Topic outline

  • Modul Belajar dan Mengajar 2 (MD4080U216 - MOOC22021/2 SKS)

  • PENYUSUNAN RANCANGAN PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN STAF PENGAJAR

    facdev

    Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menyusun rancangan pelatihan pengembangan staf sesuai konsep 12 peran staf pengajar. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu:

    1. Melakukan perencanaan pelatihan staf pengajar

    2. Melakukan penyusunan rancangan pelatihan

  • REFLEKSI DIRI

    ref

    Pada topik ini, Anda diminta untuk menyusun refleksi diri mengenai salah satu metode pengajaran yang sudah pernah dilakukan. Setelah mempelajari topik ini, diharapkan Anda akan mampu:

    1. Menjelaskan pengertian refleksi diri
    2. Menjelaskan tujuan dan manfaat refleksi diri
    3. Menjelaskan proses refleksi diri
    4. Mengidentifikasi hambatan melakukan refleksi diri

    Dalam topik ini, Anda akan mempelajari:

    • Komponen kognitif, afektif, keterampilan dalam refleksi diri
    • Reflection-in-action vs Reflection-on-action
    • Pengaruh umpan balik terhadap refleksi diri 
  • PENYUSUNAN RENCANA PENGAJARAN IPE

    collabs

    Pada topik ini, Anda diminta untuk menyusun rencana pengajaran IPE (Interprofessional Education). Setelah mempelajari topik ini, diharapkan Anda akan mampu:

    1. Menjelaskan definisi IPE
    2. Menjelaskan tujuan IPE
    3. Menjelaskan prinsip-prinsip IPE
    4. Menjelaskan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam penerapan IPE
    5. Menjelaskan perbedaan antara MPE dan IPE serta memberi contoh masing-masing
  • BELAJAR DAN MENGAJAR DI BERBAGAI SETTING PEMBELAJARAN

    TL di berbagai setting

    Setelah mempelajari topik ini, diharapkan Anda akan mampu: 

    1. Menjelaskan kegiatan belajar dan mengajar di setting komunitas
    2. Menjelaskan kegiatan belajar dan mengajar di setting klinik
  • SIMULASI PERAN FASILITATOR PBL

    fasils

    Pada topik ini, Anda diminta untuk melakukan simulasi peran fasilitator pada diskusi tutorial PBL (Problem Based Learning) Setelah mempelajari topik ini, diharapkan Anda akan mampu: 

    1. Menjelaskan dan mendemonstrasikan peran fasilitator
    2. Menjelaskan dinamika kelompok
    3. Mendemonstrasikan langkah PBL Branda
  • COACHING DALAM PENDIDIKAN KEDOKTERAN

    coaching

    Setelah mempelajari topik ini, Anda diharapkan mampu:

    • Menjelaskan perbedaan teachingmentoring, dan coaching
    • Menjelaskan berbagai atribut dalam coaching
    • Menjelaskan The GROW model dalam coaching

     

  • Evaluasi Akhir

    assesment