Topic outline
Dasar Ilmu Gizi 1000 Hari Pertama Kehidupan (PHG1602135/2 SKS)
Prof. dr. Endang Laksminingsih Achadi, MPH, DrPH
Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH
Ir. Ahmad Syafiq, MSc, PhD
Prof. Dr. dr. Kusharisupeni, MSc
Nurul Dina Rahmawati, SGz, MSc
endang-a@ui.ac.id fikawati@ui.ac.id email@ui.ac.id peni1@ui.ac.id email@ui.ac.id Deskripsi Mata Kuliah
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan proses fisiologis, aspek pertumbuhan dan perkembangan serta faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya pada ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi. Di samping itu mahasiswa mampu menjelaskan kebutuhan gizi pada ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi yang dapat mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan yang optimal, serta cara mengukur status gizi, serta pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan standar pertumbuhan yang berlaku. Selain itu, mahasiswa dapat menjelaskan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap proses dan outcome kehamilan yang baik seperti status gizi pra-hamil dan pertambahan berat badan selama hamil. Sementara pada skenario yang membahas ibu menyusui, mahasiswa akan diajak membahas mengenai proses laktasi, manajemen laktasi dan teknik menyusui pada kondisi ibu bekerja. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Metode pembelajaran pada mata kuliah ini meliputi kuliah umum, tutorial, belajar mandiri, pleno dan ujian.
Capaian Pembelajaran
Setelah menyelesaikan modul ini, mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang sesuai dalam menganalisis masalah gizi pada ibu hamil dan menyusui, dan bayi sesuai bukti terkini (C3, A2)
Sub Capaian Pembelajaran
- Mampu menjelaskan komposisi tubuh dan perubahan fisiologis tubuh pada ibu hamil (C2,A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin (C2,A2)
- Mampu menjelaskan pentingnya status gizi ibu pra-hamil dan pola pertambahan berat badan selama hamil (C2,A2)
- Mampu menjelaskan tentang kehamilan pada remaja dan risikonya (C2,A2)
- Mampu menjelaskan konsep mengenai dampak status gizi dan kesehatan janin terhadap penyakit tidak menular dan kemampuan kognitif (C2,A2)
- Mampu menjelaskan anatomi payudara dan fisiologi laktasi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama menyusui (C2,A2)
- Mampu menjelaskan komposisi kolostrum, ASI transisi dan ASI matur (C2,A2)
- Mampu menjelaskan konsep IMD, ASI eksklusif 6 bulan, manajemen laktasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan laktasi termasuk untuk ibu bekerja (C2,A2)
- Mampu menjelaskan pengaruh status gizi dan diet ibu terhadap kualitas dan kuantitas ASI (C2,A2)
- Mampu menjelaskan pola dan tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro (KH, L, P) dan mikro (Fe, Ca, I, Zn, Vitamin A, C, D) bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan masalah - masalah gizi dan kesehatan yang umum terjadi pada bayi (C2,A2)
Daftar Rujukan
- Fikawati, S., Syafiq, A., dan Karima K. 2016. Gizi Ibu dan Bayi, Cetakan ke-3. RajaGrafindo Persada, Jakarta
- Kramer, MS. 1998. “Maternal nutrition, pregnancy outcome and public health policy”. Canadian Medical Association journal, vol. 159, pp. 663-665 (editorial) (diakses dari: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1229696/, 4 Juni 2014).
- Levy, A. et al. 2005. “Maternal anemia during pregnancy is an independent risk factor for low birthweight and preterm delivery”. European Journal of Obstetrics & Gynecology and Reproductive Biology, vol. 122, pp. 182-186 (diunduh dari: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0301211505000758,
- Muthayya, S. 2009. “Maternal nutrition & low birth weight-what is really important?”. Indian journal of Medical Research, vol. 130, pp. 600-608 (diakses dari: icmr.nic.in/ijmr/2009/november/1120.pdf, 4 Juni 2014).
- Worthington-Roberts, B. S. & S. R. Williams (editor). 2000. Nutrition throughout the Life Cycle, fourth editon. McGraw-Hill, Singapore
- Hornstra, G. Et al (editor). 2005. The Impact of Maternal Nutrition in The Offspring. Nestle Nutrition Workshop Series Pediatric Program, Vol. 55 Karger. Nestle Nutrition Institute
- Bhatia, J. et al (editor). 2013. Maternal and Child Nutrition: The First 1000 days. Nestle Nutrition Workshop Series Pediatric Program, Vol. 74. Karger. Nestle Nutrition Institute
- Symonds, M.E & M.M. Ramsay (editor). 2010. Maternal-Fetal Nutrition during Pregnancy and Lactation. Cambridge University Press, Cambridge.
