Topic outline
Praktikum Keperawatan Gerontik Kelas
SELAMAT BERGABUNG
DI KELAS PRAKTIKUM KEPERAWATAN GERONTIK
Hai teman-teman, selamat datang pada mata kuliah (MK) Praktikum Kep. Gerontik.
Berbagai intervensi dan informasi baru tentang perawatan lansia akan kita pelajari bersama di kelas ini.
Fasilitator
Ns. Dwi Nurviyandari Kusuma Wati, SKep., MN.
Pada MK Praktikum ini, saya akan memfasilitasi pembelajaran di Kelas. Silakan anda dapat mengontak saya melalui email dwi.nurviyandari@ui.ac.id
Sebelum melihat kelas lebih jauh, silakan di lihat terlebih dahulu video dibawah ini
Yuuk kita kenalan...
Silakan teman-teman mem-posting foto terbaiknya disini, menyebutkan nama dan berasal dari daerah mana.
Buku-buku ini adalah referensi wajib utk mahasiswa gunakan selama MK Praktikum Kep. Gerontik
Topik I Pengkajian
FORUM DISKUSI
- Forum diskusi ini digunakan bersama seluruh mahasiswa di satu kelas, dan dibuka sepanjang tiga pekan topik pengkajian pada lansia.
- Forum ini dapat digunakan untuk sharing materi, informasi, bertanya kepada sesama teman, ataupun bertanya pada fasilitator mengenai topik pengkajian pada lansia
- Setiap mahasiswa minimal memberikan komennya 2x pada forum ini.
- Setiap informasi baru yang disampaikan, silakan dilengkapi dengan minimal 1 referensi. Mahasiswa jg dapat meng-attach gambar ataupun file pada komennya di forum ini.
- Sebagai pembuka, diberikan satu pertanyaan menarik tentang pengkajian pada lansia: Lansia yang sudah tirah baring, dan perlu diukur berat badan dan tinggi badannya. Bagaimanakah caranya? Silakan yang memiliki pendapat boleh di jawab ya...
Quiz berjumlah 15 soal, yang merupakan materi praktikum dan prosedur pengkajian yang merupakan topik pekan ini. Quiz akan dibuka pada hari kamis 24 Sept 2020 jam 09.00-10.00 (dengan waktu pengerjaan 10mnt).
Ini adalah tempat mengumpulkan hasil pengkajian pada Lansia.
Tugas anda setelah menonton video, berdiskusi, mengerjakan quiz, maka anda diminta untuk mencari seorang lansia yang tinggal paling dekat dengan anda saat ini. Bila anda tidak dapat menemukan lansia (usia 60 tahun ke atas) maka anda dapat menggunakan pre-lansia (55 tahun ke atas).
Lakukan pengkajian dengan menggunakan format pengkajian yang telah di berikan. Setelah itu, anda juga diminta untuk melengkapi pengkajian dengan beberapa screening (MMSE, MFS, BBS, MNA, Barthel index).
Hasil pengkajian di upload disini.Tambahkan foto anda saat melakukan pengkajian dan screening bersama lansia pada laporan anda.
HasilScreening di isikan pada link yg di berikan bawah tugas ini. jangan lupa kesimpulan tiap hasil screenning dituliskan.
Silakan teman-teman isi spread sheet pd link berikut ini https://bit.ly/36n0jgE hasil screening yang telah dilakukan pada lansia.
Topik II Sirkulasi-Oksigenasi
Intervensi Keperawatan: Energy Management
]Intervensi Keperawatan: Respiratory Monitoring
Di bawah ini contoh video monitoring sirkulasi lansia secara mandiri melalui tele-health
JIGSAW Learning Method
Pada metode Jigsaw diskusi akan dibagi dalam kelompok awal (jigsaw group) dan kelompok ahli (expert)
