Topic outline
Manajemen Strategik (ECMM801021/3 SKS)
Sari Wahyuni, S.I.P., M.Sc., Ph.D.
Dr. Yasmine Nasution, S.E., M.App.Comm.
Dony Abdul Chalid
sari.wahyuni@ui.ac.id yasmine73@ui.ac.id donny.abdul@ui.ac.id Selamat datang rekan-rekan mahasiswa Universitas Indonesia!
Melalui mata kuliah/modul ini, Anda akan mempelajari penguasaan yang baik atas prinsip-prinsip dasar manajemen stratejik sangat dibutuhkan oleh pimpinan perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan memenangkan persaingan. Mata kuliah ini akan membahas berbagai perspektif dan metode analisa yang digunakan dalam pengambilan keputusan dan implementasi strategi, berawal dari penentuan tujuan perusahaan, identifikasi pengaruh lingkungan eksternal, pengembangan sumber daya internal, hingga menentukan strategi yang sesuai. Pembahasan manajemen stratejik merupakan integrasi dari berbagai fungsi manajemen (pemasaran, keuangan, operasi, teknologi, sumber daya manusia, dll) yang bertujuan agar perusahaan mendapat keunggulan kompetitif yang berkesinambungan dan menjaga keseimbangan antar berbagai kepentingan yang dihadapi perusahaan.
Setelah mengikuti mata kuliah/modul Anda akan mampu berpikir strategis menggunakan berbagai teori manajemen stratejik dan praktek terbaik dari berbagai perusahaan sehingga mampu mengidentifikasi, menganalisa dan memberikan usulan strategi bagi perusahaan untuk dapat mempertahankan keunggulan kompetitif. Anda juga akan mampu menjelaskan:
- Konsep dasar manajemen stratejik dan keunggulan kompetitif.
- Pentingnya bagi perusahaan memiliki arah dan tujuan yang jelas.
- Faktor-faktor eksternal perusahaan dan menganalisa pengaruhnya bagi perusahaan.
- Faktor sumber daya dan kapabilitas perusahaan dan menganalisa pengaruhnya bagi perusahaan.
- Alternatif strategi bisnis yang dapat diambil perusahaan sesuai tujuan, analisa faktor eksternal dan faktor internal.
- Langkah strategis perusahaan untuk menguatkan posisi kompetitif perusahaan.
- Konsep model bisnis dan pengaruhnya terhadap keunggulan kompetitif perusahaan.
- Alternatif strategi yang dapat diambil perusahaan dalam menghadapi persaingan di tingkat internasional.
- Alternatif strategi korporasi yang dapat diambil perusahaan.
- Faktor-faktor penting yang mempengaruhi keberlangsungan perusahaan seperti etika bisnis dan governance.
- Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi strategi.
- Peran budaya dan kepemimpinan dalam keberhasilan perusahaan menghadapi persaingan.
- Strategi perusahaan dalam menghadapi isu terkini.
Pengantar Manajemen Stratejik
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai pengantar manajemen stratejik selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) memahami konsep manajemen stratejik, (2) menjelaskan komponen strategi yang baik.
Sustainable Competitive Advantages
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai sustainable competitive advantages selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu memahami: (1) definisi competitive advantage, (2) bagaimana cara memperoleh competitive advantage, (3) cara mengukur competitive advantage
Porter's Five Forces
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai porter's five forces selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) definisi Analisis Porter Five Forces, (2) Porter Five Forces Model dan dimensinya (Intensitas Persaingan di Dalam Industri, Kekuatan Tawar dari Pembeli, Kekuatan Tawar dari Pemasok, Ancaman dari Pemain Baru, Ancaman dari Produk Subtitusi)
Value Chain Analysis
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai value chain analysis selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) menjelaskan konsep analisis rantai nilai, (2) menjelaskan faktor-faktor yang terkait dengan analisis rantai nilai, (3) mendiskusikan bagaimana melakukan analisis rantai nilai, (4) mejelaskan strategi yang bisa dipilih peruhaan untuk menciptakan keuanggulan kompetitifnya.
Low Cost Strategy
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai low cost strategy selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) memahami konsep low cost strategy, (2) memahami bagaimana perusahaan dapat melakukan low cost strategy.
Differentiation Strategy
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai strategi diferensiasi selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) memahami konsep differentiation strategy (2) memahami bagaimana perusahaan dapat melakukan differentiation strategy.
Horizontal Merger and Acquisition Strategies
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan horizontal merger and acquisition strategies selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) menjelaskan definisi yang terkait dengan merger dan akuisisi, (2) mendiskusikan alasan mengapa perusahaan menggunakan merger dan strategi akuisisi untuk mencapai daya saing strategis, (3) menjelaskan masalah yang menghalangi pencapaian kesuksesan saat menggunakan strategi akuisisi, (4) menjelaskan berbagai strategi merger dan akusisi.
Vertical Integration Strategies
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai strategi integrasi vertical selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu memahami dan menjelaskan: (1) pengertian strategi korporasi (Corporate Strategy), (2) pertumbuhan dan batas perusahaan, (3) perusahaan versus pasar, (4) integrasi vertikal strategis, (5) jenis integrasi vertikal, (6) Benefit and Risk dari integrasi vertikal, (7) Alternatif integrasi vertikal.
Business Model Concept
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan business model concept selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu memahami: (1) Business model concept, (2) jenis-jenis business model.
The Diamond of National Competitive Advantage
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai the diamond of national competitive advantage selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) menjelaskan pengertian Globalisasi dan Multinational Enterprise, (2) memahami Strategi global dan FDI, manfaat globalisasi, keunggulan kompetitif nasional, dan kerangka Porter’s Diamond of Competitive Advantage.
UTS -exam answer
9. Diversification Strategy
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan strategi diversifikasi selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) memahami konsep strategi diversifikasi, (2) menjelaskan jenis-jenis strategi diversifikasi, (3) menjelaskan pengaruh strategi diversifikasi terhadap kinerja.
Etika Bisnis
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai etika bisnis selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) menjelaskan definisi etika bisnis, (2) menjelaskan prinsip dasar, manfaat, dan tujuan penerapan etika bisnis, (3) menjelaskan contoh perusahaan yang menerapkan etika bisnis dengan baik.
Organization Structure
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai struktur organisasi selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) menjelaskan faktor-faktor yang harus dipertimbangkan dalam menyusun struktur organisasi, (2) menjelaskan jenis-jenis struktur organisasi.
Budaya Organisasi
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai value chain analysis selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) menjelaskan definisi budaya organisasi, (2) menjelaskan fungsi, proses internalisasi, dan elemen budaya organisasi, (3) menjelaskan darimana budaya organisasi berasal, karakteristik, tipe, dan peran budaya organisasi dalam pencapaian keunggulan kompetitif
Disruptive Innovation
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mempelajari dan mendiskusikan mengenai disruptive innovation selama 150 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) menjelaskan konsep inovasi, (2) menjelaskan konsep disruptive innovation, (3) mendiskusikan strategi terkait disruptive innovation.
Evaluasi Akhir