Topic outline
Psikologi Media
Pengajar: Laras Sekarasih (laras.sekarasih@ui.ac.id)
Halo! Selamat datang di Mata Kuliah Psikologi Media.
Media adalah elemen yang tak terpisahkan dalam perkembangan dan tingkah laku manusia. Dalam perkembangan anak dan remaja, misalnya, media merupakan salah satu instrumen pendidikan, hiburan, maupun alat untuk menjaga koneksi dengan kerabat. Namun media juga menjadi elemen yang kerap diangkat dalam diskursus mengenai masalah dalam perkembangan anak. Dalam lingkup yang lebih luas, media sering pula disorot sebagai faktor yang dianggap signifikan dalam menjelaskan berbagai permasalahan sosial, seperti perilaku seksual berisiko, materialisme, kekerasan, pilihan politik, hingga prasangka dan konflik antarkelompok. Kompetensi yang hendak dicapai melalui Mata Kuliah (MK) Psikologi Media adalah kemampuan menganalisis gejala psikologis terkait pesan, fungsi, penggunaan, dan dampak media, baik media tradisional (e.g., televisi, suratkabar) maupun media digital (e.g., gawai), pada perilaku individu maupun kelompok.
Ketika mendapat pemicu pembelajaran, mahasiswa dapat menganalisis gejala psikologis dan kebijakan media terkait pesan, fungsi, penggunaan, dan dampak media, baik media tradisional (e.g., televisi, suratkabar) maupun media digital (e.g., gawai), pada perilaku individu maupun kelompok (C4). Mahasiswa mampu menunjukkan terjadinya gejala psikologis dan kebijakan media terkait fungsi, penggunaan, dan dampak media ini menggunakan basis teori psikologi media A4).
Secara lebih spesifik, setelah lulus dari mata kuliah ini, mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan teori-teori dan penelitian-penelitian mutakhir psikologi media dengan memberikan minimum tiga contoh (C2). Mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan maupun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai teori-teori psikologi media (A2).2. Menjelaskan proses kognitif dan emosional dasar yang terjadi dalam penggunaan media, serta perbedaman individual yang memengaruhi pemrosesan pesan media (C2). Mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan maupun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai proses kognitif dan emosional pada penggunaan media (A2).
3. Mengaitkan fenomena dan representasi sosial di media menggunakan teori-teori psikologi media (C3). Mahasiswa mampu memperjelas konsep representasi sosial di media melalui contoh-contoh (A3).
4. Menganalisis fenomena-fenomena terkait penggunaan, konten, dan representasi media (C4). Mahasiswa mampu menunjukkan basis teoretis penggunaan, konten, dan representasi media (A4).
PERKENALAN DAN PENGANTAR
Topik/Modul ini merupakan fondasi untuk memenuhi Sub-CPMK 1, yaitu: Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori dan penelitian-penelitian mutakhir psikologi media dengan memberikan minimum tiga contoh (C2). Mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan maupun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai teori-teori psikologi media (A2).
Pada topik ini, Anda akan memperoleh penjelasan mengenai silabus, peraturan mengenai cakupan dan peraturan mata kuliah. Pengajar akan memperkenalkan Anda pada pengantar dan topik-topik yang akan dibahas di Psikologi Media. Selain itu, Anda juga akan mendapat tugas untuk berkenalan dengan rekan-rekan sekelas Anda.
Berdiskusi dengan orang yang sudah kita kenal akan terasa lebih menyenangkan ketimbang berdiskusi dengan orang yang sama sekali asing. Mari perkenalkan diri Anda di sini. Setiap manusia memiliki keunikan yang pasti menarik dan membuat kita lebih mudah mengingat satu sama lain. Dalam perkenalan ini, selain menyebutkan nama, angkatan, dan asal fakultas beserta program studi (jika ada), ceritakan bagaimana pandemi COVID-19 mempengaruhi kebiasaan bermedia Anda. Kebiasaan bermedia yang Anda ceritakan harus yang berada di luar konteks PJJ. Jangan lupa sertakan foto terkini (maks 5 MB) agar kita dapat mengingat wajah satu sama lain dengan lebih mudah.
