Topic outline
Kuliah Teori Keanekaragaman Hewan (SCBI602203)
Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah ini merupakan salah satu bagian dari mata kuliah inti Departemen Biologi FMIPA UI dengan cakupan pemelajaran mengenai biodiversitas hewan. Mahasiswa akan diberikan instruksi dalam rangka merekonstruksi pengetahuan terkait keanekaragaman hewan dan proses pembentukkannya (student-based learning). Pendekatan evolusi dan sejarah biogeografi akan menjadi dasar dalam proses terbentuknya keanekaragaman hewan sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut dalam rangka konservasi dan bioprospeksi hewan.
CPL-PRODI
Mampu memilih konsep biologi (terutama dalam aspek konservasi dan prospeksi biodiversitas) dan teknologi yang relevan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan suatu masalah (ELO-2, C5).
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, jika mahasiswa dihadapkan pada permasalahan konservasi dan prospeksi hewan, mahasiswa tahun kedua semester 3 mampu menentukan komponen yang menysusun keanekaragaman hewan dan aplikasinya untuk bidang konservasi dan prospeksi hewan (C4).
Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK)
- Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip evolusi dan sejarah biogeografi pengelompokkan hewan (C2).
- Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan mekanisme evolusi dalam pembentukkan variasi di tingkat genetik, jenis, dan ekosistem pada kelompok hewan (C2).
- Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
- Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
- Mahasiswa mampu memprediksikan keanekaragaman hewan pada skala spasial (alfa, beta, dan gamma) (C3).
- Mahasiswa mampu menerapkan prinsip dasar pengelompokkan hewan sebagai dasar pertimbangan untuk konservasi dan bioprospeksi (C3).
Tim Dosen
- Dr.rer.nat. Yasman, M.Sc.
- Drs. Wisnu Wardhana, M.Si
- Dimas Haryo Pradana, M.Si
- Andi Eko Maryanto, M.Si
Daftar Pustaka Wajib:
-
Brusca, R.C., W. Moore, dan S.M. Shuster. 2016. Invertebrates 3rd Ed. Sinauer Associates, Inc., Massachusetts: xix+1104 hlm.
-
Gilbert, S.F. 2010. Developmental Biology, 9th Ed. Sinauer Associates, Inc., Massachusetts: xxi+711 hlm.
-
Hickman, C.P., L.S. Roberts, S.L. Keen, A. Larson, dan D. J. Eisenhour. 2015. Animal Diversity 7th. Ed.. McGraw-Hill Education., New York: xiii+492 hlm.
-
Hickman, C.P., S.L. Keen, D. J. Eisenhour, A. Larson, dan H. I’Anson. 2017. Integrated Principles of Zoology 17th. Ed. McGraw-Hill Education., New York: xiii+834 hlm.
-
Kardong, K.V. 2012. Vertebrates: Comparative Anatomy, Function, Evolution, 6th Ed. McGraw-Hill, New York: xix+794 hlm.
-
Maczulak, A. 2010. Biodiversity: Conserving Endangered Species. Facts On File, Inc., New York: xv+216 hlm.
-
Minelli, A. 2003. The Development of Animal Form: Ontogeny, Morphology, and Evolution. Cambridge University Press, Cambridge: xviii+323 hlm.
-
Pechenik, J.a. 2000.Biology of the Invertebrate 4th Ed. McGraw-Hill, Boston: xv+606 hlm.
-
Whittaker, R.H. 1972. Evolution and measurement of species diversity. Taxon, 21, 213–251
-
Pendahuluan Kuliah
Course contents:
- Evolutionary and biogeography history of animal diversity.
- Evolution and Developmental Biology (EvoDevo) as a fundamental for animal classification.
- Invertebrate diversity.
- Minor phyla diversity.
- Vertebrate diversity.
- Measuring spatial animal diversity and its application for biomonitoring.
- Animal conservation and prospecting.
Evolution and Developmental Biology in Animal Diversity
Sub- CPMK 2
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan mekanisme evolusi dalam pembentukkan variasi di tingkat genetik, jenis, dan ekosistem pada kelompok hewan (C2).
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Keanekaragaman avertebrata 1: Porifera, Coelenterata, & Vermes
Sub- CPMK 3
Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
Sub- CPMK 4
Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
Keanekaragaman minor phyla
Sub- CPMK 3
Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
Sub- CPMK 4
Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
UTS 6 November 2020
Petunjuk Umum Pengerjaan
- Waktu ujian adalah 6 November 2020 pukul 13.30-15.10 (100 menit)
- Soal terdiri atas 2 bagian, yaitu Esai YAS dan Esai AEM yang sudah ada lokasi pengerjaan masing-masing di EMAS.
- Jawaban ditulis tangan di atas kertas dan kemudian dipindai dan diunggah sesuai dengan tempat pengerjaan soal.
- Jawaban merupakan hasil pemikiran sendiri bukan hasil plagiat dan atau kerja sama.
- Bentuk plagiat dan kecurangan lainnya akan mendapatkan nilai E.
Petunjuk Umum Pengerjaan
- Waktu ujian adalah 6 November 2020 pukul 13.30-15.10 (100 menit)
- Hanya untuk mengerjakan soal Esai AEM.
- Jawaban ditulis tangan di atas kertas dan kemudian dipindai dan diunggah sesuai dengan tempat pengerjaan soal.
- Jawaban merupakan hasil pemikiran sendiri bukan hasil plagiat dan atau kerja sama.
