Topic outline
Gizi dalam Daur Kehidupan (PHG1602136/3 SKS)
Deskripsi Mata Kuliah
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan aspek pertumbuhan dan perkembangan mulai fase balita, anak sekolah, remaja, dewasa, dan lansia. Pada setiap fase, mahasiswa dapat menjelaskan proses fisiologis pertumbuhan serta faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Di samping itu mahasiswa juga dapat menjelaskan kebutuhan gizi pada tiap fase yang dapat mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan yang optimal. Mahasiswa juga dapat menjelaskan cara mengukur pertumbuhan dan perkembangan berdasarkan standar pertumbuhan yang berlaku. Mahasiswa juga akan mendalami teori Barker dan DOHaD yang mencoba menerangkan keterkaitannya status gizi sejak dini. Bahasa pengantar yang digunakan dalam pembelajaran adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Metode pembelajaran pada mata kuliah ini meliputi kuliah umum, tutorial, praktikum, belajar mandiri, pleno dan ujian
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang sesuai dalam menganalisis masalah gizi pada balita, anak sekolah, remaja, dewasa, dan lansia sesuai buktiterkini (C3, A2)
Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah
- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuhanak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yangmempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2,A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2,A2)
- Mampu menjelaskan mengenai sindrom metabolik dan faktor risiko serta dampaknya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan teori menua dan konsep menua sehat,(C2, A2)
- Mampu menjelaskan penyakit terkait gizi dan masalah social yang sering terjadi pada lansia (C2, A2)
Kuliah Umum Gizi Anak Pra-sekolah
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Tutorial Gizi Pra Sekolah
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
-
Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- tutorial 3x120 menit
- belajar mandiri 3x60 menit
- pleno 1x240 menit
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 1 (PAK SYAFIQ)
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 2 (PROF FIKA)
Kuliah Umum Gizi Anak Sekolah
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Tutorial Gizi Anak Sekolah
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
-
Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: tutorial, pleno
- asinkronus: belajar mandiri, menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- tutorial 3x120 menit
- belajar mandiri 3x60 menit
- pleno 1x240 menit
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 1 (PAK SYAFIQ)
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 2 (PROF FIKA)
Kuliah Umum Gizi Remaja
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Tutorial Gizi Remaja
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
-
Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: tutorial, pleno
- asinkronus: belajar mandiri, menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- tutorial 3x120 menit
- belajar mandiri 3x60 menit
- pleno 1x240 menit
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 1 (PAK SYAFIQ)
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 2 (PROF FIKA)
Kuliah Umum Gizi Dewasa
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan mengenai sindrom metabolik dan faktor risiko serta dampaknya (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Tutorial Gizi Dewasa
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan mengenai sindrom metabolik dan faktor risiko serta dampaknya (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: tutorial, pleno
- asinkronus: belajar mandiri, menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- tutorial 3x120 menit
- belajar mandiri 3x60 menit
- pleno 1x240 menit
.
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 1 (PAK SYAFIQ)
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 2 (PROF FIKA)
Kuliah Umum Gizi Lansia
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: kuliah daring
- asinkronus: menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- kuliah umum 1x120 menit
- belajar mandiri 1x60 menit
Pengalaman Belajar- Orientasi: paparan narasumber
- Latihan: diskusi/pertanyaan
- Umpan balik: klarifikasi narasumber
Pleno Gizi Anak Pra-sekolah jam 08.00-12.00
Tutorial Gizi Lansia
Capaian pembelajaran yg akan dicapai:- Mampu menjelaskan teori menua dan konsep menua sehat, (C2, A2)
- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
-
Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan penyakit terkait gizi dan masalah social yang sering terjadi pada lansia (C2, A2)
Moda pembelajaran:- sinkronus: tutorial, pleno
- asinkronus: belajar mandiri, menonton video pembelajaran
Metode pembelajaran:- tutorial 3x120 menit
- belajar mandiri 3x60 menit
- pleno 1x240 menit
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 1 (PAK SYAFIQ)
TEMPAT PENGUMPULAN TUTOR 2 (PROF FIKA)
Ujian Gizi Pra Sekolah
Mekanisme ujian:- jenis soal: pilihan ganda
- jumlah soal: 40
- waktu pengerjaan: 60 menit
Capaian pembelajaran yg diujikan:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
-
Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
Ujian Gizi Anak Sekolah
Mekanisme ujian:- jenis soal: pilihan ganda
- jumlah soal: 40
- waktu pengerjaan: 60 menit
Capaian pembelajaran yg diujikan:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
-
Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
Ujian Gizi Remaja
Mekanisme ujian:- jenis soal: pilihan ganda
- jumlah soal: 40
- waktu pengerjaan: 60 menit
Capaian pembelajaran yg diujikan:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pola, tahapan serta faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan (fisik dan mental) anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan perilaku makan normal dan menyimpang pada anak usia pra-sekolah, sekolah dan remaja (C2, A2)
-
Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
Ujian Gizi Dewasa
Mekanisme ujian:- jenis soal: pilihan ganda
- jumlah soal: 40
- waktu pengerjaan: 60 menit
Capaian pembelajaran yg diujikan:- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan mengenai sindrom metabolik dan faktor risiko serta dampaknya (C2, A2)
Ujian Gizi Lansia
Mekanisme ujian:- jenis soal: pilihan ganda
- jumlah soal: 40
- waktu pengerjaan: 60 menit
Capaian pembelajaran yg diujikan:- Mampu menjelaskan teori menua dan konsep menua sehat, (C2, A2)
- Mampu menjelaskan definisi, komposisi, dan fisiologi tubuh anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa & lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan kebutuhan gizi makro dan anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia serta faktor yang mempengaruhinya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan pada pertumbuhan, perkembangan, dan status gizi anak usia pra-sekolah terhadap status kesehatan periode selanjutnya (C2, A2)
- Mampu menjelaskan cara penilaian status gizi untuk anak usia pra-sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan rekomendasi aktivitas fisik untuk anak usia pra- sekolah, sekolah, remaja, dewasa dan lansia (C2, A2)
- Mampu menjelaskan penyakit terkait gizi dan masalah social yang sering terjadi pada lansia (C2, A2)
Evaluasi Akhir
Pleno Gizi Anak Sekolah jam 08.00-12.00