Topic outline
Fisika Dasar II
Dr. sc. hum. Deni Hardiansyah
denihardiansyah@ui.ac.id
Informasi Umum
Kode MK: SCPH601201
Semester: 2
Bobot SKS: 4Deskripsi Mata Kuliah
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, bila dihadapkan pada masalah fisika dasar di bidang listrik & magnet, gelombang, dan optik sederhana, mahasiswa tahun pertama semester satu mampu menerapkan prinsip dan konsep listrik & magnet, gelombang, dan optik untuk memformulasikan/merumuskan penyelesaiannya dikehidupan sehari-hari. Bahasa pengantar yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah bahasa Indonesia.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Mampu menerapkan konsep fisika klasik dan modern dalam menyelesaikan permasalahan umum fisika.
- Mampu menerapkan metode matematika untuk menyelesaikan masalah fisika secara analitis dan komputasi
- Mampu menerapkan pengetahuan Fisika di masyarakat dan kehidupan praktis, serta mengidentifikasi dan menyesuaikan diri dengan hal-hal baru.
Literatur
Wajib:
Halliday, Resnick, dan Walker, Principles of Physics 10th Edition, Wiley, 2014.
Tambahan:
- Serway Jewett, Physics for Scientists and Engineers 9th Edition, Thomson Brooks/Cole, 2014.
- Giancoli, Physics for Scientists and Engineers 7th Edition, Pearson, 2014
Topik 1: Medan dan Gaya Listrik
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 2: Hukum Gauss
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 3: Energi dan Potensial Listrik
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 4: Kapasitansi dan Dielektrik
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 5: Arus DC
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Quiz 1
Topik 6: Medan Magnet dan Gaya Magnet
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep magnet dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
UTS
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep magnet dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
UTS
Topik 8: Induktansi dan Energi Magnetik
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep magnet dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Topik 9: Rangkaian AC
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep magnet dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 10: Gelombang Mekanik
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep gelombang dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 11: Bunyi
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep gelombang dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 12: Superposisi Gelombang
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep gelombang dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 13: Gelombang Cahaya
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep optic sederhana dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Topik 14: Interferensi Cahaya
Sub CPMK
Mampu menerapkan konsep optic sederhana dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran
Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.
Pengalaman Belajar
Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.
Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronous. Untuk minggu pertama ini di tiadakan.
Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.
Video Pembelajaran
Tugas dan Ujian Akhir (UAS)