Topic outline
Modul Evaluasi Hasil Pembelajaran 2 (Kode Mata Kuliah MD4080U217 - MOOC22021)
Selamat datang peserta Program Magister Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
Selama modul Evaluasi Hasil Pembelajaran pada semester 1, para peserta didik program magister telah memperoleh pemahaman dasar mengenai evaluasi hasil pendidikan (what, why, how, where, when and how of assessment) serta mulai mencoba melakukan latihan penerapan pengetahuan dasar tersebut pada rancangan evaluasi modul yang sebenarnya.
Selanjutnya pada semester 2 (atau tahap 2) ini Modul Evaluasi Hasil Pembelajaran akan dilanjutkan dengan berbagai teori yang lebih khusus dan mendalam serta aplikasi praktis dalam perancangan suatu sistem evaluasi hasil pendidikan/pembelajaran. Penerapan modul ini tetap mengacu pada tujuan untuk memampukan peserta didik dalam memperoleh keterampilan untuk menerapkan pengetahuan ilmu pendidikan kedokteran, khususnya terkait dengan evaluasi hasil pendidikan, yang lebih mendalam dan spesifik dalam bentuk tugas-tugas.
Modul Evaluasi Hasil Pembelajaran II ini memiliki bobot 2 SKS dan metode-metode belajar dalam modul ini meliputi antara lain pembekalan materi melalui video dan kuliah interaktif, tugas individu, diskusi kelompok dan presentasi pleno. Selain itu peserta didik akan menyelesaikan beberapa tugas yang juga merupakan bagian dari penilaian sumatif dalam modul ini. Topik yang akan dibahas dalam modul ini antara lain jenis-jenis instrumen evaluasi, pemberian umpan balik dan penetapan standar (standard setting). Bahasa pengantar yang digunakan adalah Bahasa Indonesia.
Capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK)
Peserta didik mampu mendesain suatu sistem evaluasi hasil pembelajaran secara komprehensif sesuai dengan capaian pembelajaran yang hendak dicapai dan didasarkan pada prinsip-prinsip sistem evaluasi hasil belajar yang benar.
Sub-CPMK
Pada akhir modul ini, jika diberi data simulasi, peserta didik semester 2 mampu:
- Mendesain instrumen evaluasi tertulis (written assessment) berupa MCQ, EMI dan essay, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen
- Mendesain instrumen evaluasi untuk menilai keterampilan mahasiswa (performance-based assessment) berupa OSCE, dan workplace-based assessment berupa Mini-CEX, DOPS, CBD, dll sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen
- Mendesain instrumen evaluasi untuk menilai afektif mahasiswa, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan instrumen evaluasi afektif
- Mendesain instrumen evaluasi untuk penilaian kemampuan peserta didik di tempat kerja (work-based assessment) berupa logbook dan portfolio, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen
- Mendemonstrasikan cara pemberian umpan balik sesuai prinsip yang tepat
- Memilih metode standard setting yang paling tepat sesuai instrumen evaluasi yang akan digunakan
Karakteristik peserta didik
Peserta didik adalah mereka yang telah menyelesaikan modul EHP 1
Analisis Kompetensi
Metode pengajaran
- Kuliah interaktif - Pembekalan materi
- Telaah literatur (critical appraisal) – untuk pendalaman materi
- Diskusi kelompok (small group learning) - untuk pendalaman materi dan latihan tugas
- Kerja mandiri
Pengampu modul
dr. Diantha Soemantri, MMedEd, PhD
diantha.soemantri@ui.ac.id Orientasi Mata Kuliah
Peserta didik dapat mempelajari gambaran umum Modul Evaluasi Hasil Pembelajaran 2 melalui video berikut ini:
Peserta dapat mengunduh Buku Pedoman Kerja Mahasiswa (BPKM) Modul Evaluasi Hasil Pembelajaran 2 disini.
