Latihan Kasus 1 - JAMES



JAMES, LAKI-LAKI, 21 TAHUN, adalah seorang mahasiswa di sebuah universitas swasta di Jakarta. James termasuk orang yang sangat peduli dengan kesehatannya sendiri. Ia selalu rutin berolahraga, makan makanan bergizi seimbang, tidak merokok, dan tidak memiliki riwayat penyakit sebelumnya. Saat ini James tinggal di sebuah kos-kosan kecil milik Ibu Dewi di dekat kampusnya. Sejak terdengar kabar bahwa terjadi wabah virus baru di daerah Asia, James selalu waspada dan mulai mengenakan masker kemanapun dia pergi.


Sejak mendengar kabar bahwa virus SARS-CoV-2 sudah masuk ke Indonesia, James menjadi sangat khawatir karena mendengar bahwa virus ini menular melalui droplet. Ia mulai menjaga jarak 2 meter dari semua orang dan apabila harus naik kendaraan umum, ia akan mengenakan jas hujan supaya tidak ada droplet yang mengenai bajunya. Ia sangat menghindari sentuhan dengan benda apapun selama di luar rumah, dan jika harus menyentuh sesuatu, ia akan menggunakan tisu atau bahkan sarung tangan medis untuk memegangnya. Ia juga punya kebiasaan membersihkan ponsel pintar dan semua gawainya dengan alcohol swab sejak sebelum wabah COVID-1. Setiap ada kiriman barang/paket yang datang, James akan menggunakan sarung tangan medis dan langsung mengelap semua paket yang datang dengan alcohol swab.

Dengan pemahaman yang Anda miliki terkait biologi virus dan transmisinya, apakah yang dapat Anda jelaskan kepada James?


Saat ini bulan Maret minggu pertama, James mulai merasakan gejala batuk-batuk kering dan sedikit pilek. Sepengetahuan James, ia tidak memiliki riwayat kontak dengan orang yang baru bepergian ke luar negeri. James kemudian menelepon nomor telepon layanan untuk COVID-19 dan meminta untuk dilakukan swab.

Berdasarkan alur pelayanan yang ada saat ini, apakah menurut Anda perlu dilakukan swab nasofaring kepada James? Menurut Anda apakah diagnosis James saat ini?