Halo, selamat siang,
Nama saya Naura Inaya, biasa dipanggil Naura. Saya adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi, FISIP dengan peminatan Humas. Saya mengambil mata kuliah Psikologi Media ini sebagai kelas belanja karena merasa tertarik, selain itu, pemahaman terkait psikologi media dapat menunjang ilmu saya sesuai dengan peminatan yang saya ambil yang memang berhubungan dengan media.
Selama kurang lebih 7 bulan terakhir semenjak pandemi COVID-19, saya merasakan ada banyak perubahan yang terjadi dari segi penggunaan media, mulai dari cara berkomunikasi hingga mengkonsumsi konten.
Salah satu perubahan yang signifikan terjadi dari segi intensitas penggunaan media digital sebagai alat komunikasi. Sebelumnya saya cenderung lebih senang berkomunikasi dengan teman secara tatap muka langsung (bertemu), bahkan tergolong jarang menggunakan aplikasi chat dan hanya menggunakannya di momen-momen tertentu saat tidak bisa bertemu, seperti akhir pekan. Sedangkan, kini berkirim pesan digital menjadi satu-satunya cara untuk tetap terhubung dengan teman dan kerabat.
Selain itu, saya juga merasa bahwa tingkat konsumsi konten media digital yang saya lakukan pun mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum masa Pandemi. Mulai dari lebih sering menonton konten audio-visual dari berbagai platform, hingga meningkatnya penggunaan internet dan media digital, baik untuk sekedar memperluas pengetahuan dan memperoleh informasi, ataupun menjadi sarana untuk menunjang kreativitas dan aktivitas .
Walaupun keduanya adalah hal yang juga sering saya lakukan di masa sebelum pandemi, namun dengan situasi di rumah saja yang lebih tidak 'terikat waktu', membuat alokasi waktu untuk melakukan kegiatan tersebut cenderung lebih tinggi.