Tahapan Metode Jigsaw
1. Berdiskusi dalam kelompok awal, kemudian mempersiapkan PPT
2. Presentasi di kelompok expert
Pembagian Intervensi untk diskusi di Kelompok awal
1. Penurunan curah jantung (cardiac care)
2. Intoleransi aktivitas (manajemen energi)
3. Ketidakefektifan bersihan jalan napas (monitor respirasi)
4. Ketidakefektifan manajemen kesehatan (fasilitasi belajar).
Setiap keterampilan didiskusikan: definisi intervensi, rincian keterampilan, indikasi intervensi, konraindikasi intervensi, alat yang dibutuhkan dan prosedur tindakan (pilih salah satu)
Silakan menggunakan forum ini untuk saling berdiskusi dalam kelompok Expert (170 menit)
langkah-langkah
1. Tiap mahasiswa secara menyampaikan materi yg di dapatkan dari kelompok awal di forum diskusi
2. Mahasiswa membaca materi yang disampaikan oleh teman lain (tiap materi berbeda)
3. Mahasiswa bertanya atau klarifikasi materi yang belum jelas
4. Mahasiswa menjawab pertanyaan yang terkait dengan materi yang di sampaikannya.
Ini adalah tempat mengumpulkan materi PPT Kelompok awal.
Mahasiswa akan presentasi online secara sinkronus via Microsoft Teams (MT) pada pekan ke 6 pembelajaran.
Berikut ini adalah link MT https://bit.ly/3lLApct
Berikut adalah jurnal yang terkait dengan intervensi berupa monitoring hipertensi. Ini adalah tambahan informasi yang dapat menambah ide anda dalam mencari judul riset.
Topik III. Nutrisi
Terapi Nutrisi
Oral Hygiene
Video Cara Membantu Makan pada Lansia Demensia
Video Mengenai Kerusakan Menelan karena Disfagia
Hai teman-teman...
Pada Topik ini kita memiliki project menarik. Setiap kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah 7-8 mhs. Tiap kelompok akan membuat video prosedur keterampilan yang berbeda.
Berikut adalah pembagian keterampilannya:
1. Ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh (terapi nutrisi)
2. Kerusakan menelan (terapi menelan)
3. Kerusakan gigi ( oral health maintenance)
Teman-teman perlu memahami terlebih dahulu dengan mendiskusikan dalam kelompk project apa definisi diagnosa keperawatannya, apa saja batasan karakteristiknya, agar mendapatkan gambaran secara utuh lansia yang mendapatkan diagnosa ini.
Setelah itu, teman-teman lanjutkan dengan mendiskusikan mengenai intervensi keperawatan untuk mengatasi masalah ketidakseimbangan nutrisi kurang dari kebutuhan dengan terapi nutrisi.
Silakan sebagai referensi diagnosis dapat digunakan NANDA ataupun Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI), dan referensi intervensi menggunakan Nursing Intervention Clasiffication (NIC) ataupun Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI).
Silakan anda kumpulkan script video dan pembagian tugas kelompok ada di sini.
Ketentuan dalam pembuatan Video
1. Menyebutkan video sebagai tugas dalam MK. Praktikum Keperawatan Gerontik
2. Menyebutkan nama anggota kelompok (dengan pembagian tugasnya) di akhir video
3. Tertulis judul video dengan jelas
4. Durasi video 5-8 menit
5. Lengkapi dengan makara FIK UI sepanjang konten video
Berikut adalah contoh script video.
Pada project pembuatan video keterampilan ini, anda akan bekerja dalam kelompok untuk meyelesaikan satu video keterampilan. Video berdurasi 5-8menit harus di unggah ke media sosial (youtube atau stream) dan dikirimkan linknya di sini.
Anda memiliki waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan video yaitu s.d akhir tahun 2020.
Anda dapat berkonsultasi pada fasilitator untuk mendapatkan hasil video yang baik.
TOPIK IV. ELIMINASI-PERAWATAN DIRI
Hai teman-teman mahasiswa praktikum Keperawatan Gerontik.
Kita akan lanjutkan pembelajaran kita di minggu ke X-XII dengan topik eliminasi dan perawatan diri pada lansia
Berikut adalah kegiatan kita 3 pekan ke depan
Video Perawatan Inkontinensia Urin
Video Perawatan Tirah baring (Bed rest Care)
Hai semua...