Klip yang digunakan oleh Pemerintah Amerika Serikat bekerja sama dengan studio Warner Bros untuk mempersuasi warga negara AS membeli war bonds untuk mendanai pasukan AS di Perang Dunia II.
TEORI AGENDA SETTING DAN FRAMING
Topik/Modul ini merupakan fondasi untuk memenuhi Sub-CPMK 1, yaitu: Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori dan penelitian-penelitian mutakhir psikologi media dengan memberikan minimum tiga contoh (C2). Mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan maupun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai teori-teori psikologi media (A2).
Pada topik ini, Anda akan memperoleh kuliah singkat mengenai teori Agenda-Setting dan Framing. Anda juga akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan aplikasi teori Agenda Setting dan Framing dalam media di Indonesia.
TEORI CULTIVATION DAN SOCIAL COGNITIVE
Topik/Modul ini merupakan fondasi untuk memenuhi Sub-CPMK 1, yaitu: Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori dan penelitian-penelitian mutakhir psikologi media dengan memberikan minimum tiga contoh (C2). Mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan maupun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai teori-teori psikologi media (A2).
Pada topik ini, Anda akan memperoleh kuliah singkat mengenai teori Cultivation dan Social Cognitive. Anda juga akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan aplikasi kedua teori tersebut dalam konteks penggunaan media di Indonesia.
TEORI AUDIENS
Topik/Modul ini merupakan fondasi untuk memenuhi Sub-CPMK 1, yaitu: Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori dan penelitian-penelitian mutakhir psikologi media dengan memberikan minimum tiga contoh (C2). Mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan maupun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai teori-teori psikologi media (A2).
Pada topik ini, Anda akan memperoleh kuliah singkat mengenai teori-teori Audiens. Anda juga akan diminta mencari contoh aplikasi teori-teori Audiens dalam konteks penggunaan media di Indonesia dan mengunggahnya keJamboard.
Gunakan akun berdomain UI untuk mengakses jamboard. Jangan lupa tuliskan nama dan NPM di unggahan Anda.
THIRD-PERSON PERCEPTION
Topik/Modul ini merupakan fondasi untuk memenuhi Sub-CPMK 1, yaitu: Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori dan penelitian-penelitian mutakhir psikologi media dengan memberikan minimum tiga contoh (C2). Mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan maupun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai teori-teori psikologi media (A2).
Pada topik ini, Anda akan memperoleh kuliah singkat mengenai teori Third-Person Perception. Anda juga akan melakukan praktikum untuk mewawancara mahasiswa UI mengenai persepsi mereka mengenai pengaruh media.
Akses Jamboard ini menggunakan SSO UI Anda.
Tanyakan ke minimum 3 mahasiswa UI
1.Seberapa mungkin Anda terpengaruh hoax? (1 = Sangat tidak mungkin; 7 = Sangat mungkin)2.Seberapa mungkin mahasiswa sefakultas dengan Anda terpengaruh hoax? (1 = Sangat Tidak Mungkin; 7 = Sangat Mungkin)3.Seberapa mungkin mahasiswa Fakultas lain terpengaruh hoax? (1 = Sangat Tidak Mungkin; 7 = Sangat Mungkin)4.Seberapa mungkin mahasiswa Non-UI terpengaruh hoax? (1 = Sangat Tidak Mungkin; 7 = Sangat Mungkin)5.Seberapa mungkin orang Indonesia pada umumnya terpengaruh hoax? (1 = Sangat Tidak Mungkin; 7 = Sangat Mungkin)
PEMROSESAN PESAN MEDIA DAN PERBEDAAN INDIVIDU
Topik/Modul ini merupakan fondasi untuk memenuhi Sub-CPMK 1, yaitu: Menjelaskan proses kognitif dan emosional dasar yang terjadi dalam penggunaan media, serta perbedaman individual yang memengaruhi pemrosesan pesan media (C2). Mahasiswa mampu mengajukan pertanyaan maupun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dasar mengenai proses kognitif dan emosional pada penggunaan media (A2).
