Contoh Kasus I

Baca baik-baik soal di bawah ini dan jawablah semua soal dengan singkat dan jelas.

Aplikasi Penjualan PT XYZ



PT XYZ adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur peralatan rumah tangga. Perusahaan berkembang dengan cepat karena pelanggan puas dengan kualitas produk yang dihasilkan oleh PT XYZ. Kebanyakan dari pelanggan PT XYZ adalah distributor dan wholesaler.

Dalam melakukan penjualan produknya, perusahaan mengirimkan form pesanan ke semua pelanggan yang tersebar di seluruh Indonesia. Form tersebut akan diisi oleh pelanggan dan dikembalikan untuk dimasukkan/dientry ke dalam sistem komputer perusahaan.

Pengentrian data pesanan pelanggan harus dilakukan karena perlatan rumah tangga yang akan diproduksi ditentukan berdasarkan rekapitulasi akhir dari pesanan yang diterima , jadi produksi dikerjakan setelah perusahaan menerima semua pesanan dan merekap semua pesanan tersebut.

Perusahaan mempunyai database yang berisi file master pelanggan, file master inventori (untuk mencatat peralatan rumah tangga yang ditawarkan), file transaksi pesanan (untuk mencatat pesanan pelanggan) yang berisi data tanggal pesan, tanggal pengiriman yang diharapkan, satuan, ukuran, harga satuan, warna, dan jumlah. Berdasarkan data yang tercatat pada database, akan dibuatkan laporan pesanan penjualan, laporan daftar pelanggan, dan laporan persediaan.

Proses Bisnis

Proses penjualan diawali oleh pelanggan yang mengisi form pesanan penjualan lalu mengembalikan ke perusahaan melalui telpon, fax, atau email. Bagian Pesanan Pelanggan kemudian mencatat pesanan tersebut pada buku Delivery Order (DO) lalu dimasukkan ke dalam komputer pada file MS Access. Dari sini kemudian dibuatkan laporan pesanan penjualan ke bagian Gudang untuk diperiksa ketersediaan stok barang di gudang. Jika stok di gudang tidak mencukupi maka bagian Gudang akan mengajukan permintaan produksi ke bagian produksi. Bagian Gudang akan mengirim barang disertai surat jalan ke bagian pengiriman barang untuk disampaikan ke pelanggan. Selanjutnya, bagian pengiriman barang akan memberikan salinan surat jalan ke bagian Penagihan sebagai pemberitahuan bahwa barang telah dikirim dan penjualan telah diakui.

Pelanggan baru datanya akan dimasukkan ke dalam komputer, demikian juga setiap hasil produksi dan retur penjualan. Pada akhir setiap periode (mingguan atau bulanan) akan dibuatkan laporan ke manajemen berupa Laporan Pesanan Penjualan, Daftar Pelanggan, dan Laporan Persediaan.

Pertanyaan:

Sebagai tim developer saudara diminta membuat desain Sistem Informasi pada PT XYZ, dengan membuat Use Case Diagram, Sequence Diagram, Class Diagram, serta Component dan Deployment Diagram.

1. Use Case Diagram [10]

Terdiri dari 5 aktor, yaitu bagian Pesanan Penjualan, Pelanggan, Gudang, Produksi, dan Penagihan dengan lima use case, yaitu entry Pelanggan, entry produk, entri pesanan, penawaran, dan Buat Laporan. Bagian Pesanan akan mengerjakan entri pelanggan, entri penawaran, entri pesanan pelanggan, dan membuat laporan. Bagian Gudang melakukan entri produk, dan bagian produksi memproduksi barang/produk. Pada periode yang telah ditentukan dibuat laporan ke kepala bagian Penagihan yang dikerjakan oleh bagian Pesanan Penjualan, Gudang, dan bagian Produksi.