- Cameron, N & B. Bogin. 2012. Human Growth dan Development, 2nd edition. Academic Press, California
- Thureen, P.J & W.W.Hay Jr (editor). 2006. Neonatal Nutrition and Metabolism. Cambridge University Press. Cambridge
- Kramer, M.S. 1987. “Determinants of low birth weight: methodological assessment & meta-analysis”. Bulletin of World Health Organization, vol. 65, no. 5, pp. 663-737 (diakses dari: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2491072/
- Newnham, J.P & M.G. Ross (editor). 2009. Early Life Origins of Human Health and Disease. Karger
- Wintour, E.M & j.A. Owens. 2006. Early Life Origins of Health and Disease. Advances in Experimental Medicine and Biology vol 573. Springer Science + Business Media
- Achadi, Endang L. Seribu Hari yang Menentukan Masa Depan Bangsa. Pidato Pengukuhan Guru Besar. Januar, Tahun 2014
- Abu-Saad, K & D. Fraser. 2010. “Maternal Nutrition and Birth Outcomes”. Epidemiologic Reviews, vol. 32, pp. 5-25 (diunduh dari: http://epirev.oxfordjournals.org/content/32/1/5.full.pdf+html)
- Achadi, E et al. 1995. “Women’s Nutritional Status, Iron Consumption and Weight during Pregnancy in Relation to Neonatal Weight and Length in West Java, Indonesia”. International Journal of Gynecology & Obstetrics. Supplemen, pp. S103-S119 (diakses dari: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/0020729295023257)
- Anderson, M. A & K. Krasovec (editor). 1991. Maternal Nutrition and Pregnancy, Anthropometric Assessment. Pan American Health Organization, Washington.
- Bersntein, I.M. et al (abstrak). 2005. “Maternal smoking and its association with birth weight”. Obstetric & Gynecology, vol. 106, no. 5, pp. 986-991 (diakses dari: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16260516)
- British Nutrition Foundation (ed). 2013. Nutrition and Development, Shortand Long Term Consequences for Health. Wiley-Blackwell. Chichester.
- Britto, R.P.Da et al. 2013. “Influence of Maternal height and Weight on Low Birth Weight: A Cross-Sectional Study in Poor Communities of Northeastern Brazil”. PloS ONE, vol. 8, no.11 e80159 (diakses dari: http://www.plosone.org/article/info%3Adoi%2F10.1371%2Fjournal.pone.0080159, 6 Juni 2014).
- Brooke, O.G. et al. 1989. “Effects on birth weight of smoking, alcohol, caffeine, sosioeconomic factors, and psychosocial stress”. British Medical Journal, vol. 298, pp. 795-801 (diakses dari: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1836053, 6 Juni 2014).
- Brown, J.E. et al. 2011. Nutrition through the life cycle, fourth edition. Wadsworth Cengage Learning. Belmont, USA.
- Elshibly, E.M & G. Schmalisch. 2008. “The Effect of Maternal Anthropometric Characteristics and Social Factors on Gestational Age and Birth Weight in Sudanese newborn infants”. BMC Public Health, vol. 8, pp. 244-250 (diakses dari: http://www.biomedcentral.com/1471-2458/8/244, 6 Juni 2014)
- Fekete, K. et al. 2012. “Effect of folate intake on health outcomes in pregnancy: a systematic review and meta-analysis on birth weight, placental weight and length of gestation”. Nutrition Journal, vol. 11, no. 1, pp. 75-82 (diunduh dari: http://www.nutritionj.com/content/pdf/1547-2891-11-75.pdf, 9 September 2014).
- Institute of Medicine and National Research Council dalam K. M. Rasmussen & A. L. Yaktine (editor). 2009. Weight Gain during Pregnancy, Reexamining The Guidelines. The National Academies Press, Washington DC.
- Institute of Medicine, Subcommittee on Nutritional Status and Weight Gain During Pregnancy, Subcommittee on Dietary Intake and Nutrient Supplements During Pregnancy, Committee on Nutritional Status During Pregnancy and Lactation, Food and Nutrition Board & national Academy of Sciences. 1990. Nutrition During Pregnancy: part 1, Weight Gain; part 2, Nutrients Supplements. National academy Press, Washington DC.
- Ritchie, L.D & J.C. King. Nutrients Recomendations and Dietary Guidelines for Pregnant Women dalam Lammi-keefe, C. J et al (editor). 2008. Handbook of Nutrition and Pregnancy. Humana Press. Totow USA.
- Barker, D. 2008. Nutrition in the Womb. The Barker Foundation.
Kuliah Umum Gizi Ibu Hamil
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Mampu menjelaskan komposisi tubuh dan perubahan fisiologis tubuh pada ibu hamil (C2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin (C2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:
- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Kuliah Umum 1000 HPK dan Kehamilan
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
Mampu menjelaskan konsep mengenai dampak status gizi dan kesehatan janin terhadap penyakit tidak menular dan kemampuan kognitif (C2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:
- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
.