Pada topik ini, Anda akan memperoleh kuliah singkat mengenai teori Agenda-Setting dan Framing. Anda juga akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk mendiskusikan aplikasi teori-teori pemrosesan pesan media dalam konteks penggunaan media di Indonesia.
UTS
Silakan unduh soal UTS di bawah ini. UTS ini bersifat open book dan harus dikerjakan secara individu. Unggah pekerjaan Anda di repositori yang telah disediakan. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi pengajar.
KEKERASAN DAN TINGKAH LAKU PROSOSIAL DALAM MEDIA
Topik/Modul ini merupakan komponen dari Sub-CPMK 3 dan 5, yaitu: Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena dan representasi sosial di media menggunakan teori-teori psikologi media (C3). Mahasiswa mampu memperjelas konsep representasi sosial di media melalui contoh-contoh (A3), dan mahasiswa mampu menganalisis fenomena-fenomena terkait penggunaan, konten, dan representasi media (C4). Mahasiswa mampu menunjukkan basis teoretis penggunaan, konten, dan representasi media (A4).
Pokok bahasan ini akan berfokus pada:
- Perdebatan apakah kekerasan dalam media berdampak terhadap tingkah laku individu
- Penggunaan media sebagai wahana edukasi tingkah laku prososial
Diskusikan dalam kelompok:
1. Apa saja tantangan penelitian topik pengaruh media terhadap tingkah laku agresif/kekerasan?
2. Apa tantangan yang dihadapi oleh penelitian mengenai pengaruh media terhadap tingkah laku agresif yang TIDAK dihadapi oleh penelitian mengenai media dan tingkah laku prososial?3. Apa contoh media (di platform apa saja) di Indonesia dengan konten prososial? Menurut Anda, apa kelebihan dan kekurangan acara/konten tersebut?
REPRESENTASI DUNIA SOSIAL DALAM MEDIA
Topik/Modul ini merupakan komponen dari Sub-CPMK 3 dan 4, yaitu: Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena dan representasi sosial di media menggunakan teori-teori psikologi media (C3). Mahasiswa mampu memperjelas konsep representasi sosial di media melalui contoh-contoh (A3), dan mahasiswa mampu menganalisis fenomena-fenomena terkait penggunaan, konten, dan representasi media (C4). Mahasiswa mampu menunjukkan basis teoretis penggunaan, konten, dan representasi media (A4).
Pokok bahasan ini akan berfokus pada:
- Pentingnya representasi dan keberagaman dalam media
- Media sebagai wahana untuk memperkuat maupun mengurangi stereotipe, prasangka, dan diskriminasi
Berikan contoh dalam media di Indonesia: satu konten media yang menurut Anda dapat memperkuat stereotipe, prasangka, atau diskriminasi terhadap suatu kelompok dan satu konten media yang dapat mengurangi stereotipe, prasangka, atau diskriminasi.
Berikan penjelasan secara detail. Berikan contoh berupa tangkapan layar, atau tautan ke video yang mengilustrasikan konten yang Anda maksud untuk masing-masing contoh.
MEDIA DAN KESEHATAN MASYARAKAT
Topik/Modul ini merupakan komponen dari Sub-CPMK 3 dan 4, yaitu: Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena dan representasi sosial di media menggunakan teori-teori psikologi media (C3). Mahasiswa mampu memperjelas konsep representasi sosial di media melalui contoh-contoh (A3), dan mahasiswa mampu menganalisis fenomena-fenomena terkait penggunaan, konten, dan representasi media (C4). Mahasiswa mampu menunjukkan basis teoretis penggunaan, konten, dan representasi media (A4).
