Topic outline

  • Gizi dalam Daur Kehidupan (PHG1602136/3 SKS)

  • Kuliah Umum Gizi Anak Pra-sekolah

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: kuliah daring
    • asinkronus: menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • kuliah umum 1x120 menit
    • belajar mandiri 1x60 menit
     
    Pengalaman Belajar
    • Orientasi: paparan narasumber
    • Latihan: diskusi/pertanyaan
    • Umpan balik: klarifikasi narasumber
  • Tutorial Gizi Pra Sekolah

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    6. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    7. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)

    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: kuliah daring
    • asinkronus: menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • tutorial 3x120 menit
    • belajar mandiri 3x60 menit
    • pleno 1x240 menit

     
     
  • Kuliah Umum Gizi Anak Sekolah

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: kuliah daring
    • asinkronus: menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • kuliah umum 1x120 menit
    • belajar mandiri 1x60 menit
     
    Pengalaman Belajar
    • Orientasi: paparan narasumber
    • Latihan: diskusi/pertanyaan
    • Umpan balik: klarifikasi narasumber
  • Tutorial Gizi Anak Sekolah

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    6. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)

    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: tutorial, pleno
    • asinkronus: belajar mandiri, menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • tutorial 3x120 menit
    • belajar mandiri 3x60 menit
    • pleno 1x240 menit
  • Kuliah Umum Gizi Remaja

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: kuliah daring
    • asinkronus: menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • kuliah umum 1x120 menit
    • belajar mandiri 1x60 menit
     
    Pengalaman Belajar
    • Orientasi: paparan narasumber
    • Latihan: diskusi/pertanyaan
    • Umpan balik: klarifikasi narasumber
  • Tutorial Gizi Remaja

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    6. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)

    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: tutorial, pleno
    • asinkronus: belajar mandiri, menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • tutorial 3x120 menit
    • belajar mandiri 3x60 menit
    • pleno 1x240 menit

     
     
  • Kuliah Umum Gizi Dewasa

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan mengenai sindrom metabolik dan faktor risiko serta dampaknya (C2, A2)
    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: kuliah daring
    • asinkronus: menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • kuliah umum 1x120 menit
    • belajar mandiri 1x60 menit
     
    Pengalaman Belajar
    • Orientasi: paparan narasumber
    • Latihan: diskusi/pertanyaan
    • Umpan balik: klarifikasi narasumber
  • Tutorial Gizi Dewasa

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan mengenai sindrom metabolik dan faktor risiko serta dampaknya (C2, A2)
    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: tutorial, pleno
    • asinkronus: belajar mandiri, menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • tutorial 3x120 menit
    • belajar mandiri 3x60 menit
    • pleno 1x240 menit

     
     

    .

  • Kuliah Umum Gizi Lansia

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: kuliah daring
    • asinkronus: menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • kuliah umum 1x120 menit
    • belajar mandiri 1x60 menit
     
    Pengalaman Belajar
    • Orientasi: paparan narasumber
    • Latihan: diskusi/pertanyaan
    • Umpan balik: klarifikasi narasumber
  • Tutorial Gizi Lansia

    Capaian pembelajaran yg akan dicapai:
    1. Mampu menjelaskan teori menua dan konsep menua sehat, (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)

    5. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    6. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    7. Mampu menjelaskan penyakit terkait gizi dan masalah social yang sering terjadi pada lansia (C2, A2)
    Moda pembelajaran:
    • sinkronus: tutorial, pleno
    • asinkronus: belajar mandiri, menonton video pembelajaran
    Metode pembelajaran:
    • tutorial 3x120 menit
    • belajar mandiri 3x60 menit
    • pleno 1x240 menit
  • Ujian Gizi Pra Sekolah

    Mekanisme ujian:
    • jenis soal: pilihan ganda
    • jumlah soal: 40
    • waktu pengerjaan: 60 menit

    Capaian pembelajaran yg diujikan:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    6. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    7. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)

  • Ujian Gizi Anak Sekolah

    Mekanisme ujian:
    • jenis soal: pilihan ganda
    • jumlah soal: 40
    • waktu pengerjaan: 60 menit

    Capaian pembelajaran yg diujikan:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    6. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)

  • Ujian Gizi Remaja

    Mekanisme ujian:
    • jenis soal: pilihan ganda
    • jumlah soal: 40
    • waktu pengerjaan: 60 menit

    Capaian pembelajaran yg diujikan:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
    6. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)

  • Ujian Gizi Dewasa

    Mekanisme ujian:
    • jenis soal: pilihan ganda
    • jumlah soal: 40
    • waktu pengerjaan: 60 menit

    Capaian pembelajaran yg diujikan:
    1. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan mengenai sindrom metabolik dan faktor risiko serta dampaknya (C2, A2)
  • Ujian Gizi Lansia

    Mekanisme ujian:
    • jenis soal: pilihan ganda
    • jumlah soal: 40
    • waktu pengerjaan: 60 menit

    Capaian pembelajaran yg diujikan:
    1. Mampu menjelaskan teori menua dan konsep menua sehat, (C2, A2)
    2. Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
    3. Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
    4. Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
    5. Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    6. Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
    7. Mampu menjelaskan penyakit terkait gizi dan masalah social yang sering terjadi pada lansia (C2, A2)
  • Evaluasi Akhir