Selalu semangat mengikuti praktikum gerontik ya!
Kita lanjutkan kembali topik kita dengan menggunakan metode Jigsaw. Silakan dibagi tugas diskusi di bawah ini dalam kelompok awal (KA) :
1. Inkontinensia urin (perawatan inkontinensia)
2. Inkontinensia urin (latihan otot dasar panggul)
3. Sindrom lansia lemah (perawatan tirah baring)
4. Risiko kerusakan integritas kulit (perawatan kulit)
Setiap kelompok akan mendapatkan 1 diagnosa keperawatan dan 1 intervensinya. Diskusikan mulai dr definisi diagnosa, batasan karakteristik dan atau faktor risiko diagnosa. Kemudian jelaskan apa saja yang termasuk dalam aktivitas intervensi keperawatan yang di tentukan utk diagnosa tersebut. Pilihlah satu (atau bisa gabungan beberapa) aktivitas utk di detailkan prosedur dan cara melakukannya.
Siapkan PPT singkat hasil diskusi KA (tdk lebih dr 10 slide), utk dibawa pada saat diskusi Kelompok Expert (KE) pekan depan.
SELAMAT BERDISKUSI
Silakan menggunakan forum diskusi ini untuk melakukan diskusi dalam kelompok expert (KE).
Dalam diskusi ini, tiap mahasiswa menjadi seorang expert (pakar) dalam 1 diagnosis dan intervensi keperawatan. Kewajiban tiap anggota kelompok menjelsakan dengan baik semua materi yang dikuasainya hasil diskusi KA.
Setiap mhs perlu membuat catatan khusus dari materi yg sdh di sampaikan teman-temannya karena setelah diskusi KE ini akan dibuat quiz yang harus di jawab.
Quiz topik 4 akan dibuka pd hari Kamis 3 Desember 2020 jam 14.00 dan ditutup jam 15.00 dengan waktu pengerjaan 15menit.
Ini adalah tempat mengumpulkan materi PPT Kelompok awal.
Mahasiswa akan presentasi online secara sinkronus via Microsoft Teams (MT) pada pekan ke 12 pembelajaran (jam 09.00-12.00)
Berikut ini adalah link MT untuk tiap kelas
- Kelas A: Klik disini
- Kelas B: Klik disini
- Kelas C: Klik disini
- Kelas D: Klik disini
- Kelas E: Klik disini
- Kelas F: Klik disini
Topik V. MOBILISASI
Hai Semua...
Semoga tetap sehat dan semangat selalu.
Kita akan memulai topik V pada mata kuliah Praktikum Keperawatan Gerontik yaitu tentang MOBILISASI
Pencegahan Jatuh Pada lansia
Latihan Fisik Lansia
Menggunakan Alat Bantu Jalan
Silakan anda dapat mengumpulkan skenario anda di sini. Walaupun dibuat berrpasangan, tapi tiap mahasiswa perlu meng-upload masing-masing.
Untuk membuat skenario, mahasiswa dapat membuatnya berpasangan menggunakan platform Gdoc.
Skenario berupa percakapan dengan lansia saat dilakukan intervensi: (pilih salah satu)
1. ambulasi (pindah dari tempat tidur ke kursi roda dan sebaliknya)
2. Latihan keseimbangan
3. Alat bantu jalan (tongkat)
Pada pekan berikutnya, akan ada kelas sinkronus, dipilih 3 pasang mahasiswa yang akan mendemonstrasikan skenario yang sudah dibuat.
TOPIK VI. BENTUK LAYANAN AKUT DAN LONG-TERM CARE BAGI LANSIA
Ini adalah Pekan terakhir pembelajaran kita. Selama 16 pekan kita sudah berrlatih berbagai intervensi keperawatan pada Lansia.
Pada pekan terakhir ini, kita akan mendatangkan dosen tamu praktisi keperawatan dari layanan setting Akut (RS) dan setting perawatan jangka panjang (panti werdha).
Bentuk Layanan Akut Lansia
Bentuk Layanan Jangka Panjang (Long-term care) Lansia
Evaluasi Akhir