Contoh Kasus II
Baca baik-baik soal di bawah ini dan jawablah semua soal dengan singkat dan jelas.
Bengkel Anugrah berdiri pada tanggal 11 Oktober 1993. Berawal dari sebuah bengkel knalpot kecil yang berada di bilangan daerah Jatiwaringin. Bengkel ini mempunyai motto “make your vehicle smiling after service“.
Profi Usaha :
Nama Perusahaan : UD Anugrah
Mulai Berdiri : 11 Oktober 1993
Alamat : Jl. Curug jaya no 43
Pada awalnya usaha ini hanya bergerak pada usaha perbaikan knalpot mobil, namun setelah berjalan selama kurang lebih 3 tahun. Pemilik bengkel ingin melakukan pengembangan usahanya dibidang sparepart dan service ac. Untuk memperoleh laba yang lebih banyak dan memperluas usahanya.
Hingga saat ini benkel tersebar di Jakarta Timur diantaranya adalah :
-
Jalan Jatiwaringin raya
-
Jalan as-syafi’iah
-
Jalan pahlawan Revolusi, pondok bambu
-
Jalan raya antilope
-
Jalan Raya Kalimalang (depan RS Harum)
-
Jalan Jatiwaringin (samping Hotel Al-Hakim)
-
Daerah Cibubur
VISI
Menjadikan bengkel UD Anugrah menjadi bengkel yang mudah dijangkau dengan harga yang terjangkau, kualitas spare part yang terbaik, dan pelayanan yang memuaskan
MISI
Memberikan pelayanan dengan kualitas sparepart terbaik untuk kendaraan anda
TUGAS / WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB
-
Pimpinan Bengkel
-
Memimpin dan mengawasi kegiatan di dalam UD Anugrah
-
Mengendalikan dan mengkoordinir kegiatan di perusahaan serta menyetujui rencana-rencana organisasi yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan di perusahaan.
-
Menerima laporan penjualan dari seluruh cabang
-
Kepala Cabang (setiap cabang)
-
Menandatangani dan menyetujui operasi dan admninistrasi yang berjalan di setiap cabang
-
Mengawasi bengkel – bengkel di setiap cabang
-
Marketing (hanya di pusat)
-
Merencanakan program strategi, promosi dan penjualan
-
Mencari tempat untuk target pasar yang baru
-
Accounting dan administrasi (setiap cabang)
-
Mencatat transaksi yang terjadi di bengkel
-
Mengalokasikan penerimaan, penyimpanan, pemakaian dan penyetoran uang.
-
Mengawasi penerimaan serta pengeluaran uang
-
Menyusun rencana anggaran bengkel
-
Menyusun laporan keuangan harian,bulanan,dan tahunan
-
Inventory (setiap cabang)
-
Mengawasi dan mencatat barang masuk dan keluar
-
Montir (setiap cabang)
-
Melakukan kegiatan bengkel sehari-hari
-
Memberikan service kepada pelanggan
SISTEM YANG BERJALAN
Prosedur dan kegiatan bisnis yang terjadi pada bengkel anugrah ini adalah sebagai berikut :
-
Pertama-tama pelanggan datang ke bengkel, kemudian berkonsultasi dengan montir apa masalah yang terjadi pada kendaraan pelanggan tersebut, kemudian montir segera memperbaikinya.
-
Jika yang dibutuhkan adalah spare part maka montir harus mengecek ke gudang apakah spare part yang dibutuhkan masih tersedia di cabang tersebut, jika tidak maka montir harus mengecek ke cabang lain via telp
-
Setelah montir selesai memperbaiki, bagian administrasi mencatat pembayaran yang terjadi, bukti pembayaran dibuat tiga rangkap warna putih untuk bengkel di cabang, warna pink untuk pelanggan, dan warna hijau untuk dilaporkan ke pemilik. Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau dengan menggunakan kartu debit atau kredit. Pimpinan Bengkel masih menggunakan sistem manual dalam melakukan pencatatan.
-
Setelah itu seluruh transaksi dicatat dalam buku jurnal
-
Jika terjadi komplain atas jasa yang telah dilakukan, UD anugrah memberikan garansi kepada pelanggannya dalam jangka waktu 6 bulan.
KEBUTUHAN FUNGSIONAL
-
Sistem aplikasi dilengkapi login dan hanyak pihak-pihak tertentu saja yang boleh mengakses sistem ini
-
Sistem dapat langsung mengeluarkan bukti cetak transaksi yang terjadi baik itu penggunaan jasa ataupun pembelian sparepart dan transaksi-transaksi tersebut secara otomatis langsung masuk ke sistem
-
Bagi Pimpinan Bengkel sistem ini dapat memantau seluruh transaksi yang terjadi di cabang maupun digudang untuk mengetahui sisa inventory yang terdapat di gudang
-
Laporan keuangan yang dibentuk dapat percabang atau konsolidasi setiap cabang dan tersaji mendekati real time.
-
Jika ada spare part yang mendekati kosong dikeluaran warning pada sistem sehingga bagian gudang dapat melakukan pemesanan langsung ke suppplier tanpa menunggu spare part benar-benar kosong
-
Sistem memiliki back-up dan restore untuk pengamanan data
-
Sistem yang dibuat user friendly
Berdasarkan kasus diatas, saudara diminta dengan menggunakan rational rose atau visio membuat diagram di bawah ini:
-
(15) Use Case Diagram.
-
(20) Sequence Diagram
-
(20) Class Diagram Detail
-
(20) Statechart Diagram- Buat statechart diagram untuk transaksi inventory di gudang
-
(15) Component Diagram
-
(10) Deployment Diagram
Buat asumsi sendiri jika diperlukan