Pokok bahasan ini akan berfokus pada penggunaan media sebagai wahana edukasi dan komunikasi risiko dan krisis.
Berikan contoh dalam media di Asia bagaimana pemerintah melakukan komunikasi risiko atau krisis pada peristiwa yang terkait dengan isu kesehatan publik. Analisislah dalam kelompok langkah-langkah yang dilakukan pemerintah. Nilailah menurut Anda apakah strategi komunikasi risiko tersebut berhasil, dan faktor-faktor psikologis apa yang membuat komunikasi risiko atau krisis tersebut berhasil.
MEDIA DIGITAL
Topik/Modul ini merupakan komponen dari Sub-CPMK 3 dan 4, yaitu: Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena dan representasi sosial di media menggunakan teori-teori psikologi media (C3). Mahasiswa mampu memperjelas konsep representasi sosial di media melalui contoh-contoh (A3), dan mahasiswa mampu menganalisis fenomena-fenomena terkait penggunaan, konten, dan representasi media (C4). Mahasiswa mampu menunjukkan basis teoretis penggunaan, konten, dan representasi media (A4).
Pokok bahasan ini akan berfokus pada: penggunaan media sosial dan potensi dampak psikologisnya, seperti privasi dan perbandingan sosial, perilaku konsumen, dan perilaku politik.
Anda dapat mengakses film dokumenter The Facebook Dilemma melalui tautan ini.
Setelah menonton film, bacalah artikel ini sebagai bahan tambahan untuk memperkaya refleksi Anda.
Silakan unggah refleksi Anda di sini. Tenggat: 7 Desember 2020 pukul 23:59 WIB.
PENGGUNAAN MEDIA DALAM KELUARGA
Topik/Modul ini merupakan komponen dari Sub-CPMK 3 dan 4, yaitu: Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena dan representasi sosial di media menggunakan teori-teori psikologi media (C3). Mahasiswa mampu memperjelas konsep representasi sosial di media melalui contoh-contoh (A3), dan mahasiswa mampu menganalisis fenomena-fenomena terkait penggunaan, konten, dan representasi media (C4). Mahasiswa mampu menunjukkan basis teoretis penggunaan, konten, dan representasi media (A4).
Pokok bahasan ini akan berfokus pada mediasi parental: definisi, pendekatan-pendekatan mediasi parental, dan efektivitasnya.
LITERASI MEDIA
Topik/Modul ini merupakan komponen dari Sub-CPMK 3 dan 4, yaitu: Mahasiswa mampu mengaitkan fenomena dan representasi sosial di media menggunakan teori-teori psikologi media (C3). Mahasiswa mampu memperjelas konsep representasi sosial di media melalui contoh-contoh (A3), dan mahasiswa mampu menganalisis fenomena-fenomena terkait penggunaan, konten, dan representasi media (C4). Mahasiswa mampu menunjukkan basis teoretis penggunaan, konten, dan representasi media (A4).
Pokok bahasan ini akan berfokus pada:
- Contoh isu terkait literasi media
- Definisi literasi media
- Tradisi penelitian-penelitian literasi media
UAS
Pada tugas kelompok setara UAS ini, Anda akan mengaplikasikan apa yang sudah Anda pelajari selama satu semester ini dalam bentuk pembuatan podcast. Baca panduan tugas dan tutorial pembuatan podcast di bawah ini sebelum mulai bekerja. Hubungi pengajar jika Anda memiliki pertanyaan.
Unggah deskripsi dan skrip podcast kelompok Anda di sini. Satu kelompok hanya perlu mengunggah satu file. Tenggat: 14 Desember 2020 pukul 23:59.
Unggah hasil akhir rekaman Anda di sini. Tenggat: 28 Desember 2020 puku; 23:59 WIB.