Topic outline
Dasar Gizi Kesehatan Masyarakat (PHS1600131/ 3SKS)
Triyanti
Diah Mulyawati Utari
Wahyu Kurnia Yusrin Putra
triyanti@ui.ac.id email@ui.ac.id email@ui.ac.id Mata kuliah dasar gizi kesehatan masyarakat adalah mata kuliah wajib fakultas untuk program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja. Capaian mata kuliah adalah agar mahasiswa mampu menganalisis masalah gizi kesehatan masyarakat serta menentukan penanggulangan serta dapat melakukan upaya pencegahan dan promotif. Topik-topik yang termasuk dalam mata kuliah ini adalah dasar ilmu gizi seperti zat gizi makro (karbohidrat, protein, lemak), zat gizi mikro (vitamin dan mineral), penentuan status gizi, gizi pada tiap kelompok daur hidup (bayi, balita, anak sekolah, remaja, dewasa,lansia, bumil dan buteki), masalah gizi di Indonesia baik gizi kurang maupun gizi lebih seperti Anemia, KVA, KEP, GAKI dan obesitas serta program untuk menanggulangi dan mencegah masalah gizi. Metoda yang digunakan adalah kuliah interaktif, diskusi, simulasi yang dilakukan dalam 16 kali pertemuan termasuk ujian. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia.
BEBERAPA BAHAN RUJUKAN YANG SUDAH TERSEDIA
Pengantar Dasar Gizi Kesmas
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai metode pembelajaran selama perkuliahan Dasar Gizi Kesmas.
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Zat Gizi Makro untuk pertemuan berikutnya
Zat Gizi Makro
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Zat Gizi Makro, yaitu Karbohidrat, Protein, dan Lemak.
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 1 yaitu mampu menjelaskan fungsi, metabolisme, kekurangan dan kelebihan zat gizi makro).
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 1
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Zat Gizi Makro berikut
Zat Gizi Mikro
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Zat Gizi Mikro, seperti Vitamin dan Mineral.
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 2 yaitu mampu menjelaskan fungsi, metabolisme, kekurangan dan kelebihan zat gizi mikro.
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 2
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Zat Gizi Mikro berikut
Angka Kecukupan Gizi (AKG) dan Pedoman Gizi Seimbang (PGS)
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Angka Kecukupan Gizi dan Pedoman Gizi Seimbang.
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 3 dan 4 yaitu mampu menjelaskan definisi dan komponen Angka Kecukupan Gizi pada semua kelompok umur dan konsep Gizi Seimbang serta mengaplikasikannya pada semua kelompok umur.
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 3 dan 4
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai AKG dan PGS berikut
Penentuan Status Gizi (PSG)
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Penilaian Status Gizi
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 5 yaitu mampu menentukan status gizi individu dan masyarakat dengan metode Penilaian Status Gizi baik langsung maupun tidak langsung.
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 5
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Penilaian Status Gizi berikut
1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan)
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai 1000 HPK
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 6 yaitu mampu menentukan kebutuhan gizi dan mendeteksi masalah gizi pada kelompok daur hidup ibu hamil dan menyusui
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 6
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai 1000 HPK berikut
KEP (Kurang Energi dan Protein)
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai KEP
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 9 yaitu mampu menganalisis masalah Kurang Energi Protein (KEP) serta penanggulangan dan pencegahannya
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 9
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai KEP berikut
Anemia
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Anemia
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 11 yaitu mampu menganalisis masalah Anemia serta penanggulangan dan pencegahannya
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 11
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Anemia berikut
GAKY (Gangguan Kurang Yodium)
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai GAKY
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 12 yaitu mampu menganalisis masalah Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) serta penanggulangan dan pencegahannya
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 12
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai GAKY berikut
KVA (Kurang Vitamin A)
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Kurang Vitamin A (KVA)
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 10 yaitu mampu menganalisis masalah Kurang Vitamin A (KVA) serta penanggulangan dan pencegahannya
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 10
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai KVA berikut
Gizi Bumil, Busui, Bayi, Anak Sekolah
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai kelompok umur Bayi, Balita, dan Anak Sekolah
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 7 yaitu mampu menentukan kebutuhan gizi dan mendeteksi masalah gizi pada kelompok daur bayi, balita, dan anak sekolah
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 7
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Kebutuhan Gizi Bayi, Balita, dan Anak Sekolah berikut
Gizi Remaja, Dewasa dan Lansia
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai kelompok umur Remaja, Dewasa, dan Lansia
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 8 yaitu mampu menentukan kebutuhan gizi dan mendeteksi masalah gizi pada kelompok daur hidup remaja, dewasa, dan lansia
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 8
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Remaja, Dewasa, dan Lansia berikut
Obesitas
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Obesitas
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 13 yaitu mampu menganalisis masalah Obesitas dan Penyakit Tidak Menular (PTM) serta penanggulangan dan pencegahannya
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 13
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Obesitas berikut
Transisi Epidemiologi Gizi
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Transisi Epidemiologi
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 13 yaitu mampu menganalisis masalah Obesitas dan PTM serta penanggulangan dan pencegahannya
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 13
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Transisi Epidemiologi berikut
Perencanaan Gizi dan Surveilans Gizi
- Pada topik ini, akan diberikan pengantar mengenai Perencanaan Gizi dan Surveilans Gizi
- Pada sesi ini diharapkan mahasiswa mampu mencapai Sub-CPMK 14 yaitu mampu memilih dan membuat garis besar perencanaan dan evaluasi program gizi untuk menanggulangi masalah gizi kesehatan masyarat
- Metode pembelajaran yang digunakan adalah kuliah interaktif dan diskusi online dengan estimasi waktu 150 menit.
- Moda pembelajaran yang digunakan adalah sinkronus yaitu kuliah dan asinkronus dengan belajar mandiri.
- Bahan kajian yang digunakan adalah bahan rujukan no. 14
- Mahasiswa dapat mengakses video pembelajaran mengenai Perencanaan Gizi dan Surveilans Gizi berikut
Evaluasi Akhir