Topic outline
KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN
Selamat datang di mata kuliah Keanekaragaman Tumbuhan PTA 2020/2021!
Informasi Umum
Kode MK: SCBI602206 - 601757
Semester: Gasal
Jumlah SKS: 3.
Mata Kuliah ini merupakan kelanjutan dari kuliah struktur tumbuhan, yang akan mencakup pembelajaran mengenai biodiversitas tumbuhan, evolusi tumbuhan, tingkatan keragaman di dalam kelompok tumbuhan, keanekaragaman jenis tumbuhan, dan upaya-upaya konservasi tumbuhan. Adapun prasyarat untuk mengambil mata kuliah ini adalah Struktur Tumbuhan. Bahasa pengantar menggunakan Bahasa Indonesia. Metode pembelajaran menggunakan student active learning berupa diskusi kelompok, flip class learning, dan research based learning. Sesuai dengan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Departemen Biologi FMIPA UI, melalui mata kuliah ini, peserta diharapkan mampu menerapkan keilmuan biologi terutama dalam aspek konservasi dan prospeksi biodiversitas dengan mematuhi etika dan norma serta menunjukkan profesionalisme dalam bidang biologi yang bermanfaat bagi masyarakat di masa yang akan datang.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Mahasiswa mampu secara sistematis dan tepat mengaitkan keanekaragaman dengan trend evolusi tumbuhan berdasarkan prinsip-prinsip evolusi yang akan menjadi dasar pertimbangan untuk konservasi tumbuhan (C4, A4)
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar evolusi tumbuhan dan latar belakang klasifikasi tumbuhan (C2, A2)
- Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan keterkaitan antara keragaman genetik, jenis dan ekosistem pada kelompok tumbuhan sehingga memunculkan variasi pada tumbuhan (C2, A2)
- Mahasiswa mampu menentukan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok tumbuhan (C3, A3)
- Mahasiswa mampu memilih metode assessment yang sesuai untuk mengukur keanekaragaman tumbuhan (C4, A3)
- Mahasiswa mampu menelaah permasalahan yang menyangkut keanekaragaman tumbuhan sebagai dasar pertimbangan untuk konservasi tumbuhan dan bioprospeksi (C4, A4)
Kuliah 1. PENGANTAR PERKULIAHAN
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Kuliah ini tidak memiliki Sub-CPMK.
Pengalaman Belajar
Orientasi
- Mahasiswa sebelumnya membaca silabus perkuliahan, tata tertib, dan pembagian kelompok.
- Mahasiswa merespons silabus pada pertemuan synchronous.
Latihan
- Mahasiswa diberi materi pemicu terkait keanekaragaman tumbuhan.
Umpan Balik
- Dosen memberikan klarifikasi terhadap pertanyaan mahasiswa terkait peraturan kuliah.
- Dosen memberikan klarifikasi terhadap jawaban mahasiswa terkait materi pemicu.
Kuliah 2. EVOLUSI TUMBUHAN
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 1: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar evolusi tumbuhan dan latar belakang klasifikasi tumbuhan (C2, A2)
Pengalaman Belajar
Orientasi
- Mahasiswa membaca bahan yang telah disediakan oleh dosen berupa video evolusi tumbuhan, video nomenklatur, dan PPT.
- Mahasiswa membaca modul latihan/tugas yang telah disediakan.
Latihan
- Mahasiswa menjawab pertanyaan di forum diskusi online.
- Mahasiswa mengerjakan kuis.
Umpan Balik
- Dosen memberikan umpan balik di forum diskusi terhadap jawaban mahasiswa.
Selamat Belajar!
KUMPULAN MATERI
TUGAS DAN FORUM DISKUSI
- Unduh file Tugas Plant Evolution
- Diskusikan tugas tersebut dalam kelompok di Forum diskusi EMAS
- Setiap kelompok harus membuat sendiri ruang diskusi kelompok di Forum Diskusi. Buka Forum Diskusi.
- Buat ruang diskusi kelompok dengan cara klik add new discussion topic, beri judul KELOMPOK X (sesuai nama kelompok)
- Setiap anggota kelompok wajib berpartisipasi dalan diskusi. Kehadiran anda dilihat dari keaktifan selama diskusi
- Unggah hasil tugas ke Emas sesuai kelas. Format file tugas Judul Tugas_Nama Kelompok
TEMPAT PENGUMPULAN TUGAS
Kuliah 3: VARIASI DAN SPESIASI TUMBUHAN
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan keterkaitan antara keragaman genetik, jenis dan ekosistem pada kelompok tumbuhan sehingga memunculkan variasi pada tumbuhan (C2, A2)
Pengalaman Belajar
Orientasi
- Mahasiswa membaca bahan yang telah disediakan oleh dosen berupa video variasi dan spesiasi, serta PPT materi.
