Mahasiswa Kedokteran dan Profesi Kesehatan di seluruh Indonesia,

Selamat datang di aktivitas pembelajaran mandiri Modul Tanggap Pandemi COVID-19 yang disusun oleh tim staf pengajar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan Medical Education Center IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Modul ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pendampingan materi bagi mahasiswa kedokteran dan profesi kesehatan di tahap mana pun sehingga dapat memiliki pengetahuan yang cukup terkait COVID-19 dan pandemi yang sedang terjadi. Selanjutnya Anda diharapkan dapat berpartisipasi dalam penanganan pandemi Covid19 di Indonesia, terutama dalam edukasi keluarga, komunitas dan masyarakat sekitar sehingga siap menjadi 'garda terdepan' pencegahan pandemi COVID-19 yang sebenarnya.

Seluruh materi modul dirangkai dari sumber-sumber terpercaya dan akan dimutakhirkan terus-menerus sesuai dengan perkembangan yang ada. Anda juga dapat berkontribusi dalam pengembangan materi modul ini melalui masukan yang dapat diberikan kepada pengelola.

Setiap capaian pembelajaran dalam modul ini bersifat fleksibel, artinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, dan seluruh metode pengajaran bersifat 'self-paced' atau sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing peserta. Anda diharapkan  dapat menyelesaikan pre dan post test yang tersedia untuk proses evaluasi diri atau self-assessment. Selain itu, Anda juga diharapkan untuk dapat menghasilkan produk edukasi (video/poster online) dan refleksi diri, yang juga sangat menunjang pencapaian capaian pembelajaran modul ini.

Selamat belajar dan semoga sehat selalu di mana pun berada!


a.n tim Modul Tanggap Pandemi Covid19


Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal yang mempelajari pemanfaatan ilmu kedokteran untuk kepentingan peradilan serta berbagai aspek hukum dan etika berkaitan dengan praktek kedokteran, menjadi unik karena mahasiswa kedokteran dituntut untuk mampu menterjemahkan aspek medis pasien ke dalam bahasa hukum dalam bentuk Visum et Repertum, mampu untuk menjadi saksi ahli di sidang pengadilan, dan mampu berpraktek sesuai rambu hukum dan etika berdasarkan ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Sesuai namanya, Modul Praktik Klinik Forensik merupakan modul yang juga membutuhkan latihan keterampilan (praktik). Kelas Mata Kuliah Terbuka ini memuat teori dasar yang menjadi pengantar sebelium masuk dalam modul praktik klinik.