Contoh Kasus III

Baca baik-baik soal di bawah ini dan jawablah semua soal dengan singkat dan jelas.

Aplikasi Absensi di  PT Tifico

 

Pendahuluan

PT Tifico adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang ekspor baju. Perusahaan ini memiliki karyawan sekitar 1000 orang dan dibagi menjadi 3 (tiga) shift selama 24 (dua puluh empat) jam kerja per hari. Jika order yang didapatkan oleh PT Tifico naik, maka karyawan tersebut akan diminta untuk melakukan kerja lembur. Untuk mengakomodasi hal tersebut maka PT. Tifico perlu untuk mengembangkan sistem absensi.

 

Proses Bisnis

Sistem absensi ini dimulai dari kegiatan administrator aplikasi absensi yang mencatatkan seluruh data karyawan serta shift masing-masing karyawan tersebut. Dikarenakan sistem absensi yang digunakan adalah sidik jari, maka setiap karyawan perlu untuk diambil contoh sidik jarinya dan dimasukkan kedalam data karyawan oleh administrator aplikasi. Data karyawan yang dimasukkan terdiri dari data sebagai berikut: nomor induk pegawai, nama karyawan, shift karyawan, contoh identifikasi masing-masing sidik jari (5 jari/karyawan). Sedangkan data shift karyawan terdiri dari aturan jam kerja sebagai berikut: jam masuk, jam mulai istirahat, jam selesai istirahat dan jam pulang. Setelah menerima data mentah dari mesin absensi maka data tersebut akan dipindahkan setelah jam masing-masing shift selesai untuk di analisa oleh administrator sistem. Jika ada karyawan yang tidak masuk pada hari tersebut maka administrator akan memasukkan data absen karyawan tersebut termasuk alasan karyawan tersebut absen. Pada tanggal 20 setiap bulannya administrator akan melihat laporan jam overtime masing-masing karyawan. Selain itu administrator dapat juga melihat laporan absensi per hari untuk masing-masing karyawan. Laporan ini juga dapat dilihat oleh manajemen PT Tifico. Selain itu PT Tifico menyediakan booth computer yang dapat diakses oleh masing-masing pegawai sehingga masing-masing pegawai dapat melihat laporan absensi serta laporan overtime untuk dirinya sendiri. Semua user yang menggunakan sistem absensi ini diharuskan untuk login terlebih dahulu kedalam sistem.

 

Pertanyaan :

Berdasarkan kasus diatas, saudara diminta membuat diagram dibawah ini:

1. Use Case Diagram.

2. Sequence Diagram, untuk:

  • Entri Data Karyawan
  • Entri Data Shift
  • Entri Absensi Karyawan, Entri ini dilakukan secara manual oleh administrator, jika terdapat kasus karyawan absen karena sakit, ijin, cuti maupun ijin pulang yang tidak sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh shift yang diikuti oleh pegawai tersebut.
  • Lihat laporan absensi seluruh karyawan
  • Lihat laporan overtime seluruh karyawan
  • Lihat laporan absensi per karyawan
  • Lihat laporan overtime per karyawan

 

3. Class Diagram

  • Class Karyawan
  • Class Shift Kerja
  • Class Raw Data Absensi
  • Class Data Absensi

 

4. Statechart Diagram. Setiap hari absensi dimulai dari setiap sebelum jam masuk maka state yang berlaku adalah state tentative. Jika seorang pegawai masuk dengan mencatatkan diri di mesin absensi maka mesin absensi akan melakukan pencatatan dan melihat apakah pegawai masuk sesuai dengan jam masuk atau tidak. Selanjutnya pegawai akan mulai jam istirahat, sistem akan melakukan pencatatan jam istirahat tersebut. Selanjutnya sekembali pegawai dari jam istirahat, maka sistem akan mencatat waktu kembali pegawai. Selanjutnya sistem akan melakukan pencatatan terhadap jam pulang pegawai, jika jam pulang melebihi waktu yang ditentukan maka sistem akan mencatat kelebihan jam tersebut sebagai jam overtime pegawai.

 

5. Component Diagram. Berisi paket Paket Data Absensi dan Paket Laporan Absensi yang dikontrol oleh Main Program. Paket Data Absensi terdiri dari paket data karyawan dan paket data absensi. Sedangkan Paket Laporan Absensi terdiri dari paket Laporan absensi dan paket laporan overtime.

 

6. Deployment Diagra. Terdapat 3 mesin absensi yang ditempatkan terpisah dimasing-masing pintu masuk pabrik, mesin absensi ini akan dihubungkan dengan hub. Selanjutnya untuk kebutuhan aplikasi ini akan ditempatkan sebuah server aplikasi absensi. Aplikasi absensi ini akan dapat dilihat di 6 (enam) buah workstation yang terbagi sebagai berikut: 1 workstation manajemen, 2 workstation administrator aplikasi, 3 workstation untuk pekerja.  

 

Buat asumsi sendiri jika diperlukan