- Mahasiswa membaca modul latihan/tugas yang telah disediakan.
Latihan
- Mahasiswa wajib memberikan pendapat atas pertanyaan pemicu di forum diskusi online.
- Mahasiswa mengerjakan kuis.
Umpan Balik
- Dosen memberikan umpan balik di forum diskusi terhadap jawaban mahasiswa.
- Dosen memberikan umpan balik berupa penilaian afektif terhadap diskusi online.
Selamat Belajar!
KUMPULAN MATERI
TUGAS DAN FORUM DISKUSI
- pemicu diberikan dalam bentuk tayangan video
- buka link video dan simak isi video
- unduh file pertanyaan untuk tugas video
- diskusikan pertanyaan-pertanyaan tersebut dalam sebuah forum diskusi (buat ruang diskusi untuk kelompok masing-maisng)
- unggah jawaban hasil diskusi ke Emas
TEMPAT PENGUMPULAN TUGAS
KUIS
Kuliah 4: KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERSPORA (1)
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu menentukan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok tumbuhan (C3, A3)
Pengalaman Belajar
Orientasi
-
Mahasiswa membaca PPT, menonton video PPT, dan membaca materi pengayaan.
Latihan
- Mahasiswa menjawab pertanyaan pemicu dari file "Tugas Matriks Karakter Lumut" yang baru dapat diakses pada hari Selasa, 6 Oktober pkl 08.00 WIB
- Pertanyaan tersebut didiskusikan di dalam kelompok pada forum diskusi online yang dimulai hari Selasa, 6 Oktober 2020 dan akan ditutup pada hari Jumat 9 Oktober 2020 pkl 23.55 WIB. Mahasiswa saling menanggapi jawaban dari teman-teman dalam 1 kelompok. Mahasiswa wajib hadir di diskusi online untuk menjawab pertanyaan, menanggapi jawaban teman, atau bertanya kepada dosen. Kehadiran pada forum diskusi akan dicatat sebagai kehadiran di SIAK.
- Berdasarkan hasil diskusi, buatlah tabel/matriks untuk membedakan karakter 3 divisi kelompok lumut
- Matriks tersebut dikumpulkan oleh perwakilan kelompok pada "Tempat pengumpulan matriks karakter" paling lambat hari Minggu, 11 Oktober 2020 pkl 23.55 WIB
- File yang dikumpulkan berupa PDF dengan penamaan: Matriks lumut_Kelompok_Kelas
Umpan Balik
- Dosen memberikan umpan balik berupa klarifikasi di forum diskusi terhadap jawaban mahasiswa.
- Dosen memberikan umpan balik berupa penilaian afektif terhadap diskusi online.
- Dosen memberikan penilaian terhadap matriks hasil diskusi.
Selamat Belajar!
KUMPULAN MATERI
TUGAS DAN FORUM DISKUSI
TEMPAT PENGUMPULAN TUGAS
Kuliah 5: KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERSPORA (2)
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu menentukan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok tumbuhan (C3, A3
Pengalaman Belajar
Orientasi
-
Mahasiswa membaca PPT, menonton video PPT, dan membaca materi pengayaan.
Latihan
- Mahasiswa menjawab pertanyaan pemicu dari file "Tugas Matriks Karakter Pteridophyta" yang baru dapat diakses pada hari Selasa, 6 Oktober pkl 08.00 WIB
- Pertanyaan tersebut didiskusikan di dalam kelompok pada forum diskusi online yang dimulai hari Selasa, 13 Oktober 2020 dan akan ditutup pada hari Jumat 16 Oktober 2020 pkl 23.55 WIB. Mahasiswa saling menanggapi jawaban dari teman-teman dalam 1 kelompok. Mahasiswa wajib hadir di diskusi online untuk menjawab pertanyaan, menanggapi jawaban teman, atau bertanya kepada dosen. Kehadiran pada forum diskusi akan dicatat sebagai kehadiran di SIAK.
- Berdasarkan hasil diskusi, buatlah tabel/matriks untuk membedakan karakter ordo pada paku Monilophyte
- Matriks tersebut dikumpulkan oleh perwakilan kelompok pada "Tempat pengumpulan matriks karakter: Pteridophyte" paling lambat hari Minggu, 18 Oktober 2020 pkl 23.55 WIB
- File yang dikumpulkan berupa PDF dengan penamaan: Matriks Pteridophyte_Kelompok_Kelas
Umpan Balik
- Dosen memberikan umpan balik berupa klarifikasi di forum diskusi terhadap jawaban mahasiswa.
