LATIHAN KASUS 4

(Bagian ini dimutakhirkan tanggal 2 Mei 2020)

Anda mendaftar menjadi seorang relawan dan ditugaskan menjadi petugas triase di sebuah rumah sakit pada bulan April 2020. 


1. Perlengkapan APD seperti apakah yang seharusnya anda kenakan dalam bertugas sebagai relawan tersebut di atas dalam masa pandemi seperti saat ini? 

2. Seorang laki-laki, 21 tahun, datang dengan keluhan batuk dan demam sejak 3 hari SMRS. Pasien adalah seorang mahasiswa di Jakarta dan telah berada di rumah saja sepanjang bulan Maret 2020 dan hanya bepergian ke luar rumah untuk membeli keperluan sehari-hari. Pasien tinggal sendiri di sebuah rumah kos. Anamnesis dan pemeriksaan apa yang dapat anda lakukan pada pasien ini untuk menentukan diagnosis pasien lebih lanjut? Apabila perlu dilakukan pemeriksaan penunjang pada pasien ini, jelaskanlah pemeriksaan penunjang apa saja yang perlu dilakukan dan tata cara pemeriksaan penunjang tersebut. 


3. Seorang laki-laki, 67 tahun, datang dengan keluhan sesak napas yang memberat 1 minggu terakhir. Pasien seorang ojek pangkalan dan masih bekerja sampai diberlakukannya PSBB. Pasien tetap menggunakan masker kain untuk keamanan. Pasien merokok 1 bungkus per hari selama 40 tahun terakhir. Anamnesis dan pemeriksaan apa yang dapat anda lakukan pada pasien ini untuk menentukan diagnosis lebih lanjut? 


4. Seorang perempuan, 34 tahun datang ke Instalasi Gawat Darurat RS dengan keluhan demam disertai nyeri tenggorok sejak 2 hari yang lalu. Pasien mendadak tidak dapat mencium bau masakan, namun pasien tidak mengeluhkan pilek ataupun batuk. Pasien menjelaskan bahwa ada pasien yang menderita COVID-19 di lingkungan perumahannya. Suami pasien adalah pegawai suatu bank yang juga masih harus bekerja di kantor, sehingga pasien cemas jika dia tertular COVID-19. Anamnesis dan pemeriksaan apa yang dapat anda lakukan pada pasien ini untuk menentukan diagnosis lebih lanjut? Bagaimana prosedur langkah swab nasofaring/orofaring yang perlu dilakukan pada pasien ini?