- Bentuk plagiat dan kecurangan lainnya akan mendapatkan nilai E.
Petunjuk Umum Pengerjaan
- Waktu ujian adalah 6 November 2020 pukul 13.30-15.10 (100 menit)
- Hanya untuk mengerjakan soal Esai YAS.
- Jawaban ditulis tangan di atas kertas dan kemudian dipindai dan diunggah sesuai dengan tempat pengerjaan soal.
- Jawaban merupakan hasil pemikiran sendiri bukan hasil plagiat dan atau kerja sama.
- Bentuk plagiat dan kecurangan lainnya akan mendapatkan nilai E.
Fish Diversity
Sub- CPMK 3
Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
Sub- CPMK 4
Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
Sub- CPMK 3 & 4
Video (EMAS):
Pengantar mengenai keanekaragaman vertebrata 1: Ikan
Ceramah Kuliah:
Keanekaragaman vertebrata 1: Ikan
Rujukan:
3, 4, & 5
Asinkronus:
● Flipped classroom:
1. Menonton video pengantar (10 menit) di EMAS.
2. Diskusi di forum (EMAS) mengenai contoh kasus yang diberikan (1 pekan).
3. Membuat peta konsep dari contoh kasus yang diberikan dan mengumpulkan di EMAS (1pekan)
Sinkronus:
Ceramah di kelas menjelaskan PPT dan membahas contoh kasus (3 x 50 menit)
O:
Melihat video pengantar topik kuliah dan membaca materi PPT di EMAS (30%)
L:
Dosen memberikan pertanyaan pemicu terkait topik yang sudah dijelaskan, kemudian mahasiswa berdiskusi di forum diskusi online dan mengumpulkan dalam bentuk peta konsep di EMAS (40%)
U:
Dosen memberikan umpan balik pada setiap jawaban mahasiswa di forum diskusi (30%)
Indikator Umum;
Setelah melihat video dan membaca materi PPT:
1. Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada ikan.
2. Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman ikan.
Indikator Khusus:
Setelah melakukan diskusi dan membuat peta konsep, mahasiswa mampu menjelaskan kembali perbedaan kelompok ikan yang terdiri atas kelompok chondrichthyes dan osteichthyes secara tepat dan terstruktur.
5%
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Amphibian Diversity
Sub- CPMK 3
Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
Sub- CPMK 4
Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Reptile Diversity
Sub- CPMK 3
Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
Sub- CPMK 4
Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Bird Diversity
Sub- CPMK 3
Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
Sub- CPMK 4
Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
Diversity of Non-Primate Mammals
Sub- CPMK 3
Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
Sub- CPMK 4
Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
.
Old World Monkey
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
Dikerjakan dengan tulisan tangan di kertas A4, dipindai kemudian diunggah dalam format pdf
New World Monkey
Spacial Diversity and Bioindicator
Sub- CPMK 5
Mahasiswa mampu memprediksikan keanekaragaman hewan pada skala spasial (alfa, beta, dan gamma) (C3, A3).
Biodiversity and Bioprospecting
Ujian Akhir Semester (UAS), Senin 28 Desember 2020 (Pukul 08.00-10.00)
Petunjuk Umum Pengerjaan UAS:
- Waktu UAS adalah Senin, 28 Desember 2020, pukul 08.00-10.00
- Tutup buku, tidak membuka catatan, browsing, tidak membuka slide ppt atau paper peta konsep, dan tidak bekerjasama. Jika melanggar akan diberikan nilai E.
- Waktu pengerjaan 100 menit terdiri atas soal dengan kode AEM dan DHP yang dikerjakan dengan tulisan tangan dan di kertas terpisah. Jawaban dipindai dalam format pdf dan diunggah di tempat yang sudah disediakan.
- Baca petunjuk umum pengerjaan.
- Hanya untuk mengerjakan soal Esai AEM.
- Jawaban ditulis tangan di atas kertas dan kemudian dipindai dan diunggah sesuai dengan tempat pengerjaan soal.
- Jawaban merupakan hasil pemikiran sendiri bukan hasil plagiat dan atau kerja sama.
- Bentuk plagiat dan kecurangan lainnya akan mendapatkan nilai E.
- Baca petunjuk umum pengerjaan.
- Hanya untuk mengerjakan soal Esai AEM.
- Jawaban ditulis tangan di atas kertas dan kemudian dipindai dan diunggah sesuai dengan tempat pengerjaan soal.
- Jawaban merupakan hasil pemikiran sendiri bukan hasil plagiat dan atau kerja sama.
- Bentuk plagiat dan kecurangan lainnya akan mendapatkan nilai E.
- Baca petunjuk umum pengerjaan.
- Hanya untuk mengerjakan soal Esai DHP.
- Jawaban ditulis tangan di atas kertas dan kemudian dipindai dan diunggah sesuai dengan tempat pengerjaan soal.
- Jawaban merupakan hasil pemikiran sendiri bukan hasil plagiat dan atau kerja sama.
- Bentuk plagiat dan kecurangan lainnya akan mendapatkan nilai E.
- Baca petunjuk umum pengerjaan.
- Hanya untuk mengerjakan soal Esai DHP.
- Jawaban ditulis tangan di atas kertas dan kemudian dipindai dan diunggah sesuai dengan tempat pengerjaan soal.
- Jawaban merupakan hasil pemikiran sendiri bukan hasil plagiat dan atau kerja sama.
- Bentuk plagiat dan kecurangan lainnya akan mendapatkan nilai E.
Evaluasi Akhir