Topic outline

  • Modul Evaluasi Hasil Pembelajaran 2 (Kode Mata Kuliah MD4080U217 - MOOC22021)

  • Asesmen Tertulis (Written Assessment)

    instrumen tertulis

    Sasaran Pembelajaran

    Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:

    •  Mendesain instrumen evaluasi tertulis (written assessment) berupa MCQ, EMI dan essay, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen

    Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan

    1. Soal pilihan jamak/ Multiple choice question
      • Prinsip pemuatan soal pilihan jamak
      • Interpretasi hasil item analysis (analisis butir soal)
    2. Extended matching question/ item (EMI/EMQ)
      • Prinsip pembuatan soal bentuk EMI/EMQ
    3. Essay question
      • Prinsip pembuatan soal essay

    Rujukan Minimal

    1. Panigua & Swygert (2016). Constructing written test questions for the basic and clinical sciences, 4th ed. Philadelphia: National Board of Medical Examiners
    2. Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 20-21)

  • Asesmen Keterampilan (Performance-based assessment & Workplace-based assessment)

    WBA

    Sasaran Pembelajaran

    Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:

    • Mendesain instrumen evaluasi untuk menilai keterampilan mahasiswa (performace-based assessment) berupa OSCE sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen
    • Mendesain instrumen evaluasi berbasiskan tempat kerja (workplace-based assessment) berupa Mini-CEx, DOPS, CBD sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen

    Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan

    1. Objective structured clinical examination (OSCE)
      • Prinsip pembuatan dan pelaksanaan instrumen OSCE
    2. Mini Clinical Evaluation Exercide (Mini-CEx)
      • Prinsip pembuatan dan pelaksanaan instrumen Mini-CEx (dan perbedaan dengan Long Case Exam)
    3. Direct Observation Procedural Skills (DOPS)
      • Prinsip pembuatan dan pelaksanaan instrumen DOPS
    4. Case-based discussion (CBD)
      • Prinsip pembuatan dan pelaksanaan instrumen CBD

    Rujukan Minimal

    1. Harden RM, Lilley P & Patricio M (2016). The definitive guide to the OSCE. Edinburgh: Elsevier
    2. Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 22-23)

  • Asesmen Afektif

    evaluasi profesionalisme

    Sasaran Pembelajaran

    Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:

    • Mendesain instrumen evaluasi untuk menilai afektif mahasiswa, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan instrumen evaluasi afektif

    Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan

    1. Profesionalisme
      • Definisi dan konsep profesionalisme
      • Pembelajaran profesionalisme
      • Instrumen asesmen profesionalisme

    Rujukan Minimal

    1. Birden et al (2013). Teaching professionalism in medical education: A Best Evidence Medical Education (BEME) systematic review. BEME Guide No. 25. Medical Teacher 35:e1252-e1266
    2. Hodges et al (2010). Assessment of Professionalism: Recommendations from the Ottawa 2010 Conference
    3. Birden et al (2014). Defining professionalism in medical education: a systematic review. Medical Teacher 36(1):47-61

  • Asesmen di Tempat Kerja (Workplace-based Assessment)

    portfolio

    Sasaran Pembelajaran

    Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:

    • Mendesain instrumen evaluasi untuk penilaian kemampuan peserta didik di tempat kerja (work-based assessment) berupa logbook dan portfolio, sesuai sasaran pembelajaran yang ditetapkan dan kaidah penyusunan masing-masing instrumen

    Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan

    1. Logbook
      • Prinsip pembuatan dan penggunaan logbook
    2. Portfolio
      • Prinisp pembuatan dan penggunaan portfolio

    Rujukan Minimal

    1. Tartwijk & Driessen (2009). Portfolios for assessment and learning: AMEE Guide no. 45. Medical Teacher 31:790-801
    2. Driessen (2017). Do portfolios have a future? Adv in Health Sci Educ 22:221-228
    3. Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 18, 22

     

  • Umpan Balik (Feedback)

    feedback

    Sasaran Pembelajaran

    Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:

    • Mendemonstrasikan cara pemberian umpan balik sesuai prinsip yang tepat  

    Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan

    1. The use of formative assessment as a feedback tool
      • Definisi dan prinsip umpan balik
      • Proses pemberian umpan balik
    2. Effective and constructive feedback
      • Umpan balik efektif dan konstruktif

    Rujukan Minimal

    1. Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 25) 
  • Standard Setting

    standard setting

    Sasaran Pembelajaran

    Pada topik ini, peserta didik diharapkan mampu:

    • Memilih metode standard setting yang paling tepat sesuai instrumen evaluasi yang akan digunakan 

    Pokok Bahasan & Sub Pokok Bahasan

    1. Metode penetapan standar (standard setting)
      • Definisi dan kegunaan standard setting
      • Metode standard setting - test centred
      • Metode standard setting - examinee centred
      • Dasar pemilihan metode

    Rujukan Minimal

    1. Swanwick, Forest & O’Brien (2019). Understanding medical education: evidence, theory and practice. Oxford: Wiley Blackwell (bab 24) 

  • Evaluasi Akhir