Topic outline
Bunyi dan Pelafalan Bahasa Inggris (HMEN610027/3 SKS)
Tim Pengajar:
MARTI FAUZIAH ARIASTUTI
LUCIA LUSI ANI HANDAYANI
HARWINTHA Y. ANJARNINGSIH
marti.fauziah@ui.ac.id email@ui.ac.id email@ui.ac.id Selamat datang rekan-rekan mahasiswa Universitas Indonesia.
Mata kuliah ini dirancang untuk membahas variasi pelafalan bahasa Inggris, dasar-dasar fonetik artikulatoris dan proses produksi bunyi-bunyi bahasa Inggris, klasifikasi dan transkripsi bunyi-bunyi bahasa Inggris, penerapan teknik dan prosedur analisis fonologis terhadap data, pembahasan kaidah-kaidah fonologis yang dihasilkan, serta pelbagai dialek dan aksen bahasa Inggris dalam konteks global. Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan alat ucap yang digunakan dalam memproduksi bunyi bahasa, menjelaskan proses produksi bunyi bahasa Inggris, mengklasifikasikan bunyi ujaran, dan mentranskripsikannya dengan tepat sesuai dengan kaidah fonetik bahasa Inggris. Mahasiswa juga mampu mengidentifikasi pola dan kaidah bunyi ujaran, melafalkan ujaran sesuai dengan pola dan kaidah fonologi bahasa Inggris, serta menjelaskan dan melafalkan pelbagai dialek dan aksen bahasa Inggris dalam konteks global. Mata kuliah ini menerapkan aktivitas belajar seperti cooperative learning, diskusi kelompok, e-learning, dan discovery learning. Bahasa pengantar yang digunakan dalam kuliah ini adalah bahasa Inggris.
Setelah mengikuti mata kuliah/modul ini, Anda akan mampu (sub-CPMK):
- memiliki pemahaman mendalam mengenai variasi pelafalan bahasa Inggris, dasar-dasar fonetik artikulatoris dan proses produksi bunyi bahasa Inggris.
- membedakan bunyi-bunyi bahasa Inggris, melafalkan, mengklasifikasikan dan mentranskripsikannya.
- nyang membedakan makna dan melafalkan bunyi-bunyi kata dan kalimat bahasa Inggris secara akurat sesuai dengan prinsip-prinsip fonetik dan fonologi yang dipelajari.
- menggunakan pengetahuan ini untuk mengidentifikasi ragam pelafalan bahasa Inggris dalam teks otentik, serta aspek-aspek budaya dan linguistik yang menciptakan keragaman tersebut.
- merencanakan solusi untuk masalah-masalah atau kesulitan-kesulitan pelafalan Bahasa Inggris oleh orang Indonesia.
Week 1: Introduction
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mendengarkan presentasi PowerPoint dan menonton video secara [sinkronus], menjawab pertanyaan mengenai topik yang dibicarakan dalam presentasi /video serta mengerjakan latihan tertulis [asinkronus]. Umpan balik akan diberikan oleh dosen secara sinkronus.
Estimasi waktu: 150 menit.
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu memahami variasi pelafalan bahasa Inggris, dasar-dasar fonetik artikulatoris dan proses produksi bunyi bahasa Inggris (sub-CPMK 1).
Watch the video on the history of English Language. Share your opinion in this forum about the interesting facts you learn from the lecture. Do more research on the Great Vowel Shift mentioned in the lecture and share more information about the shift and its impact on the English language.
https://drive.google.com/file/d/15R-zVVZ4WYq1Dytwit5tDRMo7UrdM-8D/view?usp=sharing
Do the written exercises on pages 6-7. We will discuss the answers on September 22nd via Google Meet.
Week 2: Variety of English Language
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mendengarkan presentasi PowerPoint dan menonton video secara [sinkronus], menjawab pertanyaan mengenai topik yang dibicarakan dalam presentasi /video serta mengerjakan latihan tertulis [asinkronus]. Umpan balik akan diberikan oleh dosen secara sinkronus.
Estimasi waktu: 150 menit.
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu memahami variasi pelafalan bahasa Inggris, dasar-dasar fonetik artikulatoris dan proses produksi bunyi bahasa Inggris (sub-CPMK 1).
Watch the video about the variety of the English language. In the video, you will hear some examples of the different accents of English. Try to identify them.
How many varieties of English do you know? Explain.
Week 3: The Production of Sound Speech
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mendengarkan presentasi PPT/menonton video [sinkronus], berlatih memproduksi bunyi bahasa Inggris [sinkronus] dan mengerjakan latihan tertulis mengenai topik bahasan [asinkronus]. Umpan balik akan dilakukan oleh dosen secara sinkronus dan asinkronus.
