Topic outline

  • Nama Mata Teknologi Informasi (VOWV500002/2 SKS)

    Selamat datang di e-learning Teknologi Informasi

    Oleh : Heri Yuliyanto (h.yulianto@ui.ac.id)

    Deskripsi Mata Kuliah

    Mata-ajar ini mengajarkan mahasiswa bekerja secara efektif dan efisien untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan menggunakan alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Setelah mempelajari toeri dan konsep mahasiwa harus mempraktikkan di laboratorium dengan menggunakan aplikasi yang tersedia. Bahasa yang digunakan dalam pembelajaran adalah Bahasa Indonesia. Proses pembelajaran dilaksanakan berpusat pada mahasiwa dengan menggunakan flipped class system dan case based learning. Setelah menyelesaikan mata-ajar ini, mahasiswa diharapkan dapat berfikir secara kritis dan menggunakan TIK untuk  membantu menyelesaikan tugas mereka selama mahasiswa dan di dunia kerja ketika mereka bekerja nanti

    Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK):  

    Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, apabila diberikan studi kasus dan tugas kuliah, mahasiswa dapat menggunakan alat bantu aplikasi berbasis TIK untuk menyelesaikan kasus dan tugas tersebut dengan benar (C3).

  • 1. Pengantar Teknologi Informasi: Learning Management System

    Pada sesi ini akan dijelaskan secara singkat peranan teknologi informasi dalam membantu menyelesaikan permasalahan dengan lebih efektif dan efisien. Sebelum sesi kelas dimulai mahasiwa diberikan materi peranan teknologi informasi dalam bentuk video pembelajaran dengan judul "EMAS UI sebagai Media Pembelajaran Aktif Berpusat Mahasiswa. Peserta didik dilkenalkan beberapa aktifitas pembelajaran di EMAS UI dan disuruh mempraktekkan aktivitas-aktivitass tersebut, seperti : aktivitas fourm, chat, assignment dan quiz. Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu menjelaskan peranan ICT sebagai aplikasi otomatisasi.

  • 2. Penyimpanan Berbasis Awan: GDrive

    Sesi ini merupakan penerapan meteri-materi yang sudah pernah diajarkan pada sesi-sesi sebelumnya. Diawali dengan mengakeses video pembelajaran bekerja kelompok, mahasiswa harus bisa menyeleaikan tugas secara kelompok dengan menggunakan aplikasi pengolah kata dan berbasis awan (cloud). Dipilh beberapa kelompok sebagai perwakilan untuk mempresentasikan hasilnya. Kelom[ok yang sudah melakukan presentasi pada sesi ini tidak punya kewajiban melakukan presentsi pada sesi 15.

  • 3. Perancangan Struktur Dokumen Karya Ilmiah

    Pada sesi ini mahasiswa mengakeses video pembelajaran persiapan penulisan tugas karya akhir berdurasi sekitar 10 menit. Setelah mengakses video peserta didik mengakses file SK Rektor No 2143/R/UI/2017 dan dilajutkan dengan forum diskusi untuk membuat presentai inti dari sk rektor tersebut. Setelah mempelajari topik ini mahasiwa diharapakan dapat mejelaskan persiapan penulisan tugas karya akhir dan inti dari SK Rektor tersebut. 

  • 4. Pengaturan Halaman Dokumen Karya Ilmiah

    Untuk mempelajari sesi ini, mahasiswa sudah bisa menjelakan persiapan apa yang harus dilakukan dalam membuat tugas karya akhir dan ketentuan-ketentuanyang ada dalam SK Rektor No 2143/R/UI/2017. Sesi ini diawali dengan mahasiswa mengakses video pembelajaran tentang struktur Tugas Karya Akhir dengan menggunakan fitur Heading dari aplikasi pengolah kata MS Word. Setelah menyaksikan video, mahasiswa mengerjakan latihan untuk merancang layout dan format penulisan karya akhir dengan memperhatikan ketentuan yang ada dalam SK rektor no 2143. Setelah mengikuti sesi ini mahasiwa mampu menrancang format tugas akhir sesuai dengan ketentuan/standar yang digunakan.

     

  • 5. Sistem Pemberian Nomor Objek Dokumen Ilmiah

    Masih ada beberapa penulis membuat caption yang dilkukan konvensional (manual) yaitu dengan mengetik dengan tulisan normal di bawah gambar, tabel, grafik atau carta yang telah dibuat. Aplikasi pengolah kata (MS Word) memberikan fitur yan dikenal dengan caption. Fungsi Caption tersebuta adalah untuk menambahkan keterangan pada sebuah gambar, tabel, grafik ataupun carta yang disajikan oleh penulis sehingga pembaca dapat memahami informasi singkat yang ada pada gambar, tabel, grafik atau carta tersebut. 

    Pada sesi ini mahasiswa akan mengakses video pembelajaran penggunaan Caption dalam menyelesiakan tugas karya akhir. Setelah mengakses video, mahasiwa harus mengerjakan latihan penggunaan Caption yang sudah dijelaskan dalam video terhadap kasus (artkel) pada latihan sesi sebelumnya. Setelah mengikuti sesi ini mahasiwa mampu menggunakan fitur Caption dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dengan tepat.

  • 6. Pengelolaan Daftar Pustaka Karya Imiah

    Mahasiswa menyaksikan Video tentang pengelolaan daftar pustaka (referensi) yang berdurasi sekita 10 menit dan dilanjutkan dengan diskusi sekitar 50 menit. Sesi terakhir, sekitar 170 menit  peserta akan menyelesaikan studi kasus sederhana tentang pengelolaan referesni/pustaka dengan menggunkan aplikasi mendeley atau fitur yang ada di aplikasi pengolah kata. Setelah menyelesaikan sesi ini mahasiwa mampu mengoperasikan piranti lunak pengelolaan referensi/pustaka.

