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih (filosofi, conceptual model, grand theory dan middle range theory) yang sesuai untuk suatu situasi pelayanan keperawatan
Sub-sub CPMK untuk Minggu ke-9 dan ke-10:
Setelah menyelesaikan sub-topik ini,Anda diharapkan mampu menganalisis berbagai teori keperawatan terpilih level middle range nursing theory
Uraian Kegiatan
1. Orientasi:
- Pada H-1 mahasiswa menyiapkan presentasi dan mengirimkan video presentasi hasil eksplorasi ke EMAS
- Setiap mahasiswa mempelajari materi video presentasi tokoh keperawatan yang ada di EMAS secara mandiri.
2. Latihan:
- Mahasiswa lain yang menyiapkan presentasi diberi kesempatan untuk klarifikasi dan menanggapi pertanyaan mahasiswa lain (waktu yang dialokasikan untuk
pembahasan setiap tokoh 15-20 menit)
- Mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai tokoh yang dibahas
3. Umpan balik:
Dosen fasilitator memantau jalannya forum diskusi dan memberikan tanggapan serta memfasilitasi presentasi kelompok dan forum presentasi.
Silahkan kumpulkan hasil eksplorasi tokoh middle range nursing theory Anda di sini!
Minggu XV, Perbandingan Berbagai Teori Keperawatan dari Berbagai Jenjang
Sub CPMK 5
Setelah menyelesaikan sesi ini, Anda diharapkan mampu membedakan berbagai teori keperawatan berdasarkan jenjang, konsep utama dan pandangannya terhadap paradigma keperawatan
Kegiatan
Orientasi: Sebelum sesi diskusi dengan narasumber, mahasiswa mempelajari video nara sumber dalam EMAS secara mandiri
Latihan:
- Mahasiswa mendiskusikan hasil menonton video melalui forum diskusi daring secara langsung bersama narasumber
- Mahasiswa mengerjakan soal kuis yang diberikan
Umpan balik: Dosen memberikan tanggapan pertanyaan mahasiswa, memberikan apresiasi dan motivasi kepada mahasiswa serta menyimpulkan dan menutup sesi kelas.
ESTIMASI WAKTU YANG AKAN DIALOKASIKAN UNTUK MEMPELAJARI TOPIK; 150 MENIT].
Video Nara Sumber Dr. Enie Novieastari, SKp., MSN
Para Mahasiswa, apabila ada pertanyaan seputar materi perbandingan berbagai teori keperawatan dari berbagai jenajng, silahkan ditanyakan di sini
Setelah mempelajari materi, silahkan menyelesaikan kuis berikut ini
Minggu XVI, UJIAN AKHIR SEMESTER
Sub CPMK 4-5
Setelah menyelesaikan sesi ini Anda diharapkan mampu menjelaskan:
- Menjelaskan konsep teoritis beragam tokoh keperawatan terpilih dari setiap jenjang (filosofi, conceptual model, grand theory dan level middle range theory)
- Membedakan berbagai teori keperawatan berdasarkan jenjang, konsep utama dan pandangannya terhadap paradigma keperawatan
Uraian Kegiatan
- Mahasiswa mengikuti ujian Tulis melalui EMAS sesuai jadwal yang ditetapkan
- Mahasiswa harus patuh pada peraturan ujian yang ditetapkan
- Mahasiswa login ke dalam EMAS dan mengikuti langkah-langkah proses ujian
- Mahasiswa mengumpulkan jawaban ujian sesuai waktu yang ditetapkan
Kumpulkan Laporan Refleksi Diri Anda di sini!