SOAL 2

Baca baik-baik soal di bawah ini dan jawablah semua soal dengan singkat dan jelas.

I. ESSAY

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan Singkat dan Jelas (Nilai 40)

a.      Jelaskan tiga konsep dasar dalam Object Oriented Analyis Design (OOAD). (Nilai = 10)

b.      Jelaskan mengapa perlu dilakukan identifikasi User Requirement (Nilai = 10)

c.      Faktor terpenting dari pengembangan perangkat lunak adalah requirement. Jelaskan apa akibat yang ditimbulkan dari kesalahan pendefinisian requirement dan bagaimana cara mengatasinya.

         (Nilai 10)

d.     Ada 8 buah aktifitas utama pada pengembangan sistem dengan menggunakan metode USDP. Masing-masing aktifitas saling berhubungan dan tergantung satu sama lain. Sebutkan apa saja aktivitas utama         tersebut. (Nilai 10)

 

II. Case Study (Nilai 60)

Sebuah perusahaan pengembang sistem mendapat tugas untuk membuat rancangan sistem manajemen yang akan digunakan untuk mengatur kelas dari suatu organisasi yang khusus menyediakan jasa training. Sebut saja sistem tersebut adalah Sistem Informasi Manajeman Training (SIMTran). Organisasi menawarkan berbagai macam training atau kursus dengan berbagai bidang tertentu seperti kursus untuk manajemen, kursus bahasa pemrograman dan kursus teknologi lainnya. Setiap kursus itu terdiri atas sekumpulan topik.

 

Pengajar pada organisasi tersebut ditugaskan untuk mengajar berdasarkan pada spesialisasi dan kemampuan yang dimiliki kemudian bisa melakukan update data pengajar pada sistem.  Sedangkan peserta kursus bisa melihat informasi jadwal kursus apa saja yang diselenggarakan oleh organisasi .

 

Organisasi menerbitkan kalender untuk jadwal kursus yang diadakan serta memilih siapa saja pengajarnya setiap tahun. Ada sekumpulan administrator yang mengelola kursus seperti memasukkan data macam-macam kursus yang akan di selenggarakan, konten, topik, pengajar dan membuat jadwal kursus. Organisasi tersebut ingin menggunakan SIMTrain untuk melakukan kontrol manajemen kursus supaya menjadi lebih sederhana serta mampu mengatur jadwal dari kursus yang diselenggarakan.

  

Berdasarkan kasus diatas, lakukan :  

a)      Analisa mana saja yang menjadi aktor dan usecase  (Nilai 10)

b)      Gambarkan UseCase diagram berdasarkan hasil analisa (a) (Nilai 5)

c)      Identifikasikan Kelas (Class) potensial yang ada pada sistem beserta perilaku (Behaviour) kelas tersebut (Nilai 20)

d)     Identifikasi aktivitas yang terjadi pada proses mengelola data kursus seperti memasukkan, memodifikasi dan menghapus data kursus yang dilakukan oleh administrator (Nilai 15)

e)      Buatlah activity diagram dari proses mengelola data kursus yang dilakukan oleh administrator berdasarkan hasil identifikasi (d) (Nilai 10)

 

Hint:

Anda boleh membuat asumsi untuk menjawabab pertanyaan di atas.

 

Do it yourself!

 

Kriteria Penilaian

Kriterian penilaian didasarkan kepada:

  1. Ketepatan atau kesesuaian jawaban dengan teori.
  2. Kedalaman dan ketajaman analisis.
  3. Kekuatan argumen.