Estimasi waktu: 150 menit
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu memahami variasi pelafalan bahasa Inggris, dasar-dasar fonetik artikulatoris dan proses produksi bunyi bahasa Inggris.
Watch the video about the production of speech sounds. In the video, the speaker will ask you to produce some sounds and pronounce some words. Follow the speaker's instructions.
Pronunciation Practice:
Go to pages 169-170, do the simple pronunciation exercises on English word stress by clicking the link to the audio below.
Audio Unit 1: Track 01.wma
- Do the written exercises on page 15.
- Read Chapter 3 before our online meeting on September 29th.
Week 4: English Vowel 1
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mendengarkan presentasi PowerPoint/ menonton video presentasi, berlatih menyimak dan melafalkan bunyi vokal bahasa Inggris [sinkronus/asinkronus], dan mengerjakan latihan tertulis megenai topik bahasan [asinkronus]. Pemberian umpan balik oleh dosen dilakukan secara sinkronus dan asinkronus.
Estimasi waktu: 150 menit
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu membedakan bunyi-bunyi bahasa Inggris, melafalkan, mengklasifikasikan dan mentraskripsikannya (sub-CPMK 2).
In this video you will learn about the production of English vowel sounds.
- Pronunciation Practice: English Short Vowels
Go to pages 170-171 of the textbook. Click on the audio link below and practice pronouncing the English short vowels.
Audio Unit 2: Track 02.wma
Do the written exercises on pages 20-21. We will discuss the answers in our online meeting on Tuesday, October 6th.
Week 5: English Vowel 2
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk mendengarkan presentasi PowerPoint/ menonton video presentasi, berlatih menyimak dan melafalkan bunyi vokal bahasa Inggris [sinkronus/asinkronus], dan mengerjakan latihan tertulis megenai topik bahasan [asinkronus]. Pemberian umpan balik oleh dosen dilakukan secara sinkronus dan asinkronus.
Estimasi waktu: 150 menit
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu membedakan bunyi-bunyi bahasa Inggris, melafalkan, mengklasifikasikan dan mentraskripsikannya (sub-CPMK 2).
In this video you will learn about the production of English vowel sounds, how they are classified and transcribed.
- Pronunciation Practice: English Long Vowels, Diphthongs and Triphthongs
Go to pages 171-173 of the textbook. Click on the audio link below and practice pronouncing the English long vowels, diphthongs and triphthongs.
Audio Unit 3: Track 3.wma
Week 6: Consonant 1
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video presentasi mengenai bunyi konsonan bahasa Inggris [sinkronus], berlatih menyimak dan melafalkan bunyi konsonan bahasa Inggris [sinkronus/asinkronus], dan mengerjakan latihan tertulis mengenai topik bahasan [asinkronus]. Umpan balik diberikan oleh dosen secara sinkronus dan asinkronus.
Estimasi waktu: 150 menit
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu membedakan bunyi-bunyi bahasa Inggris, melafalkan, mengklasifikasikan dan mentraskripsikannya (sub-CPMK 2).
Pronunciation Practice: Plosives
Go to pages 173-175 of the text. Click the audio link below and practice pronouncing the English plosives.
Audio Unit 4: Track 04.wma
Week 7: English Consonant 2
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video presentasi mengenai bunyi konsonan bahasa Inggris [sinkronus], berlatih menyimak dan melafalkan bunyi konsonan bahasa Inggris [sinkronus/asinkronus], mengerjakan latihan tertulis mengenai topik bahasan [asinkronus] serta mengerjakan KUIS mengenai bunyi vokal dan konsonan bahasa Inggris. Umpan balik diberikan oleh dosen secara sinkronus dan asinkronus.
Estimasi waktu: 150 menit
Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu membedakan bunyi-bunyi bahasa Inggris, melafalkan, mengklasifikasikan dan mentraskripsikannya (sub-CPMK 2).
- Pronunciation Practice: Fricatives and Affricates
Go to pages 177-179 of the textbook. Click on the link to Audio Unit 6 and practice pronouncing the English fricatives and affricates.
Audio Unit 6:
- Pronunciation Practice: Nasals, Lateral Approximant, Approximants
Go to pages 179-181 of the textbook. Click on the link to Audio Unit 7 and practice pronouncing the English nasals, lateral approximant, and approximants.
Audio Unit 7: Track 07.wma
- Listen to the pronunciation of some words from the Audio provided and transcribe the words using the Phonetic Symbols (use the suggested tool).
- Use the Answer Sheet to type your answers. You must DOWNLOAD the answer sheet before you listen to the recordings.
