Latihan Kasus 2 - IBU DEWI


IBU DEWI, PEREMPUAN, 34 TAHUN adalah seorang akuntan di sebuah perusahaan swasta di Jakarta. Ia memiliki seorang anak berusia 5 tahun yang ia titipkan di penitipan anak/daycare ketika dia bekerja. Saat ini ia tinggal bersama ayahnya, Kakek Husin, sambil menjalankan sebuah kos- kosan kecil yang terhubung dengan rumahnya. Ketika COVID-19 mulai mewabah, suaminya sedang dalam perjalanan bisnis di luar negeri dan hingga saat ini belum dapat pulang kembali ke Indonesia.

Meskipun anaknya dan beberapa temannya di kantor yang berbeda sudah mulai diliburkan, perusahaan tempat Ibu Dewi bekerja belum juga menerapkan kebijakan bekerja dari rumah. Walaupun sebenarnya banyak pekerjaannya yang bisa dikerjakan dari rumah dan tidak harus datang ke kantor, namun atasannya berpendapat bahwa orang Indonesia pada umumnya masih belum dapat dipercaya. Oleh karena itu, suka ataupun tidak, Ibu Dewi harus tetap pergi ke kantor, bahkan terkadang harus membawa anaknya yang berusia 5 tahun karena Kakek Husin tidak bisa setiap saat menemani cucunya. Walaupun sedikit khawatir, Ibu Dewi mendengar bahwa orang muda memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit COVID-19.

Dengan pengetahuan yang Anda miliki terkait epidemiologi dan cara penularan COVID-19, apakah yang dapat Anda jelaskan kepada Ibu Dewi?


Saat ini adalah bulan Maret minggu kedua. Teman kantor Ibu Dewi, baru saja kembali dari perjalanan bisnis ke Singapura di pertengahan Februari kemarin. Setelah kembali dari perjalanannya, temannya tersebut diberikan waktu istirahat selama 1 minggu karena temannya mengalami demam dan batuk. Setelah masuk, temannya tersebut terkadang masih terlihat sedikit batuk, namun sudah tidak demam.

Berdasarkan pengetahuan yang Anda miliki terkait perjalanan penyakit COVID-19, bagaimana penjelasan yang dapat Anda berikan terkait risiko untuk Ibu Dewi dan teman-teman kantornya? Berdasarkan definisi diagnosis terakhir, termasuk sebagai apakah teman Ibu Dewi? Digolongkan sebagai apakah Ibu Dewi? Apabila kemudian temannya tersebut dilakukan swab dan hasilnya inkonklusif, apakah diagnosis dari teman Ibu Dewi tersebut serta Ibu Dewi?