Topic outline

  • Fisika Dasar II

    Dr. sc. hum. Deni Hardiansyah

    denihardiansyah@ui.ac.id

  • Topik 1: Medan dan Gaya Listrik

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Topik 2: Hukum Gauss

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Topik 3: Energi dan Potensial Listrik

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Topik 4: Kapasitansi dan Dielektrik

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Topik 5: Arus DC

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep listrik dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Quiz 1

  • Topik 6: Medan Magnet dan Gaya Magnet

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep magnet dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • UTS

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep magnet dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Topik 8: Induktansi dan Energi Magnetik

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep magnet dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Topik 9: Rangkaian AC

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep magnet dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Topik 10: Gelombang Mekanik

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep gelombang dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

  • Topik 11: Bunyi

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep gelombang dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

     

  • Topik 12: Superposisi Gelombang

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep gelombang dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

     

  • Topik 13: Gelombang Cahaya

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep optic sederhana dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.

     

  • Topik 14: Interferensi Cahaya

    Sub CPMK

    Mampu menerapkan konsep optic sederhana dalam fenomena fisika di kehidupan sehari-hari. 

    Metode Pembelajaran

    Kuliah interaktif, question based learning, self-directed study.

    Pengalaman Belajar

    Orientasi: Mahasiswa akan diberi tugas untuk menonton video pembelajaran Dosen yang ada di Youtube dan dapat diakses melalui EMAS secara asinkronous. Waktu Senin-Rabu pagi.

    Latihan: Mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran melalui diskusi dengan dosen dan temannya secara sinkronousUntuk minggu pertama ini di tiadakan.

    Umpan Balik: Dosen dan/atau asisten dosen memberikan tanggapan/klarifikasi pada hasil diskusi dan Tanya jawab melalui mTEAMS secara sinkronous. Latihan+Umpan Balik dilaksanakan Rabu jam 08.00-09.40.