  • 7. Aplikasi Berbasis Claud: GSlide dan GDoc

    Mahasiswa menyaksikan video bekerja secara interaktif yang melibatkan beberapa orang dengan lokasi yang berbeda-beda. Setelah menyaksikan video mahasiswa mempraktikan dengan membentuk group/kelompok untuk bekerja secara kolaborasi dan interaktif. Setelah mengikuti sesi ini mahasiswa bisa menjelaskan manfaat Gsuite dan mempraktikkan pemanfaatan Gdrive untuk bekerja kelompok secara interaktif. 

  • 8. Pekan Ujian Tengah Semester

    Ujian Tengah Semester merupakan evaluasi tes Sumatif dengan bahan/materi sesi-sesi sebelumnya. Test sumatif dilakuan dengan menggunakan dua model, yaitu pilihaan ganda dan tugas proyek pembuatan artikel ilmiah.

    • 9. Fungsi Dasar Excel

      Sesi ini merupakan penerapan meteri-materi yang sudah pernah diajarkan pada sesi 9 - sesi-15. Diawali dengan mengakeses video pembelajaran bekerja kelompok, mahasiswa harus bisa menyeleaikan tugas secara kelompok dengan menggunakan aplikasi pengolah angka  dan berbasis awan (cloud). Dipilh beberapa kelompok yang belum bertugas pada pertemuan ke 7 sebagai perwakilan untuk mempresentasikan hasilnya. .

       

    • 10. Fungsi Teks dan Referensi Sel

      Sesi ini diawali dengan pengenalan fungsi teks dan referensi sel dalam format video yang berdurasi sekitar 10 menit. Mahasiswa mengakses video pembelajaran tersebut, kemudian dilanjutkan dengan proses diskusi yang dipicu melalui pemberian kasus-kasus sederhana untuk diselesaikan. Untuk menghindari kejenuhan diselingi pop kuis dengan menggunakan mentimeter,com. Setelah selesai sesi ini, mahasiswa bisa menggunakan beberapa fungsi referensi sel dan fungsi teks dengan tepat

    • 11. Fungsi IF

      Fungsi IF masuk dalam kategori fungsi logical. Fungsi ini memungkinkan melakukan perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji kondisi dan mengembalikan hasil jika True atau False. Meskipun kelihatan sederhana, fungsi ini sering digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus dalam dunia nyata. Dalam sesi ini, mahasiswa akan mengakses video pembelajaran tentang fungsi logika IF, dilanjutkan dengan latihan kasus sederhana yang harus diselesaikan dengan menggunakan fungsi if dan fungsi-fungsi lainnya yang sudah dipelajari sebelumnya.

    • 12. Fungsi VlookUp dan HLookUp

      Pada sisi ini peserta didik mempelajari penggunaan fungsi VLookUp dan HLookUP. Peserta didik diminta untuk mendengarkan video pembelajaran Fungsi VLookUp dan HLookUp sekitar 10 menit dan beberapa referensi lainnya untuk menyelesaikan latihan atau studi kasus yang diberikan oleh pengajar, Sekain itu peserta didik dapat nengguanakan forum diksusi untuk memahmai lebih detail tentang fungsi tersebut. Setelah mempelajari topik VLookUp dan HLookUp peserta didik mampau menggunakan fungsi-fungisi tersebut untuk menyelesakan masalah bisnis atau lainnya.

    • 13. Tabel Pivot

      PivotTable merupakan fitur yang ada di program MS. Excel yang fungsinya untuk membuat rangkuman, melakukan analisa, eksplorasi data, serta mempresentasikannya. Dengan PivotTable menjadikan kegiatan anda dengan menggunakan ms. Excel lebih powerful seperti merangkum data dalam jumlah yang besar dengan waktu yang singkat. Sesi ini diawali dengan mahasiswa mengakses video pembelajaran tentang Pivot Table sederhana. Setelah mengakses video pembelajaran, mahasiwa diberikan tugas untuk menyelesaikan kasu-kasu sederhana penerapan pivot table. Setelah selesai sesi ini, mahasiswa mampu merancang pivot table untuk mendapatkan informasi yang dibutuhan oleh pengambil keputusan.

    • 14. Kombinasi Beberapa Fungsi

      Pada sesil ini, Anda diminta untuk menyaksikan video pembelajaran penerapan kombinasi beberapa fungsi serta pengunan fungsi dalam fungsi. Setelah menyaksikan dan menyimak video pembelajaran ini, peserta didik melakukan diskusi secara sinkronus atau sinkronus dan menyelesaikan latihan atau studi kasus sederhana. Setelah mempelajari topik ini, peserta didik akan mampu menggunakan kombinasi beberapa fungsi dengan tepat untuk menyelesaikan studi kasus yang diberikan oleh pengajar.

    • 15. Pembuatan Grafik

      Pada sesi pembuatan grafik peserta didik diminta untu menyaksikan video pembelajaran pembuatan grafik. Setelah menyasikan video pembelajaran ini  dilanjutkan dengan proses diskusi dan latihan untuk memperdalam tentang kelebihan dan kekurangan berbagai jenis garfik.  Setelah mempelajari topik ini, peserta didik dapat menggunakan berbagai jenis grafik dengan tepat. 

    • 16. Ujian Akhir Semester

      Ujian Akhir Semester merupakan evaluasi tes Sumatif dengan bahan/materi sesi-sesi sebelumnya. Test sumatif dilakuan dengan menggunakan dua model, yaitu pilihaan ganda dan tugas proyek pengolahan data dengan menggunakan aplikasi pengolah angka.