- Submit your answer HERE before 11 A.M. today, October 13th. Your ARE NOT ALLOWED to collaborate with your friends.
Week 8: MID TERM TEST
Week 9: Syllable 1
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video pemaparan, membaca materi dan mengerjakan latihan selama 120 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) memahami konsep silabe dan hubungan antara fonologi dan morfologi; (2) mengidentifikasi silabe pada kata-kata; (3) mampu mendemonstrasikan pelafalan silabe kuat dan lemah pada kata-kata; dan (4) memberikan contoh-contohnya.
Week 10: Syllable 2
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video pemaparan, membaca materi dan mengerjakan latihan selama 120 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) memahami konsep silabe dan hubungan antara fonologi dan morfologi; (2) mengidentifikasi silabe pada kata-kata; (3) mampu mendemonstrasikan pelafalan silabe kuat dan lemah pada kata-kata; dan (4) memberikan contoh-contohnya.
- Watch the following videos from youtube about more on syllables and parts of a syllable (phonotactics).
a. The Anatomy of a Syllable | Natural English Pronunciation
https://www.youtube.com/watch?v=xcycqvJ7vw8
b. Onset Consonant Clusters by Natural English Spelling
c. Syllabic Consonants
d. Syllable Structure by Dr. Nimer Abusalim
https://www.youtube.com/watch?v=JPPhYnqhjxc
e. Maximal Onset Principle & English Phonotactics by D. Nimer Abusalim
https://www.youtube.com/watch?v=MfH0Ojlom_E
f. Syllable Structure in English
2. Reread your units from last week if possible.
3. Do the following exercise in groups of three. One group submit one work. Due date Friday, 6 November 2020, at 23.59.
Week 11: Stress, Tone and Intonation 1
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video pemaparan, membaca materi dan mengerjakan latihan selama 120 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) mampu memahami konsep dan hubungan stress, tone dan intonation, (2) mengidentifikasi stress pada kata-kata baik kata-kata tunggal, majemuk maupun kompleks; dan (3) mampu mendemonstrasikan pengucapan kata/kalimat dengan stress dan intonasi yang benar
Week 12: Stress, Tone and Intonation 2
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video pemaparan, membaca materi dan mengerjakan latihan selama 120 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: (1) mampu memahami konsep dan hubungan stress, tone dan intonation, (2) mengidentifikasi stress pada kata-kata baik kata-kata tunggal, majemuk maupun kompleks; dan (3) mampu mendemonstrasikan pengucapan kata/kalimat dengan stress dan intonasi yang benar
Read aloud the tongue twisters below. Then, record your reading of tongue twisters in MP3 or wav format. No need to read the number of each turn. Submission format is: tonguetwisters2020_your name.
1.
Peter Piper picked a peck of pickled peppers.
2.
Four furious friends fought for the phone.
3.
Six sick hicks nick six slick bricks with picks and sticks.
4.
How much wood would a woodchuck chuck if a woodchuck could chuck wood?
5.
What noise annoys an oyster most? A noisy noise annoys an oyster most.
6.
If you notice this notice, you will notice that this notice is not worth noticing.
7.
When you write a copy you have the right to copyright the copy you write.
8.
We need a plan to fan a pan; find a pan to fan, then find a fan to fan the pan, then fan the pan.
9.
I wish to wish the wish you wish to wish, but if you wish the wish the witch wishes, I won't wish the wish you wish to wish.
10.
She sells sea shells on the seashore. The seashells she sells are seashells she is sure.
11.
The big black bug bit the big black bear, but the big black bear bit the big black bug back!
12.
I thought a thought. But the thought I thought wasn't the thought I thought I thought.
Week 13: Connected Speech 1
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video pemaparan, membaca materi dan melakukan latihan selama 120 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: memahami konsep connected speech, mengidentifikasi jenis-jenis proses connected speech dan memahami kondisi-kondisi/faktor-faktor penyebab terjadinya proses connected speech.
Week 14: Connected Speech 2
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video pemaparan, membaca materi dan melakukan latihan selama 120 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: memahami konsep connected speech, mengidentifikasi jenis-jenis proses connected speech dan memahami kondisi-kondisi/faktor-faktor penyebab terjadinya proses connected speech.
Do the assigntments in groups of 3 or 4.
Week 15: Phoneme
Pada topik/modul ini, Anda diminta untuk menonton video, membaca materi bacaan dan melakukan latihan selama 120 menit. Setelah mempelajari topik ini, Anda akan mampu: memahami konsep fonem dan mengaplikasikan konsep fonem ke ujaran-ujaran bahasa Inggris yang diproduksi oleh orang Indonesia.
Week 16: FINAL TEST
UJIAN AKHIR SEMESTER
Evaluasi Akhir