Topic outline

  • General

    PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT 

    (3 SKS) 

    RAH

    Prof.Dr. Lydia Freyani Hawadi, M.M.,Psikolog


    Psikologi Pendidikan Anak Berbakat merupakan Mata Kuliah Pilihan (MKP) dalam Kurikulum Tahun 2018, Program S1 Psikologi Universitas Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa pada semester lima keatas.. Dengan mengikuti MKP Psikologi Pendidikan Anak Berbakat mahasiswa dapat mengenal dengan baik ruang lingkup aktivitas psikolog di sekolah dalam penanganan masalah  siswa Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa (CIBI).

    MKP ini bertujuan untuk memberi mahasiswa wawasan teoretik tentang definisi keberbakatan, karakteristik keberbakatan, identifikasi  siswa CIBI dan hal-hal lain terkait keberbakatan. Kompetensi yang akan dicapai dari Mata Kuliah ini adalah kemampuan dalam mengenal dan memahami konsep serta pengetahuan tentang keberbakatan, menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan siswa CIBI, serta menerapkan pengetahuan tentang keberbakatan dalam pembelajaran untuk siswa CIBI

    • KONSEP KEBERBAKATAN DAN IMPLEMENTASINYA

      Subpokok Bahasan:

      1.  Konsep Keberbakatan

      2.  Sekolah Rintisan Anak Berbakat

      3.  Konsep Keberbakatan yang Digunakan Pemerintah Indonesia

      4.  Program Percepatan Belajar


      Rujukan:

      Pfeiffer, S.I. (2008). Handbook of Giftedness in Children. Florida : Springer.

    • SEJARAH KEBERBAKATAN

      Subpokok Bahasan:

      1. Sejarah Keberbakatan di Asia

      2. Sejarah Keberbakatan Bangsa Sparta dan Athena

      3. Sejarah Keberbakatan Dinasti Utsmani

      4. Sejarah Keberbakatan di AS

      5. Keberbakatan di Indonesia


      Rujukan:

      Hawadi, Reni Akbar. (2010). Menguatkan bakat anak. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

      Kathena, Joe. (1992). Gifted: Challenge and Response for Education. Illinois : F.E. Peacock Publishers, Inc.

    • IDENTIFIKASI ANAK BERBAKAT

      Subpokok Bahasan:

      1.  Pengertian Identifikasi Anak Berbakat

      2.  Tujuan Identifikasi Anak Berbakat

      3.  Pentingnya Identifikasi Anak Berbakat

      4.  Prinsip Identifikasi Anak Berbakat

      5.  Proses Identifikasi Anak Berbakat

      6.  Cara Pengumpulan Informasi

      7.  Metode Tes

      8.  Metode  Non Tes

      9.  Hambatan dalam Tes Identifikasi


      Rujukan:

      Feldhusen,J., Van Tassel-Baska, Joyce., and Seeley, K. (1991). Excellence in Educating The Gifted.


    • KARAKTERISTIK ANAK BERBAKAT

      Subpokok Bahasan:

      1.  Karakteristik Fisik

      2.  Karakteristik Sosial dan Emosional

      3.  Aspek Kognitif

      4.  Aspek Kreativitas

      5.  Aspek Motivasi

      6.  Aspek Afeksi

      7.  Karakteristik Positif

      8.  Karakteristik Negatif

      9.  Karakteristik Anak Berbakat Menurut Guru Indonesia


      Rujukan:

      Feldhusen,J., Van Tassel-Baska, Joyce., and Seeley, K. (1991). Excellence in Educating The Gifted.



    • KONSELING ANAK BERBAKAT

      Subpokok Bahasan:

      1.  Mengapa Anak Berbakat Butuh Konseling?

      2.  Kategori Kebutuhan Konseling Anak Berbakat

      3.  Tantangan dalam Diri Anak Berbakat

      4.  Tantangan Luar Diri Anak Berbakat

      5.  Masalah Anak Berbakat

      6.  Konseling Anak Berbakat


      Rujukan:

      Colangelo,N and Davis, Gary.A. (1991). Handbook of Gifted Education. .Boston : Allyn and Bacon

      Pfeiffer, S.I. (2008). Handbook of Giftedness in Children. Florida : Springer.

    • MENGENALI KEBERBAKATAN DINI

      Subpokok Bahasan:

      1.  Menentukan kebutuhan keberbakatan

      2.  Berbagai mitos mengenai keberbakatan

      3.  Mengenal ciri keberbakatan dini pada anak

      4.  Mengenali ciri keberbakatan remaja

      5.  Memahami kebutuhan anak berbakat

      6.  Mengarahkan anak berbakat


      Rujukan:

      Colangelo,N and Davis, Gary.A. (1991). Handbook of Gifted Education. .Boston : Allyn and Bacon