- Dosen memberikan umpan balik berupa penilaian afektif terhadap diskusi online.
- Dosen memberikan penilaian terhadap matriks hasil diskusi.
Selamat Belajar!
KUMPULAN MATERI
TUGAS DAN FORUM DISKUSI
TEMPAT PENGUMPULAN TUGAS
Kuliah 6: KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERBIJI (1)
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu menentukan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok tumbuhan (C3, A3)
Pengalaman Belajar
Orientasi
-
Mahasiswa membaca PPT, menonton video PPT, dan membaca materi pengayaan.
Latihan
- Mahasiswa menjawab pertanyaan pemicu dari file "Tugas Gimnosperma".
- Pertanyaan tersebut didiskusikan di dalam kelompok pada forum diskusi online yang dimulai hari Selasa, 20 Oktober 2020 dan akan ditutup pada hari Sabtu, 24 Oktober 2020 pkl 23.55 WIB. Mahasiswa saling menanggapi jawaban dari teman-teman dalam 1 kelompok. Mahasiswa wajib hadir di diskusi online untuk menjawab pertanyaan, menanggapi jawaban teman, atau bertanya kepada dosen. Kehadiran pada forum diskusi akan dicatat sebagai kehadiran di SIAK.
- Berdasarkan hasil diskusi, buatlah tabel/matriks untuk membedakan karakter ordo pada paku Monilophyte
- Matriks tersebut dikumpulkan oleh perwakilan kelompok pada "Tempat pengumpulan matriks karakter: Pteridophyte" paling lambat hari Minggu, 25 Oktober 2020 pkl 23.55 WIB
- File yang dikumpulkan berupa PDF dengan penamaan: Matriks Gimnosperma_Kelompok_Kelas
Umpan Balik
- Dosen memberikan umpan balik berupa klarifikasi di forum diskusi terhadap jawaban mahasiswa.
- Dosen memberikan umpan balik berupa penilaian afektif terhadap diskusi online.
- Dosen memberikan penilaian terhadap matriks hasil diskusi.
Selamat Belajar!
KUMPULAN MATERI
TUGAS DAN FORUM DISKUSI
TEMPAT PENGUMPULAN TUGAS
Kuliah 7: KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN BERBIJI (2)
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu menentukan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok tumbuhan (C3, A3)
Pengalaman Belajar
Orientasi
- Mahasiswa membaca bahan yang telah disediakan oleh dosen berupa video, PPT, dan materi pengayaan
- Mahasiswa membaca modul Latihan berupa pertanyaan pemicu yang telah disediakan di EMAS
Latihan
- Mahasiswa menjawab pertanyaan pemicu dari file "Tugas Angiosperma".
- Pertanyaan tersebut didiskusikan di dalam kelompok pada forum diskusi online yang dimulai hari Selasa, 27 Oktober 2020 dan akan ditutup pada hari Sabtu, 31 Oktober 2020 pkl 23.55 WIB. Mahasiswa saling menanggapi jawaban dari teman-teman dalam 1 kelompok. Mahasiswa wajib hadir di diskusi online untuk menjawab pertanyaan, menanggapi jawaban teman, atau bertanya kepada dosen. Kehadiran pada forum diskusi akan dicatat sebagai kehadiran di SIAK.
- Berdasarkan hasil diskusi, buatlah tabel/matriks untuk membedakan karakter ordo pada paku Monilophyte
- Matriks tersebut dikumpulkan oleh perwakilan kelompok pada "Tempat pengumpulan matriks karakter: Pteridophyte" paling lambat hari Minggu, 1 November 2020 pkl 23.55 WIB
- File yang dikumpulkan berupa WORD dengan penamaan:Angiosperma_Kelompok_Kelas
Umpan Balik
- Dosen memberikan umpan balik berupa klarifikasi di forum diskusi terhadap jawaban mahasiswa.
- Dosen memberikan umpan balik berupa penilaian afektif terhadap diskusi online.
- Dosen memberikan penilaian terhadap matriks hasil diskusi.
Selamat Belajar!