Asesmen Tertulis (Written Assessment)
Sasaran Pembelajaran
Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Mendesain instrumen evaluasi tertulis (written assessment) berupa MCQ, EMI dan essay, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen
Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan
- Soal pilihan jamak/ Multiple choice question
- Prinsip pemuatan soal pilihan jamak
- Interpretasi hasil item analysis (analisis butir soal)
- Extended matching question/ item (EMI/EMQ)
- Prinsip pembuatan soal bentuk EMI/EMQ
- Essay question
- Prinsip pembuatan soal essay
Rujukan Minimal
- Panigua & Swygert (2016). Constructing written test questions for the basic and clinical sciences, 4th ed. Philadelphia: National Board of Medical Examiners
- Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 20-21)
Soal Pilihan Jamak / Multiple Choice Questions
Soal bentuk EMI / EMQ
Soal Essay
Asesmen Keterampilan (Performance-based assessment & Workplace-based assessment)
Sasaran Pembelajaran
Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Mendesain instrumen evaluasi untuk menilai keterampilan mahasiswa (performace-based assessment) berupa OSCE sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen
- Mendesain instrumen evaluasi berbasiskan tempat kerja (workplace-based assessment) berupa Mini-CEx, DOPS, CBD sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen
Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan
- Objective structured clinical examination (OSCE)
- Prinsip pembuatan dan pelaksanaan instrumen OSCE
- Mini Clinical Evaluation Exercide (Mini-CEx)
- Prinsip pembuatan dan pelaksanaan instrumen Mini-CEx (dan perbedaan dengan Long Case Exam)
- Direct Observation Procedural Skills (DOPS)
- Prinsip pembuatan dan pelaksanaan instrumen DOPS
- Case-based discussion (CBD)
- Prinsip pembuatan dan pelaksanaan instrumen CBD
Rujukan Minimal
- Harden RM, Lilley P & Patricio M (2016). The definitive guide to the OSCE. Edinburgh: Elsevier
- Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 22-23)
Performance-based Assessment
Workplace-based Assessment
Asesmen Afektif
Sasaran Pembelajaran
Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Mendesain instrumen evaluasi untuk menilai afektif mahasiswa, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan instrumen evaluasi afektif
Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan
- Profesionalisme
- Definisi dan konsep profesionalisme
- Pembelajaran profesionalisme
- Instrumen asesmen profesionalisme
Rujukan Minimal
- Birden et al (2013). Teaching professionalism in medical education: A Best Evidence Medical Education (BEME) systematic review. BEME Guide No. 25. Medical Teacher 35:e1252-e1266
- Hodges et al (2010). Assessment of Professionalism: Recommendations from the Ottawa 2010 Conference
- Birden et al (2014). Defining professionalism in medical education: a systematic review. Medical Teacher 36(1):47-61
Asesmen di Tempat Kerja (Workplace-based Assessment)
Sasaran Pembelajaran
Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Mendesain instrumen evaluasi untuk penilaian kemampuan peserta didik di tempat kerja (work-based assessment) berupa logbook dan portfolio, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen
Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan
- Logbook
- Prinsip pembuatan dan penggunaan logbook
- Portfolio
- Prinisp pembuatan dan penggunaan portfolio
Rujukan Minimal
- Tartwijk & Driessen (2009). Portfolios for assessment and learning: AMEE Guide no. 45. Medical Teacher 31:790-801
- Driessen (2017). Do portfolios have a future? Adv in Health Sci Educ 22:221-228
- Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 18, 22
Logbook
Portfolio
Umpan Balik (Feedback)
Sasaran Pembelajaran
Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Mendemonstrasikan cara pemberian umpan balik sesuai prinsip yang tepat
Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan
- The use of formative assessment as a feedback tool
- Definisi dan prinsip umpan balik
- Proses pemberian umpan balik
- Effective and constructive feedback
- Umpan balik efektif dan konstruktif
Rujukan Minimal
- Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 25)
Pemberian Umpan Balik Konstruktif
Standard Setting
Sasaran Pembelajaran
Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:
- Memilih metode standard setting yang paling tepat sesuai instrumen evaluasi yang akan digunakan
Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan
- Metode penetapan standar (standard setting)
- Definisi dan kegunaan standard setting
- Metode standard setting - test centred
- Metode standard setting - examinee centred
- Dasar pemilihan metode
Rujukan Minimal
- Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 24)
Standard setting
Asesmen
Evaluasi Akhir