Tahap Pembelajaran
TAHAP PEMBELAJARAN
Bagian ini merupakan jabaran tentang apa yang dilakukan oleh pembelajar dan pemelajar dengan mengacu pada Matriks 2 Dokumen KBK. Lajur Orientasi (O) diisi dengan jabaran kegiatan yang dilakukan oleh pembelajar atau pemelajar yang dilengkapi dengan persentase; lajur Latihan (L) diisi dengan jabaran kegiatan beracuan pada SCAL yang dilakukan oleh pemelajar yang dilengkapi dengan persentase; lajur Umpan Balik (U) diisi dengan jabaran kegiatan yang dilakukan oleh pembelajar yang dilengkapi dengan persentase. Persentase diberikan lebih besar pada L untuk menjamin pelaksanaan pembelajaran aktif.
Catatan:
*Kode angka di sini mengacu kepada nomor urut subkompetensi pada Bab II (hlm. 6).
**Tahap pembelajaran terdiri atas tiga, yakni orientasi (O), latihan (L), dan umpan Balik (U).
Pada orientasi, pengajar memberikan penjelasan awal tentang pokok bahasan, materi dan metode latihan, waktu yang digunakan, dan sistem penilaian.
Pada tahap latihan, mahasiswa melakukan aktivitas latihan sesuai dengan metode pembelajaran yang diterapkan
Pada tahap umpan balik, pengajar memberikan klarifikasi atas latihan yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa dan dapat diikuti penugasan yang dikerjakan di rumah.
Metode pembelajaran Kuliah tatap muka dilakukan di dalam kelas dengan susunan kursi peserta didik berbentuk U. Materi yang diberikan ini merupakan materi dasar yang harus diketahui oleh peserta didik di perkuliahan semester 1 magister kedokteran kerja FKUI.
Dalam hal metode pembelajaran, diterapkan tiga metode pembelajaran aktif sebagai berikut.
(1) Diskusi kelompok kecil (small group discussion)
diadakan di dalam kelas dengan kelompok diskusi beranggotakan 4—5 orang. Kelompok-kelompok kecil peserta didik tersebut mendiskusikan topik yang sama yang diberikan oleh pengajar. Umpan balik diberikan pengajar di akhir kelas setelah diskusi kelompok kecil.
(2) Question based learning
diadakan di dalam kelas dengan kelompok beranggotakan 4—5 orang. Kelompok-kelompok kecil peserta didik tersebut mendiskusikan dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pengajar sesuai dengan materi rujukan yang sudah ditentukan pengajar. Umpan balik diberikan pengajar di akhir kelas setelah diskusi kelompok kecil.
(3) E Learning dengan melihat rekaman video topik bahasan 2.2.9 dan 2.2.10
Kelompok peserta didik melihat video di dalam kelas dan beberapa peserta didik melihat video di tempat kerjanya/di tempat lain. Peserta didik kemudian mendapat pertanyaan dari pengajar melalui WA grup dan semua peserta didik memberikan jawaban dan berdiskusi melalui WA dengan pengajar. Waktu tanya jawab maksimal 2 minggu setelah pemutaran video
(4) Presentasi makalah kasus pekerja
Dilakukan dengan cara peserta didik melakukan peresentasi kasus sesuai dengan analisis kedokteran okupasi dalam menerapkan langkah diagnosis okupasi pada kasus tersebut yang telah ditulis dalam makalah kasus pekerja.Umpan balik diberikan oleh pengajar di akhir kelas dalam pengecekan bersama makalah kasus.