Topic outline

  • Dasar Gizi Kesehatan Masyarakat (PHS1600131/ 3SKS)

  • Pengantar Dasar Gizi Kesmas

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai metode pembelajaran selama perkuliahan Dasar Gizi Kesmas.
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Zat Gizi Makro untuk pertemuan berikutnya 
  • Zat Gizi Makro

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Zat Gizi Makro, yaitu Karbohidrat, Protein, dan Lemak. 
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 1 yaitu mampu menjelaskan fungsi, metabolisme, kekurangan dan kelebihan zat gizi makro).
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 1
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Zat Gizi Makro berikut
  • Zat Gizi Mikro

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Zat Gizi Mikro, seperti Vitamin dan Mineral.
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 2 yaitu mampu menjelaskan fungsi, metabolisme, kekurangan dan kelebihan zat gizi mikro.
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 2
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Zat Gizi Mikro berikut
  • Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan Pedoman Gizi Seimbang (PGS)

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Angka Kecukupan Gizi dan Pedoman Gizi Seimbang.
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 3 dan 4 yaitu mampu menjelaskan definisi dan komponen Angka Kecukupan Gizi pada semua kelompok umur dan konsep Gizi Seimbang serta mengaplikasikannya pada semua kelompok umur.
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 3 dan 4
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai AKG dan PGS berikut
  • Penentuan Status Gizi (PSG)

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Penilaian Status Gizi
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 5 yaitu mampu menentukan status gizi individu dan masyarakat dengan metode Penilaian Status Gizi baik langsung maupun tidak langsung.
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 5
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Penilaian Status Gizi berikut
  • 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan)

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai 1000 HPK
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 6 yaitu mampu menentukan kebutuhan gizi dan mendeteksi masalah gizi pada kelompok daur hidup ibu hamil dan menyusui
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 6
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai 1000 HPK berikut
  • KEP (Kurang Energi dan Protein)

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai KEP
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 9 yaitu mampu menganalisis masalah Kurang Energi Protein (KEP) serta penanggulangan dan pencegahannya
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 9
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai KEP berikut
  • Anemia

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Anemia
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 11 yaitu mampu menganalisis masalah Anemia serta penanggulangan dan pencegahannya
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 11
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Anemia berikut
  • GAKY (Gangguan Kurang Yodium)

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai GAKY
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 12 yaitu mampu menganalisis masalah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) serta penanggulangan dan pencegahannya
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 12
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai GAKY berikut
  • KVA (Kurang Vitamin A)

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Kurang Vitamin A (KVA)
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 10 yaitu mampu menganalisis masalah Kurang Vitamin A (KVA) serta penanggulangan dan pencegahannya
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 10
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai KVA berikut
  • Gizi Bumil, Busui, Bayi, Anak Sekolah

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai kelompok umur Bayi, Balita, dan Anak Sekolah
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 7 yaitu mampu menentukan kebutuhan gizi dan mendeteksi masalah gizi pada kelompok daur bayi, balita, dan anak sekolah
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 7
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Kebutuhan Gizi Bayi, Balita, dan Anak Sekolah berikut
  • Gizi Remaja, Dewasa dan Lansia

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai kelompok umur Remaja, Dewasa, dan Lansia
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 8 yaitu mampu menentukan kebutuhan gizi dan mendeteksi masalah gizi pada kelompok daur hidup remaja, dewasa, dan lansia
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 8
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Remaja, Dewasa, dan Lansia berikut
  • Obesitas

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Obesitas
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 13 yaitu mampu menganalisis masalah Obesitas dan Penyakit Tidak Menular (PTM) serta penanggulangan dan pencegahannya
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 13
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Obesitas berikut
  • Transisi Epidemiologi Gizi

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Transisi Epidemiologi
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 13 yaitu mampu menganalisis masalah Obesitas dan PTM serta penanggulangan dan pencegahannya
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 13
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Transisi Epidemiologi berikut
  • Perencanaan Gizi dan Surveilans Gizi

    • Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Perencanaan Gizi dan Surveilans Gizi
    • Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 14 yaitu mampu memilih dan membuat garis besar perencanaan dan evaluasi program gizi untuk menanggulangi masalah gizi kesehatan masyarat
    • Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
    • Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
    • Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 14
    • Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Perencanaan Gizi dan Surveilans Gizi berikut
  • Evaluasi Akhir