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Kuliah Umum Pertambahan BB selama hamil
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Mampu menjelaskan komposisi tubuh dan perubahan fisiologis tubuh pada ibu hamil (C2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin (C2)
- Mampu menjelaskan pentingnya status gizi ibu pra-hamil dan pola pertambahan berat badan selama hamil (C2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus:kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:
- kuliah 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Tutorial skenario Gizi Ibu Hamil
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Mampu menjelaskan komposisi tubuh dan perubahan fisiologis tubuh pada ibu hamil (C2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin (C2)
- Mampu menjelaskan pentingnya status gizi ibu pra-hamil dan pola pertambahan berat badan selama hamil (C2)
- Mampu menjelaskan tentang kehamilan pada remaja dan risikonya (C2)
- Mampu menjelaskan konsep mengenai dampak status gizi dan kesehatan janin terhadap penyakit tidak menular dan kemampuan kognitif (C2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: tutorial, pleno
- asinkronus: menonton video pembelajaran, belajar mandiri
Metode pembelajaran:
- tutorial 3x120 menit
- belajar mandiri 3x60 menit
- pleno 1x240 menit
Kuliah Umum Gizi Ibu Menyusui
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Menjelaskan anatomi payudara dan fisiologi laktasi (C2)
- Menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama menyusui (C2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: kuliah umum daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran,
Metode pembelajaran:
- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Kuliah Umum Komposisi ASI
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Menjelaskan komposisi kolostrum, ASI transisi dan ASI matur (C2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: kuliah umum daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran,
Metode pembelajaran:
- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Kuliah Umum Manajemen Laktasi
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Menjelaskan konsep IMD, ASI eksklusif 6 bulan, manajemen laktasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan laktasi termasuk untuk ibu bekerja (C2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: kuliah umum daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran,
Metode pembelajaran:
- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Tutorial Gizi Ibu Menyusui
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Menjelaskan anatomi payudara dan fisiologi laktasi (C2)
- Menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama menyusui (C2)
- Menjelaskan komposisi kolostrum, ASI transisi dan ASI matur (C2)
- Menjelaskan konsep IMD, ASI eksklusif 6 bulan, manajemen laktasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan laktasi termasuk untuk ibu bekerja (C2)
- Menjelaskan pengaruh status gizi dan diet ibu terhadap kualitas dan kuantitas ASI (C2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: tutorial, pleno
- asinkronus: menonton video pembelajaran, belajar mandiri
Metode pembelajaran:
- tutorial 3x120 menit
- belajar mandiri 3x60 menit
- pleno 1x240 menit
Kuliah Umum Gizi Bayi
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro (KH, L, P) dan mikro (Fe, Ca, I, Zn, Vitamin A, C, D) bayi (C2,A2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:
- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Kuliah Umum Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Mampu menjelaskan pola dan tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi (C2,A2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:
- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Kuliah Umum Masalah Gizi & Kesehatan pada Bayi
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Mampu menjelaskan masalah - masalah gizi dan kesehatan yang umum terjadi pada bayi (C2,A2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:
- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar
- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Tutorial Gizi Bayi
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
- Mampu menjelaskan pola dan tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro (KH, L, P) dan mikro (Fe, Ca, I, Zn, Vitamin A, C, D) bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan masalah - masalah gizi dan kesehatan yang umum terjadi pada bayi (C2,A2)
Moda pembelajaran:
- sinkronus: tutorial, pleno
- asinkronus: menonton video pembelajaran, belajar mandiri
Metode pembelajaran:
- tutorial 3x120 menit
- belajar mandiri 3x60 menit
- pleno 1x240 menit
Ujian Gizi Ibu Hamil
Mekanisme ujian:
- jenis soal: pilihan ganda
- jumlah soal: 40
- waktu pengerjaan: 60 menit
Capaian pembelajaran yg diujikan:
- Mampu menjelaskan komposisi tubuh dan perubahan fisiologis tubuh pada ibu hamil (C2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin (C2)
- Mampu menjelaskan pentingnya status gizi ibu pra-hamil dan pola pertambahan berat badan selama hamil (C2)
- Mampu menjelaskan tentang kehamilan pada remaja dan risikonya (C2)
- Mampu menjelaskan konsep mengenai dampak status gizi dan kesehatan janin terhadap penyakit tidak menular dan kemampuan kognitif (C2)
Ujian Gizi Ibu Menyusui
Mekanisme ujian:
- jenis soal: pilihan ganda
- jumlah soal: 40
- waktu pengerjaan: 60 menit
Capaian pembelajaran yg diujikan:
- Menjelaskan anatomi payudara dan fisiologi laktasi (C2)
- Menjelaskan kebutuhan dan fungsi zat gizi ibu selama menyusui (C2)
- Menjelaskan komposisi kolostrum, ASI transisi dan ASI matur (C2)
- Menjelaskan konsep IMD, ASI eksklusif 6 bulan, manajemen laktasi, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan laktasi termasuk untuk ibu bekerja (C2)
- Menjelaskan pengaruh status gizi dan diet ibu terhadap kualitas dan kuantitas ASI (C2)
Ujian Gizi Bayi
Mekanisme ujian:
- jenis soal: pilihan ganda
- jumlah soal: 40
- waktu pengerjaan: 60 menit
Capaian pembelajaran yg diujikan:
- Mampu menjelaskan pola dan tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro (KH, L, P) dan mikro (Fe, Ca, I, Zn, Vitamin A, C, D) bayi (C2,A2)
- Mampu menjelaskan masalah - masalah gizi dan kesehatan yang umum terjadi pada bayi (C2,A2)
Evaluasi Akhir