Latihan Kasus 3 - KAKEK HUSIN



KAKEK HUSIN, LAKI-LAKI, 67 TAHUN adalah seorang pensiunan atlit renang nasional. Walaupun usianya sudah cukup lanjut, Kakek Husin masih segar bugar dan rutin berolahraga. Memang sejak dikatakan mengalami stroke ringan, badannya tidak lagi sekuat waktu muda. Hal ini mungkin karena ia tidak lagi menjaga pola makannya setelah menikah dan memiliki anak, serta memiliki kebiasaan merokok yang cukup berat sejak muda.

KAKEK HUSIN TERBIASA hidup mandiri dan tidak mau membebani orang lain sehingga walaupun saat ini ia sering membantu putri bungsunya, Ibu Dewi, untuk menjaga kos-kosan kecil keluarga mereka, ia masih rutin menjadi tukang ojek pangkalan di lingkungan rumahnya. Bagi Kakek Husin, kehidupannya sebagai tukang ojek pangkalan adalah salah satu alasan kuat baginya untuk tetap semangat menjalani hidup.

Ketika wabah COVID-19 ini masuk ke Indonesia, Kakek Husin tidak terlalu paham apa yang terjadi dan ditakutkan oleh orang-orang. Salah satu yang ia dengar dari teman-temannya adalah bahwa orang akan terhindar dari virus ini selama hidup bersih dan sehat. Jadi bagi Kakek Husin, artinya adalah ia harus terus melanjutkan pola hidupnya sehari-hari. Ia tetap rutin lari tiap pagi, dan selalu makan 3 kali sehari. Karena Kakek Husin banyak mendengar bahwa harus rajin cuci tangan, maka sekarang ia membawa air matang yang lebih banyak. Hal ini supaya setiap ia mau menyentuh daerah wajahnya, misalnya sebelum merokok, ia bisa mencuci tangannya dengan menyiramkan air tersebut ke tangannya. Ia tidak menggunakan sabun karena cukup repot membawa sabun ke mana-mana; sementara kalau menggunakan cairan disinfektan tangan berbahan dasar alkohol, ia takut malah akan termakan cairan tersebut dan keracunan. Oleh karena itu baginya lebih baik dicuci dengan air daripada tidak dicuci sama sekali.

Dari pengetahuan yang Anda miliki tentang biologi, epidemiologi, dan cara penularan COVID-19, apakah yang dapat anda jelaskan pada Kakek Husin?


Saat ini memasuki bulan Maret minggu ketiga. Ibu Dewi memerhatikan bahwa Kakek Husin terkadang mengalami batuk kering. Namun ketika ditanyakan kepada Kakek Husin, ia mengatakan bahwa batuknya tersebut sudah lama dirasakan dan kata dokter itu merupakan efek samping rokok. Meskipun demikian Kakek Husin sudah merasa sulit lepas dari rokok, sehingga menurutnya batuk yang sesekali itu lagipula juga tidak terlalu mengganggu. Meskipun demikian, Ibu Dewi khawatir ayahnya suatu saat dapat meninggal mendadak kalau memang terkena COVID-19.

Berdasarkan pengetahuan yang anda miliki terkait perjalanan penyakit COVID-19, bagaimanakah cara Anda menjelaskan mekanisme kematian pada sebagian besar pasien yang mengalami COVID-19?