Topic outline
General
PSIKOLOGI PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT
(3 SKS)
Prof.Dr. Lydia Freyani Hawadi, M.M.,Psikolog
Psikologi Pendidikan Anak Berbakat merupakan Mata Kuliah Pilihan (MKP) dalam Kurikulum Tahun 2018, Program S1 Psikologi Universitas Indonesia yang diberikan kepada mahasiswa pada semester lima keatas.. Dengan mengikuti MKP Psikologi Pendidikan Anak Berbakat mahasiswa dapat mengenal dengan baik ruang lingkup aktivitas psikolog di sekolah dalam penanganan masalah siswa Cerdas Istimewa dan Bakat Istimewa (CIBI).
MKP ini bertujuan untuk memberi mahasiswa wawasan teoretik tentang definisi keberbakatan, karakteristik keberbakatan, identifikasi siswa CIBI dan hal-hal lain terkait keberbakatan. Kompetensi yang akan dicapai dari Mata Kuliah ini adalah kemampuan dalam mengenal dan memahami konsep serta pengetahuan tentang keberbakatan, menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan siswa CIBI, serta menerapkan pengetahuan tentang keberbakatan dalam pembelajaran untuk siswa CIBI
KONSEP KEBERBAKATAN DAN IMPLEMENTASINYA
Subpokok Bahasan:
1. Konsep Keberbakatan
2. Sekolah Rintisan Anak Berbakat
3. Konsep Keberbakatan yang Digunakan Pemerintah Indonesia
4. Program Percepatan Belajar
Rujukan:
Pfeiffer, S.I. (2008). Handbook of Giftedness in Children. Florida : Springer.
SEJARAH KEBERBAKATAN
Subpokok Bahasan:
1. Sejarah Keberbakatan di Asia
2. Sejarah Keberbakatan Bangsa Sparta dan Athena
3. Sejarah Keberbakatan Dinasti Utsmani
4. Sejarah Keberbakatan di AS
5. Keberbakatan di Indonesia
Rujukan:
Hawadi, Reni Akbar. (2010). Menguatkan bakat anak. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Kathena, Joe. (1992). Gifted: Challenge and Response for Education. Illinois : F.E. Peacock Publishers, Inc.
IDENTIFIKASI ANAK BERBAKAT
Subpokok Bahasan:
1. Pengertian Identifikasi Anak Berbakat
2. Tujuan Identifikasi Anak Berbakat
3. Pentingnya Identifikasi Anak Berbakat
4. Prinsip Identifikasi Anak Berbakat
5. Proses Identifikasi Anak Berbakat
6. Cara Pengumpulan Informasi
7. Metode Tes
8. Metode Non Tes
9. Hambatan dalam Tes Identifikasi
Rujukan:
Feldhusen,J., Van Tassel-Baska, Joyce., and Seeley, K. (1991). Excellence in Educating The Gifted.
KARAKTERISTIK ANAK BERBAKAT
Subpokok Bahasan:
1. Karakteristik Fisik
2. Karakteristik Sosial dan Emosional
3. Aspek Kognitif
4. Aspek Kreativitas
5. Aspek Motivasi
6. Aspek Afeksi
7. Karakteristik Positif
8. Karakteristik Negatif
9. Karakteristik Anak Berbakat Menurut Guru Indonesia
Rujukan:
Feldhusen,J., Van Tassel-Baska, Joyce., and Seeley, K. (1991). Excellence in Educating The Gifted.
KONSELING ANAK BERBAKAT
Subpokok Bahasan:
1. Mengapa Anak Berbakat Butuh Konseling?
2. Kategori Kebutuhan Konseling Anak Berbakat
3. Tantangan dalam Diri Anak Berbakat
4. Tantangan Luar Diri Anak Berbakat
5. Masalah Anak Berbakat
6. Konseling Anak Berbakat
Rujukan:
Colangelo,N and Davis, Gary.A. (1991). Handbook of Gifted Education. .Boston : Allyn and Bacon
Pfeiffer, S.I. (2008). Handbook of Giftedness in Children. Florida : Springer.
MENGENALI KEBERBAKATAN DINI
Subpokok Bahasan:
1. Menentukan kebutuhan keberbakatan
2. Berbagai mitos mengenai keberbakatan
3. Mengenal ciri keberbakatan dini pada anak
4. Mengenali ciri keberbakatan remaja
5. Memahami kebutuhan anak berbakat
6. Mengarahkan anak berbakat
Rujukan:
Colangelo,N and Davis, Gary.A. (1991). Handbook of Gifted Education. .Boston : Allyn and Bacon