KUMPULAN MATERI
TUGAS DAN FORUM DISKUSI
TEMPAT PENGUMPULAN TUGAS
KUIS
Kuliah 8: UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 1: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dasar evolusi tumbuhan dan latar belakang klasifikasi tumbuhan (C2, A2)
- Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan keterkaitan antara keragaman genetik, jenis dan ekosistem pada kelompok tumbuhan sehingga memunculkan variasi pada tumbuhan (C2, A2)
- Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu menentukan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok tumbuhan (C3, A3)
Pengalaman Belajar
Orientasi
- Sebelum ujian dimulai H-1 mahasiswa wajib membaca file teknis ujian
Latihan
- Mahasiswa mengerjakan soal sesuai set soal, diketik dengan Ms. Word, dikumpulkan dalam bentuk PDF. Waktu pengerjaan 120 menit
Umpan Balik
- Dosen memberikan umpan balik pada file ujian
Selamat Ujian!
Kuliah 9: ASESMEN KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 4: Mahasiswa mampu memilih metode asesmen yang sesuai untuk mengukur keanekaragaman tumbuhan
Pengalaman Belajar
Orientasi
- Mahasiswa membaca PPT, menonton video PPT, dan membaca materi pengayaan.
- Mahasiswa membaca modul latihan berupa pertanyaan pemicu yang telah disediakan di EMAS
- Mahasiswa membaca artikel ilmiah sesuai dengan pembagian kelompok
- Di dalam kelompok, mahasiswa mendiskusikan di forum diskusi online tentang isi artikel ilmiah tersebut
Latihan
- Mahasiswa membahas isi artikel dengan panduan pertanyaan yang telah disusun oleh dosen
- Mahasiswa mendiskusikannya di forum diskusi EMAS
- Mahasiswa menyiapkan poster dan PPT untuk presentasi
- Mahasiswa dapat menanyakan hal-hal yang kurang jelas kepada dosen di forum diskusi
- Mahasiswa melakukan presentasi secara sinkronus dengan dosen di MS Teams selama 20 menit (presentasi dan tanya jawab). Presentasi tersebut direkam, kemudian link rekaman dimasukkan ke EMAS sehingga kelompok lain dapat ikut menyimak presentasi
- Kelompok lain wajib bertanya kepada kelompok yang presentasi di forum diskusi
Umpan Balik
- Dosen bertanya dan memberikan umpan balik terhadap presentasi
- Dosen memberikan umpan balik berupa klarifikasi di forum diskusi terhadap jawaban mahasiswa.
- Dosen memberikan umpan balik berupa penilaian afektif terhadap diskusi online.dan presentasi
Selamat Belajar!
KUMPULAN MATERI
TUGAS DAN FORUM DISKUSI
TEMPAT PENGUMPULAN TUGAS
Kuliah 10: KONSERVASI TUMBUHAN
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu menelaah permasalahan yang menyangkut keanekaragaman tumbuhan sebagai dasar pertimbangan untuk konservasi tumbuhan dan bioprospeksi (C4, A4)
Pengalaman Belajar
Orientasi
- Mahasiswa membaca bahan yang telah disediakan oleh dosen berupa video, PPT, dan materi pengayaan
- Mahasiswa membaca petunjuk pengerjaan diskusi
- Mahasiswa membaca artikel yang berisi tentang pemicu diskusi
Latihan
- Mahasiswa membahas isi artikel dan membuat poster berupa kampanye untuk konservasi tumbuhan terkait dengan video tersebut
- Mahasiswa mengumpulkan file PPT 1 jam sebelum presentasi
- Mahasiswa melakukan presentasi secara sinkronus dengan dosen di MS Teams selama 20 menit (presentasi dan tanya jawab). Presentasi tersebut direkam, kemudian link rekaman dimasukkan ke EMAS sehingga kelompok lain dapat ikut menyimak presentasi
- Kelompok lain wajib bertanya kepada kelompok yang presentasi di forum diskusi
Umpan Balik
- Dosen bertanya dan memberikan umpan balik terhadap presentasi
- Dosen memberikan umpan balik berupa klarifikasi di forum diskusi terhadap jawaban mahasiswa.
- Dosen memberikan umpan balik berupa penilaian afektif terhadap diskusi online.dan presentasi
Selamat Belajar!
KUMPULAN MATERI
TUGAS DAN FORUM DISKUSI
TEMPAT PENGUMPULAN TUGAS
Kuliah 11: UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Sub-CPMK 3: Mahasiswa mampu menentukan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok tumbuhan (C3, A3)
Pengalaman Belajar
Orientasi
- Dosen memberikan tata cara mengerjakan ujian dan cara pengumpulan jawaban ujian
Latihan
- Mahasiswa mengerjakan soal sesuai set soal, diketik dengan Ms. Word, dikumpulkan dalam bentuk PDF. Waktu pengerjaan 120 menit
Umpan Balik
- Dosen memberikan umpan balik pada file ujian
Selamat Ujian!
EVALUASI AKHIR