2. Sequence Diagram[30]

a. Entri Pelanggan

Bagian pesanan sebagai aktor akan menampilkan layar entri Pelanggan kemudian melalui layar tersebut akan dilakukan entri dan update data pelanggan. Untuk mengetahui apakah entri data sudah benar dilakukan edit dan query data. Pada akhir setiap proses ditampilkan informasi tentang pelanggan melalui layar komputer.

b. Entri Produk (pendataan produk)

Bagian Gudang sebagai aktor akan menampilkan layar entri produk, kemudian melalui layar itu dilakukan entri dan update data produk. Query terhadap master produk dilakukan untuk verifikasi jumlah dan tipe produk yang tersedia di gudang. Selanjutnya dilakukan proses tambah dan update data produk. Pada akhir proses, ditampilkan informasi persediaan produk melalui layar komputer.

c. Entri Order

Bagian Pesanan Penjualan sebagai aktor menampilkan layar entri order, kemudian melalui layar itu dilakukan entri dan update data order. Sedangkan untuk mengetahui apakah entri data sudah benar dilakukan edit dan query data. Order yang telah dientri, selanjutnya ditampilkan sebagai informasi order melalui layar komputer

d. Entri Penawaran

Bagian Pesanan sebagai aktor menampilkan layar entri penawaran barang, kemudian melalui form itu dilakukan entri dan update data penawaran. Detail dari isi penawaran dilakukan dengan mengecek persediaan yang ada pada master Produk. Pada akhir proses ditampilkan informasi penawaran melalui layar komputer. 

e. Buat Laporan

Bagian Pesanan sebagai aktor menampilkan layar entri Pelaporan, kemudian melalui layar itu petugas dapat memilih jenis laporan yang akan dibuat. Setelah petugas memilih salah satu laporan, maka sistem akan membaca data master yang bersesuaian Sebelum dicetak, laporan ditampilkan melalui layar. Laporan-laporan itu dicetak untuk diserahkan kepada pimpinan diantaranya adalah Manajer Pemasaran.

3. Class Diagram[30]

a. Entri Pesanan : Setiap Layar Pesanan (diidentifikasi dengan Kd-pilih dan pilihan) digunakan untuk menampilkan data Order. Sedangkan setiap data Order (diidentifkasi dengan No-Pelanggan, No-SO, Tgl-SO, Nilai) memrlukan pengecekan ke data Pelanggan (diidentifikasi dengan No-Pelanggan, nama, alamat, telpon). Kemudian dari data tersebut akan dibuatkan laporan order kepada Manajer pemasaran (diidentifikasi Kd-dept, Nama-dept).

b. Entri pelanggan :Setiap Layar Pelanggan (diidentifikasi dengan Kd-pilih dan pilihan) akan menampilkan layer system. Setelahnya akan ditampilkan form data Pelanggan. Dengan menggunakan kunci yang ditentukan, maka dapat dilakukan query data Pelanggan (diidentifkasi dengan No-Pelanggan, nama, alamat, telpon). Berdasarkan hasil query dapat ditampilkan informasi pelanggan.

c. Entri Produk : Setiap Layar Produk (diidentifikasi dengan Kd-pilih dan pilihan) akan menampilkan layar menu sistem. Kemudian ditampilkan form data Produk. Dengan menggunakan kunci yang ditentukan, maka dapat dilakukan query data Produk (diidentifkasi dengan Kd-Barang, nama, nama barang, jumlah). Berdasarkan hasil query dapat ditampilkan inforamsi produk.

d. Penawaran : Setiap layar penawaran (diidentifikasi dengan Kd-pilih dan pilihan) akan menampilkan layar menu system. Pada menu ini dapat dipilih satu form Jadwal Penawaran. Setiap form penawaran tersebut berhubungan dengan Master Produk dan dan Master Pelanggan. Untuk setiap entry terhadap form ini akan ditampilkan informasi Penawaran melalui layar komputer.

e. Buat Laporan : Setiap Layar Laporan (diidentifikasi dengan Kd-pilih dan pilihan) akan menampilkan layar sistem. Setelahnya akan ditampilkan Pilihan Pelaporan. Setelah petugas memilih salah satu laporan, maka sistem akan membaca data master yang bersesuaian. Selanjutnya akan diproses untuk menghasilkan laporan.

3. Component Diagram[20]

Berisi paket Pelayanan Pelanggan yang dikontrol oleh Main Program.

Paket Pelyanan Pelanggan tersebut menangani paket entri Pelanggan dan Paket entri Order dan membuat Penawaran. Saudara dapat menambahkan juga paket Bagian Produksi menangani entri data Produk. Main Program juga menangani pembuatan Laporan.

4. Deployment Diagram[10]

Seluruh data pelanggan, order dan data produk disimpan didalam Database Server. Sedangkan Application Server yang terhubung ke Database Server, melayani Client Workstation-2 di tiap user untuk entri data, serta mencetak laporan melalui Printer.