Topic outline

  • Kuliah Teori Keanekaragaman Hewan (SCBI602203)

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata Kuliah ini merupakan salah satu bagian dari mata kuliah inti Departemen Biologi FMIPA UI dengan   cakupan pemelajaran mengenai biodiversitas hewan.  Mahasiswa akan diberikan instruksi dalam rangka merekonstruksi pengetahuan terkait keanekaragaman hewan dan proses pembentukkannya (student-based learning). Pendekatan evolusi dan sejarah biogeografi akan menjadi dasar dalam proses terbentuknya keanekaragaman hewan sehingga mahasiswa dapat memanfaatkan pengetahuan tersebut dalam rangka konservasi dan bioprospeksi hewan.

    CPL-PRODI

    Mampu memilih konsep biologi (terutama dalam aspek konservasi dan prospeksi biodiversitas) dan teknologi yang relevan dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan suatu masalah (ELO-2, C5).

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) 

    Setelah menyelesaikan perkuliahan ini, jika mahasiswa dihadapkan pada permasalahan konservasi dan prospeksi hewan, mahasiswa tahun kedua semester 3 mampu menentukan komponen yang menysusun keanekaragaman hewan dan aplikasinya untuk bidang konservasi dan prospeksi hewan (C4).

    Sub-Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) 

    1. Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip evolusi dan sejarah biogeografi pengelompokkan hewan (C2).
    2. Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan mekanisme evolusi dalam pembentukkan variasi di tingkat genetik, jenis,  dan ekosistem pada kelompok hewan (C2).
    3. Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).
    4. Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).
    5. Mahasiswa mampu memprediksikan keanekaragaman hewan pada skala spasial (alfa, beta, dan gamma) (C3).
    6. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip dasar pengelompokkan hewan sebagai dasar pertimbangan untuk konservasi dan bioprospeksi (C3).

    Tim Dosen 

    1. Dr.rer.nat. Yasman, M.Sc.
    2. Drs. Wisnu Wardhana, M.Si
    3. Dimas Haryo Pradana, M.Si
    4. Andi Eko Maryanto, M.Si
  • Pendahuluan Kuliah

  • Evolution and Developmental Biology in Animal Diversity

    Sub- CPMK 2

    Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan mekanisme evolusi dalam pembentukkan variasi di tingkat genetik, jenis,  dan ekosistem pada kelompok hewan (C2).

  • Keanekaragaman avertebrata 1: Porifera, Coelenterata, & Vermes

  • Keanekaragaman minor phyla

    Sub- CPMK 3

    Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).

    Sub- CPMK 4

    Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).

  • UTS 6 November 2020

  • Fish Diversity

    Sub- CPMK 3

    Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).

    Sub- CPMK 4

    Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).

    Sub- CPMK 3 & 4

    Video (EMAS):

    Pengantar mengenai keanekaragaman vertebrata 1: Ikan

     

    Ceramah Kuliah:

    Keanekaragaman vertebrata 1: Ikan

     

    Rujukan:

    3, 4, & 5

    Asinkronus:

          Flipped classroom:

    1.     Menonton video pengantar (10 menit) di EMAS.

    2.     Diskusi di forum (EMAS) mengenai contoh kasus yang diberikan (1 pekan).

    3.     Membuat peta konsep dari contoh kasus yang diberikan dan mengumpulkan di EMAS (1pekan)

    Sinkronus:

    Ceramah di kelas menjelaskan PPT dan membahas contoh kasus (3 x 50 menit)

    O:

    Melihat video pengantar topik kuliah dan membaca materi PPT di EMAS (30%)

     

    L:

    Dosen memberikan pertanyaan pemicu terkait topik yang sudah dijelaskan, kemudian mahasiswa berdiskusi di forum diskusi online dan mengumpulkan dalam bentuk peta konsep di EMAS (40%)

     

    U:

    Dosen memberikan umpan balik pada setiap jawaban mahasiswa di forum diskusi (30%)

    Indikator Umum;

    Setelah melihat video dan membaca materi PPT:

    1.     Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada ikan.

    2.     Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman ikan.

     

    Indikator Khusus:

    Setelah melakukan diskusi dan membuat peta konsep, mahasiswa mampu menjelaskan kembali perbedaan kelompok ikan yang terdiri atas kelompok  chondrichthyes dan osteichthyes secara tepat dan terstruktur.

    5%

  • Amphibian Diversity

    Sub- CPMK 3

    Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).

    Sub- CPMK 4

    Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).

  • Reptile Diversity

    Sub- CPMK 3

    Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).

    Sub- CPMK 4

    Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).

  • Bird Diversity

    Sub- CPMK 3

    Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).

    Sub- CPMK 4

    Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).

  • Diversity of Non-Primate Mammals

    Sub- CPMK 3

    Mahasiswa mampu membedakan karakter yang menjadi ciri pada setiap kelompok hewan (C4).

    Sub- CPMK 4

    Mahasiswa mampu menentukan komponen biotik dan abiotik habitat yang memengaruhi keanekaragaman hewan (C4).

    .

  • Old World Monkey

  • Spacial Diversity and Bioindicator

    Sub- CPMK 5

    Mahasiswa mampu memprediksikan keanekaragaman hewan pada skala spasial (alfa, beta, dan gamma) (C3, A3).

  • Biodiversity and Bioprospecting

  • Ujian Akhir Semester (UAS), Senin 28 Desember 2020 (Pukul 08.00-10.00)

    Petunjuk Umum Pengerjaan UAS:

    • Waktu UAS adalah Senin, 28 Desember 2020, pukul 08.00-10.00
    • Tutup buku, tidak membuka catatan, browsing, tidak membuka slide ppt atau paper peta konsep, dan tidak bekerjasama. Jika melanggar akan diberikan nilai E.
    • Waktu pengerjaan 100 menit terdiri atas soal dengan kode AEM dan DHP yang dikerjakan dengan tulisan tangan dan di kertas terpisah.  Jawaban dipindai dalam format pdf dan diunggah di tempat yang sudah disediakan.
  • Evaluasi Akhir